Burung Gelatik: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Burung Gelatik

Burung gelatik merupakan salah satu jenis burung yang sering dipelihara banyak orang karena memiliki suara kicauan merdu dan sangat khas. Selain itu burung yang satu ini juga memiliki nama lain yaitu  padda. Sebagai informasi bahwa burung gelatik pada umumnya lebih menyukai hidup berkelompok dan sangat nyaman pada tempat yang luas seperti tanah lapang.

Makanan utama burung gelatik biasanya adalah padi maupun rumput – rumput hijau. Maka dari itu mereka menyukai daerah yang banyak rumputnya. Apabila anda ingin tahu lebih lengakap mengenai burung gelatik, maka simak artikel dibawah ini.

Burung Gelatik

Burung gelatik pada dasarnya memiliki ukuran yang hampir sama dengan jenis burung peliharaan pada umumnya, yaitu berukuran kecil sekitar 13 cm saja. Selain itu bagian tubuhnya juga dipenuhi dengan bulu – bulu halus dan warnanya beragam.

Selain itu burung gelatik juga mempunyai berbagai spesies dengan ciri dan keunikan masing – masing. Anda juga harus tau bahwa burung ini banyak penggemarnya, terutama para kolektor burung yang selalu menginginkan jenis burung gelatik untuk mengisi kekosongan rumahnya agar terdapat kicauan – kicauan yang merdu.

Jenis Burung Gelatik

Deskripsi diatas menjelaskan bahwa burung gelatik termasuk fauna yang mempunyai spesies begitu banyak dan dibawah ini merupakan beberapa jenis burung gelatik tersebut :

  1. Burung gelatik watu

Jenis burung gelatik yang pertama adalah burung gelatik watu. Sebagai informasi bahwa nama lain dari burung ini adalah burung gelatik wingko. Umumnya spesies gelatik yang satu ini berukuran panjang sekitar 13 cm dengan warna putih, hitam, maupun abu-abu pada bulu-bulunya.

Selain itu burung gealtik watu yang berjenis kelamin jantan cenderung memiliki warna hitam begitu gelap pada bagian tubuhnya. Pastinya hal ini memberikan kesan yang lebih garang pada burung tersebut. Sedangkan burung gelatik watu betina mempunyai ciri khas pada bagian kepala yang bewarna abu-abu.

Anda perlu tahu bahwa burung gelatik watu mempunyai sifat yang sangat aktif, sehingga mereka sangat suka untuk bergerak kesana dan kemari, bahkan naik turun dari ranting pohon seringkali dilakukan setiap saat. Untuk masalah suara kicauan dari jenis burung gelatik ini maka jangan diragukana lagi, karena suaranta sudah begitu gacor dan keras.

  1. Burung gelatik jawa

Jenis burung gelatik yang berikutnya merupakan burung gelatik jawa. Nama latin dari burung gelatik jawa adalah oryzivora. Umumnya burung gelatik jawa mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan hampir sama dengan jenis gelatik pada umumnya. Ukuran badannya yaitu sekutar 15 cm dengan ciri perut burung yang bewarna kemerah-merahan.

Selain itu burung gelatik jawa juga memiliki ciri morfologi lain yang terletak di bagian matanya yaitu terdapat lingkaran merah. Bulu pada burung ini sendiri lebih condong terdapat warna cokelat, akan tetapi pada saat burung sudah menginjak usia dewasa warnanya akan berubah menajdi keabu – abuan.

Sebagai informasi bahwa penampilan fisik dan suara kicauan dari burung gelatik jawa ini membuat mereka dicari banyak orang. Sehingga tidak heran jika gelatik jawa juga banyak dibudidayakan oleh orang -orang.

  1. Burung gelatik silver

Jenis burung gelatik yang terakhir adalah burung gelatik silver. Salah satu ciri khas pada burung gelatik silver ini yaitu bagian paruhnya yang berwarna merah cerah namun di tepinya terdapat warna putih sedikit kekuning – kuningan. Selain itu gealtik silver juga masih memiliki dua jenis yaitu light silver java dan dark silver java.

Umumnya light silver java adalah burung gelatik silver yang mempunyai warna abu – abu namun mendekati warna putih sehingga terlihat lebih terang dan diberilah nama light itu tadi. Sedangkan dark silver java pada jenis burung ini mempunyai warna abu – abu yang lebih gelap jika dibandingkan yang sebelumnya maka dari itu diberi nama dark atau gelap.

