Bunga Merambat yang Bisa di Jadikan Tanaman Hias

Diposting pada

Jenis Bunga Merambat

Berbagai jenis tanaman di dunia yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satu diantaranya adalah jenis tanaman hias dalam arti bunga. Tanaman-tanaman ini dikatakan memiliki nilai lebih baik berguna sebagai penyegar maupun untuk keperluan estetika ruangan.

Tanaman Bunga

Salah satu jenis tanaman yang sering digunakan untuk mempercanti ruangan dan memiliki nilai estetik adalah tanaman bunga. Tanaman-tanaman bunga memiliki beragam jenis baik tanaman bunga konsumsi, tanaman bunga herbal maupun tanaman bunga hias. Dan tanaman bunga hias memiliki ciri diantaranya adalah tanaman hias bunga merambat.

Definisi tanaman hias bunga merambat memiliki karakter atau ciri khas dimana tangkai atau sulur dapat memanjang dan merambat pada sebagian maupun seluruh ruangan yang digunakan sebagai tempat tumbuhnya. Bahkan setiap tanaman hias memiliki kelebihan lain seperti bahan herbal atau obat, ataupun sebagai bahan untuk pengganti interior seperti penutup kanopi.

Jenis Tanaman Hias Bunga Merambat

Berikut beberapa contoh jenis tanaman hias merambat yang sering dijumpai antara lain :

  1. Arumdalu

Bungga Arumdalu
Arumdalu

Nama bunga ini disesuaikan dengan karakternya yaitu arum dalu atau tanaman yang wangi di malam hari. Bunga ini termasuk ke dalam tanaman hias yang bersifat merambat sehingga cocok dimanfaatkan sebagai tanaman pagar hijau maupun pnutup kanopi di taman maupun pekarangan. Tanaman ini tergolong tanaman evergreen yang dapat berbunga sepanjang tahun.

Bunga arum dalu memiliki bentuk seperti terompet dan memiliki beragam corak dan warnanya seperti kuning, biru, hingga merah muda sehingga cocok apabila digunakan sebagai aksesoris penghias ruangan. Bahkan selain dimnafaatkan sebagai tanaman penghias, tanaman ini menurut beberapa penelitian dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

  1. Morning Glory

Bungga Morning glory
Morning glory

Morning glory merupakan salah satu tanaman hias bunga merambat yang masih memiliki kekerabatan dengan kangkung. Bunga pada tanaman ini apabila dilihat secara sekilas akan terlihat seperti bunga pada tanaman kangkung. Memiliki corak yang beragam dan berwarna-warni.

Tanaman ini morning glory memiliki lebih dari beragam jenis dan pola yang bahkan lebih dari 1000 jenis di seluruh dunia.

Tanamann ini memiliki makna di balik penamaannya, bunga pada tanaman ini akan mekar pada pukul 5 pagi dan akan dengan sempurna pada pukul 7 pagi sehingga diberi penamaan morning glory. Ada beragam jenis pada tanaman ini yang sering dijumpai adalah Common Morning Glory, Moonflower, dan Japanese Morning Glory.

  1. Anggrek Irian

Bungga Anggrek Irian
Bungga Anggrek Irian

Anggrek Irian digolongkan ke dalam tanaman hias bunga merambat dengan ciri khas bunga yang berwarna mencolok dan menjuntai. Warna anggrek irian biasanya yang paling sering di jumpai adalah anggrek irian berwarna merah.

Anggrek Irian merupakan flora endemik papua yang mampu tumbuh menjuntai hingga panjang 6 meter dan memiliki ukuran bunga menacapi 50 centi meter.

Tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai penutup kanopi pada taman maupun atap-atap sebagai hiasan interior pertamanan. Selain untuk hiasan, tanamn ini digunakan sebagai penutup kanopi agar tidak terkena teik matahari, namun bisa dimasuki air hujan atau disebut penutup pergola.

  1. Air Mata Pengantin

Bungga air mata pengantin
Air mata pengantin

Bunga air mata pengantin adalah satu dari banyak jenis tanaman hias bunga mermabat yang mungkin sering kita temui di tama maupun pekarangan. Tanaman ini bersifat memanjat atau liana dimana tanaman akan memanjang karena akan bersaing dengan pencahayaan tanaman lait sehingga tanaman ini akan menyelimuti objek yang didekatinya.

Air mata pengantin memiliki warna yang cukup menarik yaitu warna merah muda dan putih sehingga indah apabila dimanfaatkan sebagai tanaman penghias. Bentuk daun tanaman ini seperti hati dengan ukuran dar berkisar antara 6-8 centi meter.

  1. Alamanda

Bungga Alamanda
Bungga Alamanda

Alamanda merupakan salah satu dari jenis tanaman merambat. Nama lain dari tanaman ini cukup beragam anatara lain adalah bunga terompet emas, bunga buttercup dan lain sebagainya. Alamanda sendiri tumbuh dengan baik di areal dengan banyak sinar matahari dan curah hujan tinggi.

Bunga ini memiliki tinggi berkisar antara 1,5 – 2 meter dengan karakter batang perdu berkayu. Bunga ini mampu tumbuh dan berbunga sepanjang tahun atau biasa disebut dengan evergreen. Bunga ini berwarna kuning dan sesuai namanya bentuk bunga seperti terompet. Selain itu bunga ini beraroma harum.

