Pengertian Penggolongan Buah Sejati dan Semu Serta Contohnya

Diposting pada

Buah Sejati dan Buah Semu

Biasanya buah terbentuk yang berasal dari bakal buah. Pada bakal buah ini terdapat daun buah yang bisa berkembang menjadi buah. Buah seperti itu akan disebut buah sejati yakni buah sebenarnya misalnya saja seperti tanaman mangga, jeruk, apel, pepaya, durian dan sebagainya.

Sedangkan buah yang terbentuk yang tidak berasal dari bakal buah yang berasal dari bagian arti bunga yang dapat membesar dan terbentuk struktur berupa buah. Buah ini disebut sebagai buah palsu atau buah semu yang biasa dikonsumsi sebagai buah-buahan. Misalnya yaitu tanaman nangka, jambu mete, dan cempedak.

Buah Sejati dan Buah Semu

Untuk lebih memberikan penjelasan yang lengkap. Berikut adalah definisi keduanya;

Buah Sejati

Buah sejati biasanya memiliki satu biji bahkan lebih. Buah sejati ganda yakni buah yang terbentuk dari satu bunga dengan beberapa bakal buah yang terbebas satu dengan lainnya. Buah sejati majemuk yakni buah yang terbentuk dari satu bunga majemuk, di tiap bunganya menunjang bakal buah namun sesudah menjadi buah masih berkumpul sehingga semua terlihat seperti satu buah saja.

Buah Semu

Buah semu pada hakekatnya berasal dari bakal buah dan bagian lain di bunga yang menjadi bagian pokok dari buah tersebut. Misalnya nangka dan tanaman nanas. Buah sejati yaitu buah yang berasal dari bakal buah saja dan disebabkan buah ini umumnya tidak dilindungi oleh bagian lain sehingga disebut sebagai buah telanjang. Misalnya mangga dan tanaman rambutan.

Pengertian Buah Sejati

Definisi buah sejati merupakan suatu buah yang terjadi berasal dari bakal buah saja dan disebabkan buah ini umumnya tidak dilindungi oleh bagian lain sehingga biasa dikenal sebagai buah telanjang misalnya rambutan. Oleh karena itulah dalam buah sejati dapat digolongkan menjadi beberapa macam yakni buah sejati tunggal, buah sejati ganda, dan buah sejati majemuk. Buah sejati tunggal yaitu buah sejati yang terbentuk dari satu bunga dengan hanya satu buah saja.

Pengertian Buah Semu

Buah semu adalah suatu buah yang terjadi berasal dari bakal buah serta bagian lain yang terdapat di bunga menjadi bagian pokok dari buah tersebut misalnya nanas dan tanaman apel. Sehingga dalam hal ini buah semu dapat digolongkan menjadi beberapa macam yakni buah semu tunggal, buah semu ganda, dan buah semu majemuk. Buah semu tunggal yaitu buah semu yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah.

Buah semu ganda yaitu buah semu yang terbentuk dari satu bunga lebih dari satu bakal buah yang bebas satu dengan yang lain. Buah semu majemuk yaitu buah semu yang terbentuk dari bunga majemuk namun semuanya dari luar terlihat seperti satu buah saja.

Contoh Penggolongan Buah Sejati dan Semu

Berikut akan membahas mengenai golongan  buah sejati dan semu antara lain:

  1. Buah sejati

Buah sejati atau sebenarnya apabila melulu tersusun dari bakal buah saja dan disebabkan buah ini umumnya tidak dilindungi oleh bagian lainnya sehingga disebut sebagai buah telanjang atau fructus nudus. Buah sejati dapat digolongkan menjadi 3 kelompok antara lain buah sejati tunggal, buah sejati ganda, dan buah sejati majemuk.

  1. Buah sejati tunggal

Sesuai banyaknya bakal buah penyusunannya, buah sejati digolongkan menjadi tiga kelompok salah satunya yakni buah sejati tunggal. Buah sejati tunggal yakni buah sejati yang terbentuk dari satu bunga dengan hanya satu bakal buah saja. Di dalam satu bakal buah mempunyai satu daun buah bahkan lebih disertai satu atau beberapa bagian ruangan.

Apabila buah sejati yang berasal dari daun buah penyusun buah sehingga buah semu tidak terbentuk dari bakal buah saja namun terdapat bagian buah lainnya yang ikut berkembang. Buah semu dapat digolongkan menjadi buah semu tunggal, buah semu ganda, dan buah semu majemuk.

Buah sejati tunggal merupakan buah mangga yang tersusun dari satu ruangan dan satu biji. Misalnya yakni buah pepaya yang mempunyai beberapa daun buah dengan satu ruangan dan banyak biji. Selain buah mangga atau pepaya terdapat juga buah durian dengan beberapa daun buah dan beberapa ruangan. Di dalam tiap ruangan ada beberapa biji.

Buah sejati tunggal dapat digolongkan menjadi dua yakni buah sejati tunggal kering dan buah sejati tunggal berdaging. Buah sejati tunggal kering yakni buah dengan bagian luar yang keras dan berkayu. Sementara buah sejati tunggal berdaging yakni buah dengan dinding buah yang tebal dan berdaging.

  1. Buah sejati tunggal kering

Buah sejati tunggal kering yakni bagian terluarnya keras dan mengayu seperti kulit yang telah kering. Buah sejati tunggal kering dapat digolongkan menjadi yang tidak pecah atau indehiscens dan yang pecah atau dehiscens.

  1. Buah sejati tunggal kering yang (tidak pecah)

Yang tidak pecah atau indehiscens adalah setiap buah terdapat satu biji saja maka untuk pemecahan tak perlu memecahkan buah untuk menghilangkan bijinya misalnya buah padi.

  1. Buah sejati tunggal kering (yang pecah)

Yang pecah atau dehiscens adalah biasanya buah ini terdapat lebih dari satu biji maka memecahkan buah seperti sesuai dengan tujuan tertentu yakni supaya biji terlempar jauh dan tidak menyatu di suatu tempat.

Sesuai dengan cara memecahkannya buah ini digolongkan menjadi buah berbelah, buah kendaga, dan buah kotak. Buah berbelah yakni buah ini memiliki dua ruang bahkan lebih tiap buahnya terdapat satu biji di dalamnya. Buah kendaga yakni buah yang bersifat sama dengan buah belah namun bagiannya terlepas kemudian pecah sehingga biji di dalamnya ikut terpisah dari ruangan.

Yang terakhir adalah buah kotak yakni buah yang tersusun atas satu bahkan beberapa daun buah dengan kandungan biji yang banyak apabila telah masak kemudian pecah namun kulit buahnya juga ikut pecah hingga lama tak terpisah dari tangkai buahnya.

  1. Buah Sejati tunggal berdaging

Buah sejati tunggal berdaging apabila bagian dinding buahnya menebal dan berdaging serta biasanya tak pecah walaupun sudah masak atau matang. Sebagian kecuali pada pala yang buahnya telah masak kemudian baru pecah.

  1. Buah sejati ganda

Buah ini terbentuk dari satu bunga dengan bakal buah yang banyak dan tiap buah terlepas namun akhirnya termasuk kumpulan buah meskipun nampak seperti satu. Macam buah sejati ganda yaitu buah kurung ganda, buah batu ganda, buah bumbung ganda, dan buah buni ganda.

  1. Buah sejati majemuk

Buah ini terbentuk dari satu bunga majemuk yang berasal dari banyak bunga dengan banyaknya bakal buah namun semuanya akan nampak seperti satu buah. Buah sejati majemuk dibedakan yakni buah buni majemuk, buah batu majemuk, dan buah kurung majemuk.

Buah ganda dan majemuk susah dikenal buah sejati dikarenakan buah tersebut bagian lainnya berasalkan dari bunga yang bagian tersebut adalah bagian utama atau tidak.

  1. Buah semu

Apabila bakal buah turut juga bagian lain dari bunga yang mengambil bagian dalam penyusunan bagian buah. Bahkan akhirnya termasuk bagian utama dari buah tadi. Umumnya buah ini dilindungi oleh suatu organ oleh karena itu sering dikenal sebagai buah tertutup. Bagian bunga selain bakal buah akan turut membentuk buah dan termasuk bagian buah tersebut sampai membentuk buah semu. Berikut golongan buah semu antara lain:

  1. Buah semu tunggal

Buah semu tunggal yakni buah yang telah berkembang yang berasal dari satu bunga dengan satu bakal buah. Selain bakal buah terdapat bagian lain yang menyusun buah tangkai buah yang turut berkembang. Buah semu tunggal dapat dijumpah di buah jambu mete dan lain-lain . Bagian yang membesar mirip struktur buah yakni tangkai bunga tersebut adalah buah.

Contoh buah semu tunggal yaitu tangkai bunga adalah bagian utama buah yang telah membengkak, berdaging dan bisa dikonsumsi sebagai contoh jambu monyet. Dan kelopak adalah bagian terpenting buah sebagai contoh pada buah ciplukan.

  1. Buah semu ganda

Buah semu ganda adalah buah yang berasal dari satu bunga dengan banyak bakal buah yang tiap buahnya terpisah dan tumbuh berkembang menjadi buah namun dibersamai juga oleh bagian bunga lainnya misalnya buah arbei.

  1. Buah semu majemuk

Buah semu majemuk adalah buah yang beraal dari bunga majemuk yang semuanya hanya terlihat seperti satu buah saja.

Tangkai bunga pada buah majemuk menjadi tebal, dengan tenda bunga yang berlekatan dan membentuk kulit buah. Sebagai contohnya yaitu buah nangka. Terdapat juga dasar bunga yang menjadi tebal dan berdaging termasuk dinding buah semu tersebut.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan pengertian buah sejati dan buah semu, jenis penggolongan, serta contohnya yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *