Bawang Merah: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Bawang Merah

Tanaman bawang merah sudah pasti merupakan jenis tumbuhan yang banyak dikenal orang. Bahkan bawang merah sendiri sering disandingkan dengan bawang putih karena keduanya adalah jenis tanaman sayur yang bisa dipakai sebagai bumbu dapur. Selain itu bawang merah juga dikenal sebagai arti tumbuhan yang bisa membuat sedih.

Alasan membuat sedih dikarenakan, pada saat anda mengiris bawang merah dengan waktu yang lama dan belum terbiasa sebelumnya, maka air mata akan keluar dengan tiba-tiba kaena rasa perih dan panas yang dirasakan.

Bawang Merah

Bawang merah pada dasarnya adalah umbi lapis yang dijadikan salah satu bahan andalan yang dipakai oleh ibu rumah tangga untuk menyedapkan masakan. Selain itu tanaman ini juga dikenal memiliki banyak manfaat maka tidak heran banyak sekali petani yang membudidayakan bawang merah ini.

Bawang merah memiliki nama ilmiah yang disebut allium ascalonicum. Tumbuhan ini disebut pula sebagai tanaman hirtikultura musiman dan mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi mengingat kebutuhan bawang merah dipasaran sangat diperlukan banyak orang.

Klasifikasi Bawang Merah

Berikut adalah klasifikasi tanaman bawang merah;

Kingdom Plantae
Sub kingdom Tracheobionta
Super divisi Spermatophyta
Divisi Magnoliophyta
Kelas Liliopsida
Sub kelas Lilidae
Ordo Araceales
Familia Liliaceae
Genus Allium
Spesies Allium Cepa L. Var. Aggregatum

Ciri Morfologi Bawang Merah

Ciri morfologi tumbuhan bawang merah merupakan ciri khas atau keunikan yang dimiliki setiap organ pada bawang merah. Antara lain;

  1. Akar

Karakeristik morfologi pertama yang dimiliki bawang merah adalah bagian akarnya. Sebagai informasi bahwa arti akar pada tanaman ini berjenis akar serabut. Kemudian sistem perakarannya juga dangkal dan memiliki cabang yang berpencar-pencar.

Akar bawang merah biasanya dapat berada pada kedalam sekitar 15 sampai dengan 30 didalam tanah. Apabila anda ingin mencabut akar maka harus ditarik dengan perlahan agar akar tidak terputus.

  1. Batang

Ciri khas lainnya pada bawang merah terletak di bagian batangnya. Sebagai informasi bahwa definisi batang pada tumbuhan ini mempunyai batang sejati yang disebut juga dengan nama diskus. Bentuk batang bawang  merah yaitu seperti cakram dan ukurannya pendek. Selain itu tektur dari batang tipis dan tidak terlalu kasar.

Batang bawang merah ini biasa digunakan untuk tempat melekatnya akar dan mata tunas. Perlu anda ketahui pula bahwa selain batang sejati, ternyata bawang merah juga memiliki batang semu yang letaknya da di dalam tanah dan nantinya akan berubah bentuk serta fungsi yaitu sebagai umbi lapis yang sering digunakan untuk bumbu masak.

  1. Daun

Daun adalah bagian ketiga yang memiliki ciri khas bawa tanaman bawang merah ini. Perlu anda ketahui bahwa daun bawang merah umumnya mempunyai bentuk silindris. Ukuran daun cukup panjang yaitu berkisar antara 50 sampai dengan 70 cm. Daun bawang merah juga memiliki lubang dan bentuk ujungnya yaitu runcing.

Sebagai informasi bahwa daun bawang merah umumnya memiliki warna hijau tua hingga hijau tua. Kemudian untuk letaknya sendiri, daun bawang merah terletak di tangkai tanaman yang ukurannya justru lebih pendek.

  1. Bunga

Ciri morfologi yang selanjutnya adalah bunga bawang merah. Tangkai untuk arti bunga dari tanaman ini biasanya dapat keluar dari ujung tanaman yang panjangnya sekitar 30 sampai dengan 90 cm. Kuntum bunga pada tumbuhan bawang merah bisa berjumlah sangat banyak antara 50 hingga 200 bunga.

Biasanya bunga membentuk susunan melingkar atau bulat yang mirip dengan bentuk payung. Benang sari pada bunga bewarna hijau maupun kekuning-kuningan. Kemudian bunga bawang merah ini juga termasuk bunga sempurna yang bisa melakukan penyerbukan sendiri maupun sistem silang.

