Burung Cucak Rawa: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

 

Burung Cucak Rawa

Nama burung cucak rawa pasti sudah tidak asing untuk didengar. Cucak rawa adalah sejenis burung kicauan yang berasal dari suku pycnonotidae. Sebagain besar masyarakat Jawa menyebut burung ini dengan nama cucak rowo, sedangkan di Sunda disebut cangkurawah, dan di Melayu dinamakan barau – barau.

Burung ini juga memiliki istilah asing dalam bahasa inggris disebut straw – headed bulbul. Istilah ini diberikan pada burung tersebut karena mereka memiliki kepala yang bewarna kuning pucat. Apabila anda ingin mengetahui lebih lengkap terkait burung cucak rawa, maka simak artikel dibawah ini.

Burung Cucak Rawa

Sebagai informasi bahwa burung cucak rawa ini biasanya akan lebih mudah ditemukan disekitar paya – paya, rawa – rawa, sungai, dan tepi hutan. Mereka juga sering bersembunyi di balik daun – daun yang hijau. Anda juga harus tau bahwa kicauan burung yang satu ini tidak kalah hebat dengan jenis burung lain yang sudah sering dilombakan. Suara khasnya yaitu terdengar sangat bulat dan berat dan keras.

Biasanya burung cucak rawa dengan kawan lainnya agar melakukan suara kicauan yang bersahut – sahutan satu dengan yang lainnya dan suaranya terdengar begitu merdu. Mereka juga suka memangsa hewan lain seperti siput air dan serangga untuk dimakan. Buah – buahan yang lunak juga menjadi makanan favorit pada burung ini.

Jenis Burung Cucak Rawa

Jenis burung cucak rawa umumnya terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Burung cucak rawa papua

Jenis burung cucak rawa yang pertama dinamakan burung cucak rawa papua. Speises cucak rawa yang satu bisa dikatakan paling populer jika dibandingkan jenis cucak rawa yang lainnya. Sesuai dengan namanya burung ini memang berasal dari papua, dan jika anda menginginkan burung ini maka harus merogoh uang yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan burung cucak rawa papua terkenal dengan harganya yang mahal.

  1. Burung cucak rawa medan

Jenis burung cucak rawa yang kedua adalah burung cucak rawa medan. Spesies cucak rawa yang berasal dari Medan ini memiliki ciri khusus yaitu suara kicauannya yang begitu keras dan berat. Selain itu suara kicauan burung tersebut terdengar mengambang sehingga intonasi suaranya berjalan tidak begitu cepat. Namun burung cucak rawa medan ini juga banyak yang menyukai sehingga tidak terkejut jika banyak orang rela ke medan untuk mencari burung ini.

  1. Burung cucak rawa aceh

Burung cucak rawa yang ketiga adalh cucak rawa aceh. Asal burung ini yaitu dari Aceh, dan burung ini secara sekilas sangat mirip dengan burung cucak rawa medan. Maka dari itu bagi orang yang belum mengenali kedua jenis burung tersebut akan sulit untuk membedakannya. Hal ini dikarenakan ukuran dan karakter suara kicauannya sangat mirip sekali.

Namun tidak perlu bingung, karena antara burung cucak rawa aceh dan medan tetap memiliki perbedaan yang bisa anda pelajri agar tidak salah mengenali jenis burung tersebut. Biasanya burung cucak rawa aceh terlihat memiliki warna yang lebih hijau dan cerah dibandingkan dengan burung cucak rawa medan.

  1. Burung cucak rawa lampung

Jenis cucak rawa yang selanjutnya adalah burung cucak rawa lampung. Burung yang berasal dari daerah Lampung ini juga memiliki kemiripan dengan cucak rawa medan. Akan tetapi ukuran burung cucak rawa lampung lebih pendek dan kecil.

Walaupun burung ini tidak mempunyai ukuran yang besar, namun kekuatan tubuh atau fisiknya sangat baik. Mereka memiliku tubuh yang kekar dan tulang sayapnya begitu kokoh, sehingga dapat terbang lebih lama dengan ketinggian yang cukup menjulang. Selain itu suara kicauan burung cucak rawa medan juga memiliki kecepatan intonasi yang lebih bagus dibandingkan jenis cucak rawa lainnya.

  1. Burung cucak rawa jambi

Jenis terakhir burung cucak rawa adalah burung cucak rawa jambi. Ciri khas yang dimiliki burung ini adalah tubuhnya yang pendek dan suara kicauannya hampir mirip dengan burung cucak rawa lampung. Akan tetapu kicauan burung ini terdengar lebih pelan dan lembut.

Klasifikasi Burung Cucak Rawa

Klasifikasi burung cucak rawa adalah nama – nama ilmiah pada burung tersebut yang dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Kingdom : Animalia
  2. Filum : Chordata
  3. Kelas : Aves
  4. Ordo : Passeriformes
  5. Family : Pycnonotidae
  6. Genus : Pycnonotus
  7. Spesies : P.zeylanicus

Ciri Morfologi Burung Cucak Rawa

Ciri morfologi burung cucak rawa menjelaskan keunikan atau karakteristik pada masing – masing bagian tubuhnya yang diuraikan sebagai berikut ini :

  1. Tubuh

Ciri moefologi pertama pada burung cucak rawa adalah bagian fisik atau tubuhnya. Umumnya burung ini mempunyai ukuran badan yang tidak terlalu panjang, yaitu hanya sekitar 28 cm mulai dari ujung paruh sampai ujung ekornya.

  1. Kepala

Karakteristik morfologi yang kedua adalah bagian kepala burung cucak rawa. Bagian kepala ini termasuk bagian yang sangat unik yaitu memiliki mahkota diatas kepalanya. Warna mahkota kepala tersebut adalah jingga keemasan yang terlihat begitu menawan.

  1. Telinga

Bagian selanjutny adalah telingan burung cucak rawa. Umumnya burung ini mempunyai telinga yang tertutupi dengan bulu – bulu bewarna jingga atau kuning pucat. Selain itu bulu – bulu ini tidak hanya tersebar dibagian telinga saja, mlainkan mulai dari kepala depan sampai belakang.

  1. Mata

Mata burung cucak rawa adalah bagian yang cukup menonjol. Hal ini dikarenakan tatapan matanya begitu tajam dengan garis hitam yang melintasi mata burung tersebut. Kemudian di bagian mata burung ini juga terdapat iris mata dengan warna kemerahan yang menambah kesan berani.

  1. Punggung

Ciri morfologi selanjutnya adalah bagian punggung. Burung cucak rawa umumnya memiliki ukuran punggung yang tidak terlalu besar. Selain itu punggung burung ini bewarna cokelat dengan motif garis – garis putih yang ada disekitarnya.

  1. Sayap dan ekor

Karakteristik morfologi yang terakhir pada burung cucak rawa terdapat pada bagian sayap dan ekor. Umumnya kedua bagian tersebut memiliki warna yang cukup cerah yaitu kehijua – hijauan seperti buah zaitun.

Cara Berternaknya Burung Cucak Rawa

Setelah anda mempelajri berbagai hal tentang cucak rawa mulai dari deskripsi, jenis, klasifikasi, dan ciri morfologinya. Maka saatnya mengetahui beberapa langkah atau cara ternak burung cucak rawa yang dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Pilih indukan burung cucak rawa

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar cara ternak burung cucak rawa berhasil adalah memilih indukan burung tersebut dengan baik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari burung cucak rawa itu sendiri. Melalui kualitas yang baik maka diharapkan burung cucak rawa dapat menghasilkan anakan yang baik pula. Beberapa kriteria kualitas burung tersebut diantaranya adalah burung harus sehat, memiliki gerak yang aktif, tidak cacat, dan warna tubuhnya tidak kusam.

  1. Menyiapkan kandang burung cucak rawa

Tahapan yang kedua anda harus menyiapkan kandang untuk burung cucak rawa agar burung tersebut memiliki tempat tinggal dan tempat berlindung. Sebelum anda membuat kandang tentukan dahulu lokasi yang paling pas, hindarkan dari kerumunan banyak orang agar burung tetap bisa tenang dan santai.

Kemudian siapkan pula alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kandang dan buat ukuran kandang yang cukup luas agar burung bisa bergerak dengan aktif. Selain itu pastikan juag bahwa kandang juga dilengkapi dengan alat makan dan minum yang dibutuhkan burung cucak rawa.

  1. Perawatan burung cucak rawa

Selanjutnya ketika semua hal sudah disiapkan dengan baik, maka anda bisa merwat burung cucak rawa tersebut agar selalu fit dan bisa aktifitas dengan baik. Pada saat indukan berhasil menghasilkan anak burung cucak rawa, maka anda perlu merawatnya lebih intensif lagi.

Tujuannya agar anakan burung cucak rawa semakin tumbuh dan berkembang lebih baik hingga mencapai umur yang dewasa. Salah satu perawatannya yaitu memberinya makan dan vitamin yang baik untuk kesehatan burung cucak rawa. Kemudian bersihkan kandang setidaknya 1 minggu 2 – 3 kali, agar kebersihan kandang selalu terjaga dengan baik dan burun bebasa dari bakteri.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan terkait dengan materi burung cucak rawa : jenis, klasifikasi, ciri morfologi, dan cara berternaknya. Semoga saja dapat menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.