  1. Zebrina Mendula

Bungga Zebrina mendula
Zebrina mendula

Zebrina mendula merupakan tanaman bunga hias merambat yang memiliki motif unik pada daunnya. Tanaman ini berwarna ungu pada permukaan atas dan berwarna hijau tua yang sejajar dengan sumbu tengah. Tanaman ini memiliki memiliki selubung daun yang tipis dan tembus cahaya sehingga corak zebra akan terlihat tembus pandang apabila daun terkena sinar matahari.

Zebrina mendula selain tanaman yang digunkan sebagai tanaman hias juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Tanaman ini digunakan sebagai campuran tanaman teh herbal yang biasa digunakan masyarakat di Meksiko untuk pengobatan. Selain itu, getah dari tanaman ini dapat menyebabkan iritasi kulit ringan sehingga perlu penanganan khsusu dalam pengolahannya.

  1. Mandevila

Bungga Mandevila
Bungga Mandevila

Mandevila atau bunga terompet merupakan tanaman hias bunga rambat yang banyak ditemukan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena iklim tropis di Indonesia yang menyebabkan kebutuhan sinar matahari tercukupi. Mandevila atau bunga terompet memilik beragam corak dan warna dari berwarna merah, ungu, oranye, kuning hingga merah muda.

Mandevila dapat tumbuh mencapat tinggi hingga 60 cm per tahun dan tanaman ini termasuk tanaman abadi atau everlasting green sehingga bunga mekar sepanjang tahun. Bentuk dari bunga mandevila seperti terompet sehingga di Indonesia bunga mandevila leih dikenal sebagai bunga terompet.

  1. Petria Volubilis

Bungga Petria Volubilis
Petria Volubilis

Petria merupakan tanaman melilit atau merambat dengan bunga berwarna ungu. Perpaduan kontras anatara warna hijau pada daun dan ungu pada bunga memiliki daya pikat tersendiri pada tanaman ini. Bentuk bunga tanaman ini dengan kelopak ganjil berjummlah lima. Tanaman ini juga sering di sebut amplas rambat karena tekstur pada daunnya yang kasar.

Tanaman ini bisa menghasilkan bunga sekitar 20 sampai 30 bunga pada setiap gugusannya yang perlahan akan berubah warna menjadi abu-abu setelah mekar beberapa hari. Tanaman ini akan memunculkan tunas-tunas baru apabila berada pada kondisi suhu yang hangat. Sehingga tanaman ini akan terus mekar apabila berada pada iklim tropis yang hangat.

  1. Dipladepia

Bungga Dipladepia
Dipladepia

Dipladepia merupakan jenis tanaman rambat yang masih satu famili dengan tanaman mandevila. Pembeda dari tanaman ini dengan tanaman mandevila adalah daun pada tanaman ini lebih kecil daripada tanaman mandevila. Warna bunga dipladepia merah merekah yang hampir meyerupai bunga adenium.

Tanaman ini apabila terkena cukup cahaya dan berada dalam kondisi hangat tidak akan mudah menjalar karena bersifat liana yang bersaing memperebutkan cahaya sehingga tanaman ini menjalar. Namun, kondisi hangat pada tanaman ini akan menyebabkan bunga-bunga pada tanaman akan banyak yang bermekaran dan bunga hanya mampu mekar selama 3 sampai 4 hari kemudian layu.

  1. Wisteria

Bungga Wisteria
Wisteria

Bunga wisteria merupakan tanaman hias bunga merambat yang banyak sekali ditemui di negara Jepang. Tanaman ini akan tumbuh setelah musim semi dan bersamaan dengan mekarnya bunga sakura. Bunga wisteria biasanya mermbat pada terowongan-terowongan maupun kanopi-kanopi pada jalanan sehingga sering digunakan sebagai tanaman interior dan penghias.

Meski tanaman ini mermbat, namun bunga pada tanaman ini akan menggantung pada setiap gugusan tanamannya. Warna pada bunga wisteria lebih didominasi dengan warna ungu, biru, hingga biru tua, meskipun beberapa jenisya ada yang berwarna putih. Perpaduan antara warna putih dan ungu memberikan kesan damai ketika menikmati bunga ini.

Kesimpulan

Tanaman bungga yang bisa dimanfaatkan sebagai hiasan sejatinya memiliki pengertian yaitu semua jenis tumbuhan yang berfungsi untuk penghias ruangan, taman, jenis kebun maupun karangan bunga. Tanaman hias sering budidayakan agar ruangan tampak lebih segar, lebih hijau, maupun lebih berwarna sebagai penghias ruangan.

Dengan adanya tanaman sebagai sarana untuk menghias ruangan, di sisi lain tanaman hias bermanfaatan untuk menghilangkan kejenuhan akibat dari kondisi ruangan yang cenderung homogen tanpa adanya flora-flora yang ditumbuhkan.

Sehingga tentusaja tanaman hias merambat merupakan tanaman yang memiliki nilai estetis sebagai hiasan dan memililiki sifat liana atau menjalar, memnajat muaupun menjuntai pada suatu objek yang berada di sekitarnya. Faktor persaingan cahaya merupakan salah satu respon dari tanaman utnuk merambat agar memperoleh cahaya.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami sebutkan terkait dengan ragam macam bunga merambat yang bisa manfatkan sebagai tanaman hias baik di rumah, pekarangan, perekbunan, dan lainnya. Semoga bisa memberi insipirasi ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *