Pengertian Apotek Hidup, Jenis, dan Manfaatnya

Diposting pada

Apotek Hidup

Tanaman obat tidak tahu asal usulnya dan biasanya berkaitan dengan jenis kebun dan taman yang berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman obat berguna dalam pengobatan alami untuk berbagai kesehatan atau penyakit. Namun, tidak semua tanaman pada taman atau kebun dapat dikategorikan sebagai apotek hidup.

Apotek adalah istilah yang dekat dengan dunia kesehatan, terutama pada obat-obatan. Apotek hidup adalah tanaman obat yang digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit. Apotek hidup mempunyai beragam jenis tanaman obat dengan manfaat kesehatan. Apotek hidup sering dijadikan alternatif dalam pengobatan secara cepat dan mudah sebelum berujuk ke dokter. Apotek hidup juga dapat berfungsi sebagai tanaman dekorasi untuk dipandang.

Apotek Hidup

Apotik hidup adalah taman atau kebun untuk pemanfaatan sebagian tanah untuk digunakan dalam penanaman tanaman obat-obatan keperluan sehari-hari. Obat tradisional biasanya untuk pengobatan berbagai penyakit. Umumnya penggunaan bobat berbahan alam atau obat tradisional lebih aman karena bersifat alami dan mempunyai efek samping lebih sedikit dibanding obat kimia.

Apabila pekarangan rumah terdapat lahan pertanian yang masih tersisa dapat ditanami tanaman obat atau apotek hidup yang menjadi obat herbal andalan keluarga. Dapat digunakan kapan saja dan tidak mengeluarkan uang dan kesegaran terjamin.

Tanaman obat juga mempunyai keindahan tak kalah dengan tanaman hias. Tanaman obat juga tahan terhadap penyakit tanaman karena kandungan zat alami didalamnya sehingga tak perlu penggunaan pestisida.

Pengertian Apotek Hidup

Apotek hidup adalah semua jenis tanaman baik sudah atau belum dibudidayakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Tanaman obat adalah komponen penting dalam mengobati penyakit secara tradisional yang digunakan sejak dulu dan memberikan dampak farmakologi.

Penggunaan sumber daya alam hayati terutama tanaman obat perlu dilestarikan untuk pengobatan tradisional baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Pengertian Apotek Hidup Menurut Para Ahli

Adapun definisi apotik hidup menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Wijayakusuma (2000), Penggunaan apotek hidup perlu diperhatikan dengan pasti mengenai komposisi penggunaan tanaman obat dalam penyembuhan atau mengatasi berbagai penyakit secara efektif.
  2. Soewito (1989), Pengertian apotek hidup menggunakan berbagai jenis tumbuhan yang hidup di sekitar kita dan memiliki manfaat dalam pengobatan tradisional.
  3. Zuhud dan Haryanto (1994), Tanaman berkhasiat obat dibedakan menjadi tanaman obat tradisional, tanaman obat modern, dan tanaman obat potensial. Tanaman obat tradisional adalah tanaman yang mempunyai khasiat obat da dimanfaatkan dalam bahan baku obat tradisional. Tanaman obat modern adalah tanaman dengan kadungan senyawa bioaktif berkhasiat obat dan pemanfataannya dapat dipertanggung jawabkan secara medis. Tanaman obat potensial adalah tanaman dengan kandungan senyawa bioaktif namun belum diketahui pemanfatannya secara medis yang digunakan sebagai bahan baku obat serta pemanfatannya secara tradisional belum diketahui.

Jenis Apotek Hidup

Berikut jenis apotek hidup sebagai berikut:

  1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah satu jenis tanaman bermanfaat dalam dunia kecantikan dan kesehatan. Dalam kesehatan lidah buaya dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti penyakit peradangan, kesehatan jantung, dan kekebalan tubuh.

Jenis tanaman lidah buaya juga dapat meningkatkan stamina tubuh dalam bentuk suplemen. Lidah buaya dapat ditanam di pekarangan rumah untuk keindahan dan kesehatan keluarga Anda.

  1. Sirih

Tanaman sirih sering ditemui di pekarangan rumah karena mempunyai beragam manfaat. Sirih diyakini mengandung senyawa seperti kavikol, zat tamak, minyak terbang, dan pati yang diyakini untuk dapat mengobati batuk dan pencernaan, menyembuhkan luka luar dan menghentikan pendarahan.

Daun sirih mempunyai sifat anti jamur dan antioksidan yang menghilangkan kuman dan sebagai penetralisir racun dalam tubuh.

  1. Daun Dewa

Daun dewa mempunyai kegunaan antara lain pereda rasa nyeri, memperlancar peredaran darah, penurun tekanan darah tinggi, dan menghentikan pendarahan. Daun dewa dengan batang pendek dan lunak memang memiliki manfaat yang belum diketahui banyak orang yaitu dapat menyembuhkan penyakit diabetes melitus atau biasa dikenal dengan istilah kencing manis.

  1. Temulawak

Temulawak biasa digunakan dalam mengatasi berbagai penyakit seperti ginjal, pusing, dan sukar buang air besar. Temulawak juga digunakan untuk menambah nafsu makan dan sangat cocok untuk menaikkan berat badan kamu lho sobat.

  1. Kumis kucing

Kumis kucing biasanya digunakan untuk dekorasi karena bentuknya yang indah dan menyerupai kumis kucing. Namun, selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias juga bermanfaat dalam kesehatan antara lain radang ginjal, buang air besar, masuk angin, kencing manis ataupun menurunkan glukosa dalam darah.

