Burung Kakak Tua: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Burung Kakak Tua

Burung kakak tua merupakan salah satu jenis fauna yang pastinya sudah diketahui banyak orang. Umumnya burung ini memiliki nam lain yang disebut dengan istilah cacatua sulphure. Biasanya burung kaka tua bisa hidup pada ketinggian 0 – 1520 meter dari permukaan laut. Selain itu binatang ini juga terbiasa untuk hidup berkelompok.

Sebagai informasi bahwa burung kakak tua sering ditemukan di daerah Kepulauan Sunda Kecil, Sulawesi, Bali, dan tempat – tempat yang masih mempunyai hutan -hutan primer serta sekunder. Kebiasaan lain pada burung kakak tua adalah bertengger pada dahan atau ranting.

Burung Kakak Tua

Burung kaka tua adalah salah satu jenis burung yang  mempunyai kecerdasan cukup bagus. Terlebih lagi jika burung tersebut dilatih dengan rutin, maka kecerdasannya akan terus bertambah. Salah satu kepintaran burung kakak tua ini yaitu bisa menirukan suara manusia. Oleh karena itu burung ini sering digunakan untuk menghibur atau sebagai tontonan dalam acara – acara di kebun binatang atau tempat hiburan lainnya.

Informasi lainnya pada burung kakak tua yaitu mereka termasuk burung omnivora. Artinya kakak tua bisa mengonsumsi segala jenis makanan, mulai dari daging sampai dengan tumbuh – tumbuhan hijau. Salah satu pakan kakak tua adalah biji – bijian, kacang, aneka buah – buahan dan serangga kecil.

Keunikan lain pada burung kaka tua ialah mereka sangat mencolok pada saat terbang dengan kepakan sayap yang begitu cepat dan kuat. Pada saat terbang burung kakak tua selalu mengeluarkan teriakan kicauan yang bisa didengar dengan jelas.

Jenis Burung Kakak Tua

Jenis – jenis burung kakak tua dapat dibedakan menjadi 4 macam yang dijelaskan sebagai brikut ini :

  1. Burung Kakak Tua Raja Hitam

Jenis pertama burung kaka tua bernama kakak tua raja hitam. Jenis kaka tua yang satu ini merupakan burung asli dari Indonesia dan termasuk hewan endemik yang ada di Papua. Akan tetapi kaka tua raja hitam juga dapat ditemukan pada Kepulauan Aru dan Kepulauan Raja Ampat.

Burung kaka tua raja hitam pada dasarnya memang menyukai tinggal di daerah hutan hujan tropis dataran rendah dan kawasan tepi hutan. Selain itu hewan yang satu ini memiliki nama ilmiah dengan sebutan probosciger atterimus. Ketika burung kakak tua raja hitam mulai tumbuh dewasa, maka panjangnya bisa mencapai ukuran hingga lebih dari 60 cm.

Memang ukuran tubuhnya dikatakan cukup besar, sehingga sesuai dengan ukurannya yang besar, paruh burung ini juga mempunyai ukuran yang besar dan panjang. Burung kakak tua raja hitam lebih menyukai melakukan aktifitas pada siang hari atau disebut juga sebagai hewan dinural.

  1. Burung Kakak Tua Maluku

Selanjutnya jenis burung kakak tua yang kedua adalah kakak tua Maluku. Spesies burung kakak tua yang satu ini adalah jenis burung kakak tua yang hanya ditemukan di Pulau Seram, Maluku bagian selatan. Karena hal tersebut, maka burung yang satu ini juga dikenal sebagai kakak tua seram.

Mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan panjang tubuh sekitar 52 cm dan dapat bertahan hidup hingga 70 tahun. Ciri – ciri pada burung kakak tua ini yaitu memiliki bulu berwarna putih tebal dengan jambul merah muda yang ada di bagian kepalanya. Bruung kakak tua Maluku juga memiliki nama ilmiah yang disebut dengan istilah cacatua moluccensis.

  1. Burung Kakak Tua Putih

Jenis burung kakak tua yang ketiga bernama burung kakak tua putih. Warna pada tubuh burung ini sesuai dengan namanya yaitu lebih didominasi warna putih. Selain itu burung ini juga mempunyai nama ilmiah yang disebut dengan istilah cacatua alba. Sebagai informasi mereka cenderung lebih mudah ditemukan pada daerah Maluku Utara, seperti Pulau Halmahera, Ternate, dan Tidore.

Ciri lain pada burung ini yaitu bagian tubuhnya bisa berukuran sekitar 45 cm. Selain itu warna bulunya yang didominasi dengan warna putih tersebut tidak ada corak atau motif apapun. Bentuk jambul pada burung ini yaitu tegak dan mirip seperti bentuk kipas. Oleh karena itu ada sebagian orang yang menyebutnya dengan nama burung kakak tua kipas.

  1. Burung Kakak Tua Jambul Kuning

Jenis burung kakak tua yang terakhir adalah burung kakak tua jambul kuning. Perlu anda ketahui bahwa hewan yang satu ini termasuk dalam jensi burung yang sudah masuk atau dikategorikan hampir punah. Oleh karena itu jenis burung kakak tua jambul kuning telah dilindungi oleh pemerintah. Burung ini umumnya lebih sering ditemukan pada wilayah Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kepulauan Masalembu.

Selain itu spesies burung kakak tua yang satu ini juga mempunyai nama ilmiah yaitu cacatua sulphurea. Ukuran tubuhnya tidak besar maupun kecil yaitu sedang – sedang saja. Bulu pada burung ini juga terlihat beewarna putih bersih. Perbedaan burung kakak tua jambul kuning dengan spesies kakak tua lainnya yaitu terletak pada jambulnya yang bewarna kuning cerah dan ukurannya tidak begitu besar.

Klasifikasi Burung Kakak Tua

Klasifikasi burung kakak tua adalah nama – nama ilmiah pada burung tersebut yang memiliki fungsi untuk membedakan burung kakak tua dengan jenis burung lainnya. Klasifikasinya diuraikan sebagai berikut ini :

Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Classis Aves
Ordo Psittaciformes
Famili Cacatuidae
Sub famili Cacatuinae
Genus Cacatua
Spesies Cacatua sulphurea

Ciri Morfologi Burung Kakak Tua

Ciri morfologi burung kakak tua dapat dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Tubuh

Ciri morfologi pertama pada burung kakak tua yaitu pada bagian tubuhnya. Ukuran burung ini bisa mencapai panjang sekitar 35 cm atau bahkan bisa lebih. Selain itu pada tubuhnya juga dipenuhi dengan bulu – bulu yang berwarna putih. Sedangkan bagain

  1. Paruh

Ciri morfologi yang selanjutnya yaitu terletak pada bagian paruhnya. Umumnya burung kakak tua mempunyai ukuran paruh yang pendek.

  1. Sayap

Sedangkan ciri morfologi pada bagian sayap burung kakak tua ini yaitu dipenuhi dengan bulu – bulu yang tebal. Selain itu sayap juga berukuran cukup panjang dan memiliki tipe jari terangkat dengan cakar yang runcing. Untuk bagian kakinya ukurannya juga cukup panjang dan sering digunakan untuk bertengger pada ranting pohon.

Cara Berternaknya Burung Kakak Tua

Berikut dibawah ini beberapa cara atau langkah – langkah untuk melakukan ternak burung kakak tua yaitu :

  1. Syarat Induk yang Baik

Sebelum anda melakukan ternak burung kakak tua, alangkah baiknya jika anda mempersipakna induk yang berkualitas terlebuh dahulu hal ini bertujuan agar pada saat induk melakukan proses perkawinan dan bisa menghasilkan keturunan, maka keturunannya akan baik sesuai dengan induknya.

Maka dari itu pilihlah induk burung kakak tua yang sehat, kira – kira berumur 2 tahun, warna terang, dan bisa bergerak dengan aktif. Selain itu anda juga harus memilih induk burung kakak tua yang jantan dan betina agar nantinya burung tersebut dapat dijodohkan.

  1. Persiapan Kandang

Tahap selanjutnya yang perlu anda lakukan setelah induk sudah ditemukan yaitu menyiapkan kandang untuk burung kakak tua. Ketahuilah bahwa kandang burung tersebut harus kuat dan ukurannya ibuat lebih luas agar burung dapat bergerak atau terbang lebih bebas. Selain itu buatlah kandang agar sesuai dengan atau mirip dengan habitat aslinya. Hal ini bertujuan agar burung merasa nyaman dan betah untuk tinggal dikandang tersebut.

  1. Masa penjodohan burung kakak tua

Langkah yang ketiga adalah masa penjodohan burung kakak tua. Cara yang perlu dilakukan yaitu burung – burung kakak tua ditempatkan dalam satu kandang yang sama hingga mereka bisa memilih pasangannya masing – masing. Apabila mereka merasa suka dengan burung lainnya maka akan ditandai dengan suara kicauan yang berteriak – teriak pada burung tersebut. Selain itu keduanya akan salaing berdekat – dekatan dan saling suap.

Pastikan selama masa penjodohan berlangsung anda memberinya makanan dalam jumlah yang cukup. Pakan utama yaitu bisa berupa jagung segar, sayur kangkung dan ikan tongkol 2 ekor setiap seharinya.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan terkait dengan materi burung kakak tua: jenis, klasifikasi, ciri morfologi, dan cara berternaknya. Semoga saja dapat menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.