Klasifikasi Burung Gelatik

Klasifikasi burung gelatik pada dasarnya adalah nama – nama ilmiah dari burung gealtik yang dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Kingdom : Animalia
  2. Filum : Chordata
  3. Kelas : Aves
  4. Ordo : Passeriformes
  5. Family : Estrilldidae
  6. Genus : Padda

Ciri Morfologi Burung Gelatik

Setelah mempelajari berbagai hal burung gelatik mulai dari deskripsi, jenis, dan klasifikasinya, maka tidak ada salahnya jika anda juga mengenal ciri morfologi dari burung tersebut yang diuraikan sebagai berikut ini :

  1. Fisik

Ciri morfologi pertama yang dimiliki burung gelatik adalah bagian fisiknya. Sebagai informasi bahwa fisik burung ini memiliki penampilan yang cantik dan bisa memikat banyak orang yang melihatnya. Hal ini dikarenakan burung gelatik memiliki mempunyai ukuran badan yang kecil, ramping namun telihat pas untuk dilihat. Selain itu warna pada tubuhnya juga sangat beragam dan bisa membuat orang bisa memilih jenis gelatik yang bisa dipeliharanya. Sebagai informasi umumnya ukuran tubuh dari burung gelatik berkisar antara 13 – 15 cm.

  1. Bulu

Burung gelatik juga terkenal memiliki ciri khusus di bagian bulunya. Perlu anda ketahui bahwa burung ini pada dasarnya mempunyai warna bulu mulai dari yang cerah hingga gelap. Beberapa warna – warna bulunya diantaranya yaitu putih, hitam, merah, abu – abu, dan kekuning – kuningan. Selain itu bulu burung gelatik teksturnya cukup halus dengan jumlah bulu yang cukup tebal.

  1. Paruh

Karakteristik lain pada burung gelatik adalah bagian paruhnya. Bagian paruh memang pada dasarnya dimiliki oleh semua jenis burung, termasuk gelatik itu sendiri. Sebagai informasi bahwa paruh pada burung ini cenderung memiliki warna merah yang terlihat seakan-akan menonjolkan keberanian.

  1. Mata

Keunikan atau ciri khas terakhir dari burung gelatik adalah bagian matanya. Burung gelatik memiliki sepasang mata yang indah. Karena pada dasarnya selain tatapan yang tajam, warna mata pada burung ini juga terlihat unik. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis atau spesies burung gelatik yang mana pada bagain matanya terdapat lingkaran merah dan membuatnya terkesan lebih indah jika dilihat.

Cara Berternaknya Burung Gelatik

Selanjutnya anda akan melihat beberapa cara ternak burung gelatik yang nantinya bisa anda praktekan sendiri di rumah dan berikut dibawah ini merupakan langkah-langkahya :

  1. Persiapan induk burung gelatik

Cara pertama yang bisa anda lakukan agar burung gelatik bisa diternakan dengan baik dan benar adalah pemilihan dari induk burung tersebut. Langkah ini merupakan proses awal dan wajib untuk diperhatikan dengan baik. Karena dengan induk burung gelatik yang berkualitas maka diharapkan hasil yang nantinya diperoleh bisa baik pula.

Maka dari itu perhatikan beberapa ciri dari burung gelatik yang memiliki kualitas bagus diantaranya yaitu fisiknya kuat, mempunyai warna tidak kusam, suara kicauannya gacor, dan beberapa hal lainnya. Pastikan pula agar anda memilih induk gelatik yang jantan dan betina agar kedua burung tersebut bisa melakukan proses reproduksi dan menghasilkan anakan gelatik yang banyak.

  1. Pembuatan kandang untuk burung gelatik

Proses yang berikutnya adalah pembuatan kandang untuk burung gelatik. Anda harus tahu bahwa kandang termasuk tahapan yang sangat penting untuk burung ini, karena kandang merupakan habitat buatan yang akan menjadi tempat tinggal bagi burung gealtik. Maka dari itu usahakna agar burung merasa nyaman tinggal dikandang.

Kemudian buatlah kandang yang ukurannya lebih luas, agar burung gelatik bisa terbang kesana dan kemari serta bisa bergerak dengan lebih leluasa, mengingta burung yang satu ini cenderung lebih suka tempat luas. Kemudian berikan pula wadah makan dan minum dalam kandang agar burung bisa mendapatkan makannya dengan lebih mudah. Berikan pula ranting kayu dalam kandang agar burung bisa bertenggar di dalam kandang dan hal tersebut bisa memberikan kesan yang lebih nyaman untuk burung gelatik.

  1. Perawatan burung gelatik

Apabila burung gelatik belum mencapai usia yang siap kawin maka rawatlah burung tersebut agar pertumbuhannya baik. Sedangkan jika burung sudah menghasilkan keturunannya maka anda juga menjaganya dengan lebih baik. Pada dasarnya perawatan dan pemeliharaan dari burung gelatik ini harus selalu dilakukan, salah satunya adalah memberikan pakan secara rutin agar burung gelatik memiliki daya tahan tubuh yang bagus dan bisa berkembang dengan benar.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan terkait dengan burung gelatik: Jenis, klasifikasi, ciri morfologi, dan cara berternaknya. Semoga saja dapat menambah wawasan dan menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.