Burung Nuri: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

 

Burung Nuri

Apakah anda sudah tau mengenai burung nuri? Burung nuri adalah jenis burung yang memiliki ukuran sedang dengan panjang sekitar 43 cm. Burung nuri sendiri merupakan salah satu jenis hewan yang dilindungi. Pada umumnya burung ini memiliki karakteristik yang begitu unik, diantaranya adalah warna tubuh antara burung nuri yang jantan dan betina berbeda.

Burung jantan burung nuri memiliki warna bulu hijau, sedangkan yang betina bewarna merah. Secara kebiasaan, burung ini bisa melakukan aktivitas dengan aktif. Selain itu mereka juga cenderung melakukan aktivitasnya secara berpasang – pasangan dan jarang sekali berkelompok.

Burung nuri

Sebagai informasi bahwa burung nuri termasuk hewan yang menyukai makanan seperti biji – bijian, kacang – kacangan, dan buah – buahan. Biasanya burung ini juga hidup didaerah hutan tertutup, walaupun saat mencari makan mereka cenderung memilih lahan yang terbuka.

Selain itu burung nuri juga menyukai tinggal di pohon yang yang tinggi, dan mereka dapat menghasilkan telur sekitar 2 – 3 butir. Umumnya burung nuri ini akan mengerami telurnya sekitar 17 – 23 hari. Tambahan informasi bahwa burung nuri persebarannya sudah meluas mulai dari negara Indonesia sampai ke Australia.

Jenis Burung nuri

Melalui deskripsi diatas maka kita bisa mengenal burung nuri dan tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui jenis – jenis burung nuri agar bisa menambah wawasan. Berikut dibawah ini adalah jenis – jenis burung nuri yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Burung nuri bayan

Jenis burung nuri yang pertama bernama burung nuri bayan. Perlu anda ketahui bahwa burung yang satu ini mempunyai nama latin yaitu eclectus roratus. Spesies burung nuri yang satu ini berasal dari kepulauan Solomon, Nugini, Maluku, Sumba, dan Australia bagian timur laut.

Burung nuri bayan ini disebut juga sebagai jenis burung dimorfik seksual. Artinya adalah diantara kedua jenis burung tersebut mulai dari yang jantan dan betina mempunyai perbedaan mencolok sehingga langsung bisa dikenali antara satu sama lain. Biasanya burung nuri bayan yang betina warna tubuhnya lebih didominasi dengan warna merah dengan kombinasi kebiru – unguan. Sedangkan burung  nuri bayan yang jantan cenderung memiliki warna hijau cerah pada tubuhnya.

Kemudian burung ini juga bisa bertahan hidup sampai 50 tahun lamanya, asalkan dirawat dan dipelihara dengan baik. Sebagai informasi bahwa burung bayan nuri juga dikenal memiliki sifat yang pandai, cerdas, ramah, tenang, lembut, dan menyukai sosialisasi. Semu ini tergambarkan dalam kebiasaan burung nuri yang suka bergerombol dengan kawan – kawannya. Akan tetapi burung ini juga sangat mudah stress jika diabaikan dan tidak dirawat dengan baik.

  1. Burung nuri amazon berleher kuning

Jenis burung nuri yang kedua adalah burung nuri amazon berleher kuning. Pertama membaca tulisan ini pasti anda sudah berfikir bahwa burung nuri yang satu ini mempunyai leher dengan warna kuning? Dan jawaban anda memang betul, bahwa leher burung ini berwarna kuning cerah.

Selain itu, burung nuri amazon ini juga sangat cerdas dan suka mencari perhatian agar selalu dilihat dan dipindang oleh setiap pasang mata. Perlu anda ketahui pula, bahwa spesies burung nuri yang satu ini juga dikenal sangat setia dan bisa menjalin ikatan yang begitu dekat dengan pemilik dan perawatnya.

Akan tetapi anda juga harus tahu, bahwa burung nuri amazon berleher kuning bisa menjadi sangta agresif saat waktu tertentu. Tepatnya adalah disaat mereka sudah memasuki waktu kematangan seksual dan mengalami peningkatan hormone. Tingkat keagresifan burung ini bisa terjadi mulai dari usia 4 bulan hingga 1 tahun.

Klasifikasi Burung nuri

Setelah mengenal burung nuri mulai dari ulasan singkat dan jenisnya maka anda juga perlu mengetahui klasifikasi dari burung nuri tersebut. Klasifikasi burung nuri adalah nama – nama ilmiah atau taksonomi pada burung tersebut yang berguna untuk membedakan jenis burung nuri dengan burung lainnya. Dibawah ini yang termasuk klasifikasi burung nuri adalah sebagai berikut :

  1. Kingdom : Animalia
  2. Filum : Chordata
  3. Kelas : Aves
  4. Ordo : Psittaciformes
  5. Family : Psittacidae
  6. Genus : Eclectus
  7. Spesies : E. roratus

Ciri Morfologi Burung nuri

Ciri morfologi burung nuri adalah keunikan atau karakteristik yang ada pada masing – masing bagian tubuh burung dan dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Bulu

Ciri morfologi pertama pada burung nuri bisa dideskripsikan melalui bulunya. Perlu anda ketahui bahwa bulu pada burung ini berfungsi untuk menutupi tubuhnya dan menambahkan kesan keindahan. Hal ini dikarenakan bulu pada burung ini mempunyai warna yang sangat beragam mulai dari merah, biru, hijau, kuning dan lain sebagainya.

Uniknya warna – warna bulu pada burung nuri sangat cerah sehingga ketika dipandang bisa membuat mata fresh dan senang. Bulu burung nuri juga berjumlah banyak dan bertekstur halus.

  1. Sayap

Karakteristik morfologi kedua pada burung nuri adalah bagian sayapnya. Seperti yang kita tahu bahwa sayap pada burung berfungsi untuk terbang dan hal ini juga terjadi pada sayap burung nuri. Umumnya burung nuri memiliki sayap yang bewarna merah maupun biru, semua tergantung dari jenis burung nuri itu sendiri. Perlu anda ketahui pula sayap yang dimiliki burung nuri juga sangat kuat dengan ukuran yang tidak terlalu lebar.

  1. Dada

Bagian selanjutnya yang menjadi ciri khas dari burung nuri adalah dadanya. Perlu anda ketahui bahwa bagian dada burung ini mmiliki warna merah, ungu  ataupun biru, yang mana masing – masing tergantung dari jenis burung nuri tersebut. Ukuran dada juga tidak terlalu besar, mengingat bahwa burung nuri juga memiliki panjang yang tidak begitu luas.

  1. Paruh dan Punggung

Ciri morfologi terakhir yang dimiliki burung nuri adalah bagian paruh dan punggung. Umumnya burung nuri mempunyai paruh bewarna hitam, sedangkan punggungnya bewarna biru keunguan. Ukuran paruh burung nuri yang jantan biasanya lebih besar dari burung nuri yang betina.

Cara Berternaknya Burung nuri

Apabila anda ingin memelihara burung nuri dan memperbanyak jumlahnya, maka ada beberapa hal atau cara yang bisa dilakukan untuk membudidayakan burung tersebut. Berikut dibawah ini langkah – langkah beternak burung nuri yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Pemilihan indukan burung nuri

Tentukan indukan burung nuri yang berkualitas dan hal ini bertujuan agar nantinya burung tersebut dapat menghasilkan anakan yang baik pula. Maka dari itu tahap ini adalah tahap penting yang tidak boleh sembarangan dilakukan, anda harus memilih induk burung nuri yang sehat, aktif bergerak, memiliki warna tubuh yang tidak kusam, dan tidak memiliki cacat pada tubuhnya. Semua hal tersebut adalah beberapa kriteria kualitas burung nuri yang harus anda ketahui, agar tidak salah memilih indukan yang baik.

  1. Persiapan kandang ternak burung nuri

Setelah pemilihan induk burung nuri selesai, maka anda perlu mempersiapkan kandang bagi burung tersebut. Kandang sendiri digunakan agar bisa melindungi burung dari berbagai gangguan hewan lain maupun cuaca yang tidak menentu. Pastikan pula bahwa anda membuat kandang burung nuri dengan baik dan nyaman, agar burung tersebut betah didalamnya.

Berikan pula wadah minum dan makan dalam kandang agar burung bisa makan dalam rumahnya sendiri. Selain itu juga bisa memudahkan anda agar lebih praktis dalam memberinya makan, yaitu tinggal menaruh makanan di dalam kandang.

  1. Cara menjodohkan dan mengawinkan indukan burung nuri

Proses ternak akan berhasil bila burung nuri mengalami masa perkawinan. Sebelum masa tersebut terjadi maka anda haru melakukan penjodohan terlebih dahulu antara burung nuri yang jantan dan betina. Caranya yaitu pisahkan kandang antara burung nuri jantan dan betina, namun letakkan secara berdekatan. Apabila keduanya saling menarik perhatian dan tidak merasa terganggu maka masa penjodohan ini bisa dikatakan berhasil.

Setelah itu masukan kedua burung tersebut dalam kandang yang sama, dan biarkan mereka lebih mengenal. Pada saat proses perkawinan terjadi maka jangan ganggu burung dan berikan pula pakan yang cukup.

  1. Cara merawat burung nuri

Apabila burung nuri sudah berhasil memperoleh anakan, maka cara yang perlu anda lakukan adalah merawat burung tersebut hingga tumbuh dewasa. Salah satu perawatannya yaitu memberinya makan dengan rutin setidaknya 3 kali dalam sehari.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan terkait dengan materi burung nuri: jenis, klasifikasi, ciri morfologi, dan cara berternaknya. Semoga saja dapat menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.