  1. Buah dan biji

Keunikan terakhir dari bawang merah adalah bagian dalam arti buah dan makna bijinya. Buah pada tanaman ini bentuknya bulat dan ujungnya lebih tumpul. Pada setiap buah membungkus biji sekitar 2 sampai dengan 3 butir. Bentuk biji bawang merah yaitu pipih dengan warna putih, namun lambat laun pada saat usianya sudah tua warnanya berubah menjadi hitam.

Manfaat Bawang Merah

Manfaat umbi lapis bawang merah selain dipakai untuk bumbu dapur ternyata masih banyak lagi. Antara lain;

  1. Membantu mencegah penyakit kanker

Tanaman bawang-bawangan memang dikenal mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit kanker. Baik dari bawang putih sampai dengan bawang merah. Pada umumnya bawang merah sendiri mempunyai kandungan zat quercetin yang fungsinya sebagai antioksidan dan sangat baik untuk melawan radikal bebas.

Selain itu kandungan pada bawang merah tersebut juga bisa dipakai untuk menghambat pertumbuhan kanker baik mulai dari kanker ovarium, kanker usu, kanker paru-paru, dan lain sebagainya. Maka dari itu apabila anda ingin mencegah terjadinya penyakit kanker, bawang merah bisa menjadi obat alternatif yang dikonsumsi.

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat berikutnya dari tanaman bawang merah yaitu mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan zat quercetin pada bawang merah memang berkhasiat untuk banyak hal. Selain digunakan untuk mencegah kanker ternyata manfaat lainnya yaitu bisa menurunan tekanan darah.

Seperti yang anda ketahui, seseorang yang memiliki tekanan darah begitu tinggi maka akan membuat tubuhnya drop dan merasa pusing. Maka dari itu kita harus bisa menjaga tekanan darah agar stabil dan normal dengan salah satu cara mengonsumsi bawang merah.

  1. Membantu menormalkan kadar gula darah

Bawang merah juga berfungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dilakukan pada saat anda mengonsumsi bawang merah, maka yang akan terjadi adalah peningkatan kadar insulin dan membantu proses glikolisis khususnya bagi penderita diabetes.

  1. Menurunkan kolestrol tubuh

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh pada saat anda mengonsumsi bawang merah yaitu mampu menurunkan kolestrol pada tubuh. Sebagai informasi bahwa bawang merah ini mempunyai zat antioksidan dan zat bioaktif. Fungsi dari zat-zat tersebut salah satunya dalah menurunkan kadar kolestrol atau lemak total dalam tubuh secara langsung.

Cara Budidaya Bawang Merah

Teknik dalam arti budidaya bawang merah yang dijelaskan sebagai berikut;

  1. Pemilihan benih bawang merah

Benih bawang merah harus anda siapkan terlebih dahulu jika ingin menanam tumbuhan ini. Pastikan agar benih tersebut berkualitas agar hasil yang diperoleh nantinya juga baik. Sebagai informasi bahwa benih bawang merah ini ada 2 jenis yaitu dari biji maupun umbi bawang merah itu sendiri.

Akan tetapi kebanyakan orang membudidayakan bawang merah dari benih umbinya. Lebih bagus lagi jika anda sudah menyimpan umbi bawang merah tersebut sekitar 2 sampai dengan 3 bulan sebelumnya, agar ukurannya sesuai yaitu sekutar 1,5 hingga 2 cm. Apabila benih sudah siap maka proses penanaman bisa anda lakukan.

  1. Pengolahan tanah dan penanaman

Budidaya tanaman bawang merah memang harus dilakukan dengan hati-hati dan sabar, karena dari kedua hal tersebut anda akan memperoleh hasil yang maksimal. Sebelum penanam dimulai, pastikan bahwa tanah yang digunakan sebagai tempat penanaman bawang merah sudah lebih dulu diolah.

Artinya yaitu persiapkan tanahnya terlebih dahulu dengan membuat bedengan yang ukuran lebarnya antara 1 sampai dengan 1,2 meter dan tingginya bisa antara 20 hingga 30 cm. Kemudian berikan jarak antar bedengan yaitu sekitar 50 cm dan cangkul hingga mencapai kedalam sekitar 20 cm.

Setelah itu anda bisa menanam bawang merah dengan cara memasukan benih ke dalam tanah dan ditimbun kembali dengan tanah. Siram dengan sedikit air agar tanah tetap lembab.

  1. Perawatan bawang merah

Proses selanjutnya yaitu lakukan perawatan dan pemeliharaan pada tanaman tersebut dengan memberikannya pupuk. Selain itu siram pula dengan air setiap pagi dan sore hari agar tanaman selalu subur.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan deskripsi tanaman bawang merah, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan teknik pembudidayanya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *