Burung Alap-Alap: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Burung Alap-Alap

Apakah anda termasuk salah satu orang yang menganggap bahwa burung alap – alap adalah burung rajawali? Jika “ya” berarti tebakan anda salah. Sebenarnya burung alap – alap dan rajawali adalah jenis burung pemangsa yang berbeda family. Burung alap – alap sendiri berasal dari family falconidae.

Burung alap – alap termasuk salah satu jenis burung karnivora. Artinya adalah burung pemakan daging. Selain itu dalam bahasa inggris burung alap – alap disebut juga dengan istilah falcon, kestrel, atau caracara.

Burung Alap-alap

Sebagai informasi bahwa burung alap – alap termasuk salah satu jenis burung yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikannya adalah memiliki gaya terbang akrobatis dan bergerak sangat cepat. Penglihatan burung ini juga begitu tajam yaitu dengan akurasi 2,6 kali penglihatan manusia.

Perlu anda ketahui pada dasarnya burung ini termasuk salah satu jenis burung yang menjadi teman namun juga musuh bagi para petani. Hal ini dikarenakan burung alap – alap suka memangsa hama sawah seperti tikus sawah maupun ular. Akan tetapi disatu sisi mereka juga suka memangsa hewan ternak diantaranya seperti ayam.

Jenis Burung Alap-alap

Setelah mengenal burung alap – alap secara umum, maka saatnya kita mengetahui jenis burung alap – alap yang diuraikan sebagai berikut ini :

  1. Burung alap – alap capung

Jenis pertama burung alap – alap adalah alap – alap capung. Perlu anda ketahui bahwa spesies burung alap – alap ini memiliki nama lain yaitu microhoerax fringillarius. Selain itu burung ini juga lebih mudah ditemukan di daerah Asia Tenggara.

Burung alap – alap capung merupakan burung yang memangsa hewan lain khususnya untuk diambil dagingnya dan dijadikan makanan. Tubuh burung ini berukuran sekitar 15 cm dengan berat kira – kira 35 gram. Sebagai informasi burung ini akan berkembang biak dengan cara bertelur dan memiliki paruh yang sangat tajam.

  1. Burung alap – alap kawah

Jenis burung alap – alap yang kedua bernama alap – alap kawah. Spesies ini memiliki nama imliah yang disebut dengan istilah falco pereginus. Burung alap – alap kawah adalah jenis burung yang bisa melakukan gaya terbang tercepat didunia. Kecepatan terbang burung ini bisa mencapai 320km / jam.

Selain itu burung alap – alap kawah juga termasuk salah satu spesies alap – alap yang mempunyai ukuran panjang tubuh paling besar jika dibandingkan jenis burung alap – alap yang lainnya. Panjang tubuhnya yaitu bisa mencapai angka 50 cm. Ciri lain pada burung ini yaitu burung yang betina memiliki paruh dan ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan burung alap – alap kawah yang jantan.

  1. Burung alap – alap macan

Burung alap – alap macam adalah jenis alap – alap yang ketiga. Perlu anda ketahui nama lain jenis burung ini adalah falco severus. Berbeda dengan burung alap – alap kawah, ukuran tubuh burung alap – alap macam lebih kecil, yaitu dengan panjang sekitar 25 cm.

Walaupun ukura tubuhnya kecil, namun mereka bisa melakukan gerakan yang lebih lincah. Ukuran tubuhnya yang kecil membuat mereka juga memangsa hewan – hewan yang ukuran tubuhnya kecil pula. Burung ini lebih menyukai jika bertengger diatas pohon dibandingkan bertengger di atas batu.

  1. Burung alap – alap sapi

Jenis burung alap – alap yang terakhir adalah burung alap – alap sapi. Sebagai informasi bahwa burung alap – alap sapi adalah burung yang memiliki nama ilmiah yaitu falco moluccensis. Ukuran tubuhnya lebih panjang jika dibandingkan dengan burung alap – alap macam. Panjangnya yaitu sekitar 30 cm.

Burung ini juga suka bertengger diatas pohon, tiang, dan batu. Selain itu burung alap – alap sapi yang betina justru memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan burung yang jantannya. Spesies yang satu ini menyukai mamalia kecil, sehingga mereka lebih sering memangsa hewan – hewan yang ukurannya kecil dan menyukai serangga pula.

Klasifikasi Burung Alap-alap

Klasifikasi burung alap – alap adalah nama – nama ilmiah dari burung tersebut yang berguna untuk membedakan jenis burung alap – alap dengan burung lainnya. Melalui nama ilmiah tersebut maka akan diketahui lebih jelas mana yang termasuk burung alap – alap dan mana yang tidak termasuk dari burung tersebut. Berikut dibawah ini adalah klasifikasi burung alap – alap :

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Aves
Ordo Falconiformes
Family Falconidae

Ciri Morfologi Burung Alap-alap

Setelah mempelajaji burung alap – alap mulai dari deskripsi singkatnya, jenis – jenisnya, dan klasifikasi burung tersebut. Maka akan lebih baik jika anda juga mengetahui ciri morfologi burung alap – alap tersebut. Ciri morfologi burung alap – alap dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Sayap

Ciri morfologi pertama yang ada pada burung ini adalah bagian sayapnya. Perlu anda ketahui umumnya seluruh bagian tubuh dari burung alap – alap pasti akan ditutupi dengan bulu – bulu yang mereka miliki, termasuk sayapnya.

Ciri yang paling menonjol pada sayap burung alap – alap yaitu ukuran sayapnya tidak terlalu besar, sempit dan berbentuk runcing. Lebar sayap burung ini yaitu sekitar 50 – 60 cm.

  1. Paruh

Karakteristik morfologi yang selanjutnya pada burung alap – alap adalah bagian paruhnya. Paruh burung alap – alap rata – rata memiliki keunikan yang sangat tajam. Selain itu ukurannya juga lebih pendek dengan bentuk melengkuk atau bahkan bisa sampai membentuk kepalan yang bulat.

  1. Mata

Ciri morfologi yang terakhir pada burung alap – alap terletak dibagian matanya. Sebagai informasi bahwa burung alap – alap memiliki ketajaman mata yang tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu mereka bisa dengan mudah untuk memangsa hewan – hewan yang diincarnya. Selain itu dibagian mata burung ini terdapat iris mata yang warnanya cukup gelap.

Cara Berternaknya Burung Alap-alap

Berikut dibawah ini merupakan beberapa cara atau langkah – langkah untuk melakukan ternak burung alap – alap yaitu :

  1. Persiapan kandang

Persiapan yang perlu anda lakukan sebelum beternak burung alap – alap adalah menyediakan tempat tinggal untuk mereka. Anda bisa membuatkan kandang dengan ukuran yang tidak terlalu sempit. Usahakan kandang dibuat dengan habitat aslinya.

Hal ini bertujuan agar burung merasa nyaman dan betah untuk tinggal dikandang tersebut. Selain itu berikan peralatan lengkap didalam kandang seperti tempat makan, minum, alas untuk membuang kotoran, dan yang terpenting adalah tempat untuk bertengger burung.

  1. Memilih burung alap – alap

Cara ternak selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah memilih burung alap – alap. Sebetulnya jika anda belum mengetahui cara sebetulnya untuk merawat burung alap – alap ini anda bisa memilih burung alap – alap yang masih kecil terlebih dahulu.

Melalui cara tersebut anda bisa merawatnya hingga menjadi burung yang tumbuh dewasa. Hal tersebut akan menambah kemampuan dan pengetahuan anda tentang perawatan dari burung tersebut. Sehingga pada tahap selanjutnya nanti akan lebih mudah jika ingin melakukan ternak alap – alap dalam jumlah yang banyak.

Sebaiknya anda bisa pilih burung alap – alap yang sehat dan berkualitas. Pastikan juga bahwa burung tidak cacat dan bisa terbang dengan baik. Hal ini bertujuan agar burung bisa tumbuh dan berkembang dengan baik pula.

  1. Perawatan

Langkah selanjutnya apabila anda sudah menyiapkan kandang dan burung alap – alap yaitu merawat burung tersebut dengan cara yang intensif. Perawatan yang perlu anda lakukan diantaranya adalah membersihkan kandang setiap saat, agar tempat tinggalnya bersih dan membuat burung terhindar dari penyakit.

Selain itu berikan pula pakan pada burung alap – alap secara rutin. Umumnya dengan pakan burung akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Salah satu pakan yang bisa anda berika adalah serangga – serangga kecil maupun jenis daging – dagingan yang sudah dicincang dengan halus, karena burung alap – alap yang anda beri makan masih berusia anak.

Selain pakan, anda bisa memberinya multivitamin. Multivitamin itu sendiri kegunaannya sangat baik yaitu agar burung alap – alap memiliki kondisi tubuh yang lebih fit dan bisa menjaga kesehatan tubuhnya lebih mudah.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan terkait dengan materi burung alap-alap: jenis, klasifikasi, ciri morfologi, dan cara berternaknya. Semoga saja dapat menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.