  1. Jahe

Tanaman jahe biasanya dgunakan sebagai obat karena kandungan gingerol yang sebagai zat antioksidan dan antiradang tinggi. Jahe dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit antara lain pereda mual dan gejala osteoarthritis, mengurangi nyeri otot, menurunkan kadar gula dan risiko penyakit jantung pasien diabetes.

  1. Kunyit

Tanaman kunyit herbal ini banyak ditemui karena kandungan didalamnya sering digunakan untuk kesehatan. Kunyi mengandung senyawa curcumin yakni zat antioksidan yang dapat menetralisirkan radikal bebas dan mencegah timbulnya penyakit kanker.

  1. Bawang putih

Tanaman bawang putih selain digunakan untuk bahan masakan namun dapat digunakan sebagai obat karena kandungan vitamin C, vitamin B6, dan Magnesium namun tetap rendah kalori. Bawang putih diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit antara lain mencegah dan pereda pilek dan flu. Bawang putih dengan kandungan antioksidan dapat mengatasi penuaan dan kerusakan sel.

Bawang putih bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh, kesehatan kulit dan rambut serta menjaga kesehatan kardiovaskuler. Biasanya bawang putih juga digunakan para atlet untuk menyembuhkan penyakit kakinya.

  1. Gingko

Gingko adalah salah satu jenis tanaman homeopati tertua dan merupakan ramuan utama yang digunakan dalam pengobatan secara tradisional Tiongkok. Daun gingko dimanfaatkan dalam pembuatan kapsul, tablet, dan apabila dikeringkan bisa dikonsumsi sebagai bagian tanaman teh. Gingko berguna dalam meningkatkan kesehatan otak dan menurunkan kognisi penyakit demensia dan Alzheimer.

Manfaat Apotek Hidup

Apotek hidup mempunyai berbagai manfaat antara lain

  1. Pemanfaatan lahan kosong

Lahan kosong di pekarangan dapat digunakan untuk ditanami tanaman obat yang berkhasiata untuk kesehatan keluarga. Tanaman obat di pekarangan dapat ditanami dengan media pot atau polybag atau bisa langsung pada tanah langsung.

  1. Sumber kesehatan bagi keluarga

Tanaman obat yang ditanami di pekarangan dengan tujuan sebagai sumber kesehatan keluarga. Biasanya tanaman obat menjadi alternatif dalam pengobatan berbagai jenis penyakit. Tanaman obat sebagai apotek hidup dikonsumsi untuk mengatasi penyakit ringan seperti batuk, pilek, dan flu. Dengan kandungan pada tanaman obat alami minim akan adanya efek samping.

  1. Bahan meracik obat sendiri

Ketersediaan tanaman obat sebagai bahan baku alami dalam meracik obat sendiri menjadi solusi terbaik untuk mengatasi penyakit ringan. Dengan adanya sumber informasi yang mudah diakses dapat mencari informasi yang valid mengenai campuran bahan untuk penyakit tertentu.

  1. Pengeluaran untuk kesehatan menjadi hemat

Adanya pemanfaatan lahan kosong untuk ditanami tanaman obat dapat menghemat pengeluaran biaya untuk kesehatan. Penyakit ringan dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat herbal dengan racikan obat sendiri.

  1. Menyediakan rempah bumbu dapur

Tanaman obat dapat menjadi pelengkap rempah pada masakan seperti kunyit,  jahe, cengkeh, lidah buaya dan jenis tanaman lainnya yang berfungsi untuk penyembuhan penyakit dan sebagai bumbu dapur.

  1. Pencegahan datangnya hama tanaman lain

Penanaman tanaman obat di pekarangan rumah dapat mencegah adanya arti hama yang akan datang pada tanaman lain karena terdapat kandungan yang tidak disukai oleh hama penganggu tanaman lain. Tanaman obat dapat menjadi sumber pestisida alami pada tanaman sekitar.

  1. Memperindah pekarangan

Banyak tanaman obat yang juga berfungsi sebagai tanaman hias seperti lidah buaya, daun sirih, dan binahong. Dengan bentuk yang indah dapat memperindah pekarangan rumah dengan cantik. Oleh karena itu, banyak yang menanam tanaman obat juga untuk tanaman hias.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa apotik hidup seperti jahe, kunyit, dan jeruk pecel bisa ditanam pada pekarangan rumah dan berfungsi untuk mengusir berbagai penyakit ringan seperti masuk angin, batuk, panas dalam.

Beberapa tanaman obat dapat diyakin menyembuhkan berbagai penyakit mematika seperti kanker, AIDS, dan lain-lain. Tanaman obat menjadi perobatan alternatif alami dan aman. Tanaman obat dapat mempertahankan kecantikan dan kesehatan kulit dan tubuh.

Tanaman obat dikonsumsi umumnya diolah terlebih dahulu. Beberapa tanaman obat yang biasa digunakan sehari-hari diolah secara sederhana seperti direbus dan dicampur dengan air atau bahan lainnya, sedangkan tanaman lain diolah secara modern oleh pabrik atau industri rumah tangga melalui pengeringan dan pengemasan dalam kemasan praktis untuk dikonsumsi.

Meskipun banyak tanaman obat diproduksi secara modern namun masyarakat tetap memperhatikan dalam memilih produk tanaman obat.

Mengecek kadaluwarsa dan keadaan produk dalam baik-baik atau sudah rsak. Memperhatikan pula kode produksi yang telah terdaftar pada BPOM. Pemilihan produk dengan kemasan yang baik dan tersegel dengan baik adalah pemilihan produk yang tepat.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian apotek hidup menurut para ahli, jenis, dan manfaatnya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *