Burung Kolibri: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Burung Kolibri

Kolibri adalah jenis burung kecil yang hanya mempunyai panjang sekitar 6,4 cm dan berwarna cerah. Pada umumnya jenis burung yang satu ini biasa hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Hewan ini juga dikenal memiliki sekitar seribu bulu yang bergemerlapan sehingga bisa memantulkan dan memancarkan sinar warna – warni yang dapat berubah ketika burung bergerak. Karena keunikannya teresebut maka burung kolibri menjadi salah satu jenis burung yang disukai banyak orang.

Spesies atau jenis burung ini ada lebih dari 300 burung. Kehidupannya juga lebih sering di dalam wilayah hutan Amazon. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut terkait burung kolibri maka simaklah artikel dibawah ini.

Burung Kolibri

Perlu anda tahu bahwa kolibri adalah jenis burung yang unik karena gerakan sayapnya sangat cepat dan bisa terbang dengan cara mundur. Setiap 1 detik burung kolibri bisa mengepakkan sayapanya sekitar 12 – 80 kali. Sungguh kemampuan luar biasa yang dimiliki burung kolibri tersebut.

Selain itu kolibri memiliki makanan khusus yaitu nektar atau bagian inti sari dari bunga yang dimakan dengan cara menghisap menggunakan paruhnya yang panjang dan ramping. Nektar sendiri sebetulnya adalah sumber energi terbesar bagi burung kolibri untuk tetap kuat agar bisa terbang dengan cepat. Selain nektar, burung kolibri juga menyukai makanan lain seperti ulat kecil dan kroto.

Jenis Burung Kolibri

  1. Kolibri Ninja

Jenis burung kolibri yang pertama adalah kolibri ninja. Burung ini biasa hidup di sekitar pinggir hutan yang memiliki ketinggian hingga 100 dpl. Burung kolibri ninja juga sering ditemukan di daerah hutan karet maupun pesisir pantai. Pada umumnya jenis burung yang satu ini sangat menyukai madu dan makanan lain yang memiliki rasa manis dan enak.

Selain madu anda juga bisa memberi burung kolibri ninja dengan nektar, karena makanan – makanan ini baik untuk tubuh kolibri ninja. Sebagai informasi bahwa jenis burung kolibri ninja ini memiliki harga yang bisa dibanderol sekitar Rp 500 ribuan hingga Rp 1 juta setiap 1 ekornya. Bahkan sebenarnya kolibri ninja juga termasuk burung yang dilombakan karena sedang populer dengan suara kicaunya yang lantang.

  1. King Konin

Jenis kolibri yang kedua bernama burung king konin. Kehidupan asli dari burung ini yaitu ada di sekitar hutan mangrove, tepi hutan, rawa, dan tersebar luas hingga mencapai ketinggian 250 mdpl. Selain itu burung king konin juga mempunyai karakter suara yang besar dan didominasi dengan suara yang tajam serta lantang. Harga burung king konin yang telah gacor atau memiliki kicauan yang mumpumi bisa mencapai angkai sekitar Rp 1 juta rupiah. Apabila anda ingin burung ini terus tumbuh dan memiliki kicauan yang bagus, maka berikan pakan nektar dan kroto setiap harinya, setelah dimandikan.

  1. Kolibri Sepah Raja

Jenis ktiga burung kolibri yaitu kolibri sepah raja. Burung ini memiliki habitat asli di sekitar kawasan hutan tropis, perkebunan, dan sering dijumpai pada pohon cerry. Apakah anda tahu ternyata makanan yang disukai burung ini merupakan susu kental manis yang biasa sering dibuat oleh banyak orang. Biasanya susu kental manis langsung bisa diberikan pada burung tanpa menyampurnya dengan air lagi. Selain susu, kolibri sepah raja juga menyukai madu, sehingga makanan yang manis – manis pasti disukai oleh burung itu. Untuk masalah harga, maka burung ini satu ekornya bisa mencapai harga sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu rupiah.

  1. Kolibri Gunung atau Merak

Kolibri gunung atau merak adalah jenis burung kolibiri yang ke empat. Sesuai dengan namanya burung ini memiliki habitat asli yang ada di daerah pegunungan atau dataran tinggi. Selain itu, burung kolibri gunung atau merak pada umumnya menyukai jenis pakan yang sama dengan jenis kolibri lainnya. Makanan burung tersebut diantaranya ialah nektar, serangga kecil, laba-laba maupun ulat. Apabila anda ingin memelihara jenis burung yang satu ini maka pastikan anda berada di lingkungan yang asri dan udara yang dingin agar pertumbuhan burung semakin bagus.

  1. Kolibri Ekor Merah

Jenis kolibiri yang selanjutnya ialah ekor merah. Sesuai dengan namanya, jenis burung kolibri ini memang mempunyai warna ekor yang merah mencolok. Selain itu, apabila dilihat dari warna bulunya maka jenis burung ini hampir mirip sekali dengan kolibri sepah raja. Perbedaannya yaitu terletak di ukuran tubuh yang lebih besar sekitar 10 – 13 cm. Pakan yang bisa diberikan pada jenis burung ini yaitu nektar, susu, dan kroto. Makanan – makanan tersebut bisa diberikan setiap hari untuk memberikan protein kepada kolibri ekor merah.

  1. Kolibri Kelapa

Kolibri kelapa merupakan jenis hewan atau burung yang memiliki postur tubuh sedang, dengan ukuran sekitar 13 cm. Sebetulnya burung kolibri kelapa termasuk salah satu jenis burung kolibri yang dilindungi, karena memiliki peran untuk penyerbukan bunga secara alami. Harga burung kolibri kelapa juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 100 ribu untuk masing – masing ekornya. Sedangkan untuk masalah pakan maka burung ini bisa diberi makanan seperti air gula, kroto, dan buah pisang.

  1. Kolibri Black Sunbird

Jenis yang selanjutnya dari burung kolibri adalah black sunbird. Burung yang satu ini memiliki penampilan yang cantik. Bagian tubuhnya juga dipenuhi warna – warna yang sangat indah seperti warna hitam dan ungu kebiruan. Jenis burung kolibri black sunbird memang banyak dicari oleh pecinta burung di Indonesia, sehingga tidak heran jika harganya pun relatif mahal sebanding dengan penampilan burung tersebut.

  1. Kolibri Wulung

Kolibri wulung adalah jenis burung kolibri yang memiliki ukuran tubuh cukup kecil, yaitu hanya 10 cm saja. Walaupun demikian, burung ini dikenal memiliki ketangguhan yang sangat baik. Makanan kolibri wulung diantaranya adalah serangga kecil, seperti ulat dan madu. Berbicara masalah harga jenis kolibri wulung memiliki harga yang sedang yaitu sekitar Ro 300 ribuan untuk satu ekor burung.

  1. Kolibri Sriganti

Jenis burug kolibri yang terakhir bernama kolibri sriganti. Pada umumnya jenis kolibri sriganti ini juga memiliki nama lain yaitu sogok otong. Ukuran tubuh burung sriganti cukup kecil yaitu sekitar 8 hingga 10 cm. Sedangkan habitatnya yaitu disekitar pekarangan, perkebunan hingga hutan mangrove. Harganya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 100 ribu higga Rp 400 ribuan untuk satu ekornya.

Klasifikasi Burung Kolibri

Berikut dibawah ini merupakan klasifikasi burung kolibri yang diuraikan sebagai berikut ini :

  1. Kerajaan : Animalia
  2. Ordo : Apodiformes
  3. Famili : Trochilidae

Ciri Morfologi Burung Kolibri

  1. Tubuh

Ciri morfologi pertama pada burung kolibri yaitu terletak dibagian tubuhnya. Burung kolibri mempunyai ukuran tubuh rata – rata sekitar 6,4 cm. tubuhnya juga memiliki beragam warna yang cerah dan mempesona. Sedangkan berat rata-rata burung kolibri berkisar 6 gram saja.

  1. Bulu

Selain memiliki ciri morfologi dibagian tubuhnya yang secara umum. Maka burung kolibiri juga dikenal memiliki ciri atau keunikan tersendiri pada bulu yang dimilikinya. Setap 1 ekor burung kolibri berselimutkan seribu bulu yang bergemerlapan dan menampilkan sinar warna – warni yang begitu indah. Telebih lagi warna pada bulu – bulu tersebut dapat berubah – ubah ketika burung bergerak. Beberapa warna bulu burung kolibri yaitu seperti warna hitam, coklat atau abu-abu yang tergantung pada melanin.

Cara Berternaknya Burung Kolibri

Cara beternak burung kolibri dapat dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Siapkan Sepasang Burung Kolibri

Hal pertama yang harus dipastikan sebelum anda melakukan ternak kolibri adalah anda sudah menyiapkan sepasang burung kolibri yang jantan dan betina. Pilihlah burung yang berkualitas baik agar memperoleh keturunan yang baik pula.

  1. Buatkan kandang penangkaranya

Setelah menyiapkan sepasang burung kolibri. Maka cara selanjutnya yaitu membuat kandang untuk burung tersebut yang nantinya dijadikan sebagai tempat tinggalnya. Buatlah kandang senyaman mungkin agar burung tidak stres berada didalamnya.

  1. Perawatan Burung Kolibri

Cara selanjutnya apabila anda ingin burung berkembang biak dengan baik, maka berikan pakan dan minum yang baik pula. Berikan pakan dan minum secara rutin pada burung.  Pakan yang bisa anda berikan diantaranya yaitu kroto, air gula, susu dan air putih matang.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan terkait dengan materi burung kolibri: jenis, klasifikasi, ciri morfologi, dan cara berternaknya. Semoga saja dapat menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.