Ciri Kelapa dan Manfaatnya Secara Umum

Diposting pada

Karakteristik Kelapa dan Manfaatnya

Kelapa atau dalam Bahasa Latin Cocos nucifera adalah spesies pohon palem yang tumbuh setinggi sekitar 30 meter dan banyak dibudidayakan di daerah beriklim tropis. Ini adalah salah satu dari sekitar 2.600 spesies dalam famili Arecaceae dan itu adalah satu-satunya spesies yang ada di dalam genus Cocos. Istilah “kelapa” (atau “cocoanut“) dapat merujuk pada seluruh pohon kelapa, biji, atau buah, yang secara botani adalah buah berbiji, bukan kacang.

Kelapa berbeda dari buah-buahan lain karena endospermanya mengandung sejumlah besar cairan bening, disebut “air kelapa”. Untuk memperluas pengetahuan kita tentang kelapa, artikel ini akan mengulas tentang ciri tanaman kelapa dan manfaatnya.

Tanaman Kelapa

Nama kelapa atau dalam Bahasa Inggris coconut  berasal Bahasa Portgis dan Spanypl coco pada abad ke-16, yang berarti “kepala” atau “tengkorak” setelah tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah. Asal-usul tanaman banyak menjadi kontroversi, dengan beberapa pihak berwenang mengklaim tanaman ini asli dari Asia Selatan, sementara yang lain mengklaim tanaman ini berasal dari Amerika Selatan bagian barat laut.

Catatan fosil dari Selandia Baru menunjukkan bahwa tanaman kecil seperti kelapa tumbuh di sana selama 15 juta tahun yang lalu. Bahkan fosil yang lebih tua telah ditemukan di Rajasthan, TamilNadu, Kerala, dan Maharashtra, India.

Terlepas dari asalnya, kelapa telah menyebar di banyak daerah tropis, dibantu dalam banyak kasus oleh orang-orang yang berlayar di laut. Buahnya ringan dan apung dan sering tumbuh di tempat yang bisa disebarkan dengan air; agaknya kelapa telah menyebar jarak yang signifikan oleh arus laut.

Ciri Kelapa

Berikut ini ciri-ciri dari tanaman kelapa, antara lain adalah sebagai berikut;

Akar

Kelapa merupakan tanaman monokotil yang tidak memiliki akar tunggang. Bakal akar atau radikula pada bibit tunas mengalami pertumbuhan memanjang ke arah bawah selama 6 bulan dengan panjang akar mencapai 15 cm dan memiliki toleransi garam yang tinggi.

Akar kelapa memiliki susunan yang terdiri atas serabut utama yang tumbuh secara vertical dan horizontal. Serabut utama atau primer ini akan bercabang membentuk akar sekunder yang memiliki arah pertumbuhan ke atas dan ke bawah.

Akar sekunder tersebut mengalami pertumbuhan lagi menjadi akar tersier. Perakaran tanaman kelapa bisa mencapai 8 m secara vertical dan 16 m secara horizontal.

Batang

Pohon pada tanaman kelapa tidak dianggap sebagai pohon sejati, karena tidak memiliki kulit kayu atau cabang, melainkan merupakan satu makna batang besar, sedikit lebih besar di bagian bawah. Akan tetapi, tidak semua pohon kelapa dapat tumbuh tinggi.

Pohon kelapa bisa kerdil dan tinggi. Pohon kelapa kerdil dapat mencapai ketinggian 20 hingga 60 kaki, sementara pohon kelapa tinggi tumbuh hingga ketinggian 98 kaki.

Daun

Daunnya kelapa merupakan daun tunggal dengan bentuk tulang daun menyirip. Pada bagian pelepah daun terbentuk 2 baris duri tajam di kedua sisinya dan keras. Anak-anak daun tersusun berbaris dua-dua sampai ke ujung daun. Tulang daun keras yang terdapat di bagian tengan setiap anak daun biasa kita sebut denga lidi.

Bunga

Setelah tanaman kelapa berumur sekitar 3 tahun, akan muncul bunga jantan dan bunga betina pada kelapa yang sama, sehingga disebut monoecious. Sumber lain menggunakan istilah poligamomonoecus. Bunga betina jauh lebih besar dari bunga jantan.

Pada pengertian bunga jantan memiliki bentuk yang lonjong memanjang, sedangkan bunga betina bentuknya agak membulat. Tanaman kelapa mengalami penyerbukan silang.

Buah

Kelapa diklasifikasikan sebagai drupe,  yaitu buah yang membungkus bijinya dalam lapisan keras seperti batu. Kelapa memiliki tiga lapisan:

  1. Exocarp yaitu lapisan yang halus dan hijau
  2. Mesocarp yaitu lapisan berserat yang berlignin
  3. Endocarp yaitu lapisan berwarna coklat, seperti kulit yang mengelilingi daging kelapa yang berwarna putih dan air kelapa yang ada di dalamnya.. Buah kelapa berbentuk oval dengan diametetr sekitar 10-20 cm.

Bibit

Bibit pohon kelapa adalah beberapa yang terbesar di dunia. Nuts berbentuk oval biasanya selebar 12 kali 10 inci. Buah kelapa hijau berubah coklat saat matang. Biji kelapa diproduksi sepanjang tahun dengan pepohonan rata-rata 50-200 kelapa setiap tahun.

Bibit atau benih ini beradaptasi dengan baik untuk bertahan hidup saat mengambang di lautan selama bertahun-tahun. Sekam berserat tahan airnya terbungkus dalam lapisan luar yang keras yang disebut exocarp.

Manfaat Kelapa Secara Umum

Kelapa kelapa saat ini ditanam di seluruh dunia tropis, untuk dekorasi serta untuk banyak penggunaan kuliner dan non-kulinernya. Hampir setiap bagian dari pohon kelapa memiliki kegunaan manusia. Berikut ini pemanfaatan bagian-bagian tanaman kelapa:

Daging: Makanan, Santan, dan Tepung

Ini adalah bagian kelapa yang paling banyak digunakan. Anda dapat memakan buah dari pohon kelapa, dan ini adalah tanaman yang paling umum digunakan. Kelapa bisa dimakan mentah atau dimasak, dan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang kuat.

Selain dimakan secara langsung, daging buah kelapa dapat dijadikan santan setelah diparut dan diperas tentunya. Santan digunakan untuk masakan. Anda juga dapat menggunakannya sebagai pengganti susu jika Anda memiliki alergi susu.

Santan adalah kondisioner rambut yang sangat baik. Ini akan membuat rambut Anda lembut dan berkilau serta meningkatkan kesehatan rambut dengan mengurangi rambut rontok.

Air Kelapa: Minuman Sehat dan Menyegarkan

Air kelapa berbeda dengan santan. Ketika Anda memecahkan cangkang keras untuk membuka buah, ia memiliki air yang agak manis di dalamnya yang dikenal karena manfaat kesehatannya yang ekstrem. Minuman alami yang luar biasa ini sangat populer selama musim panas. 

Minyak Kelapa: Untuk Memasak, Kulit, dan Rambut

Minyak kelapa cukup populer saat ini karena rasanya yang unik dan menarik. Bahkan digunakan sebagai pengganti mentega dalam banyak resep. Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi daripada minyak seperti zaitun atau kanola, sehingga dampaknya terhadap kesehatan adalah subjek yang kontroversial.

Asam laurat dalam minyak kelapa dipercaya sangat baik untuk kesehatan, karena fakta itu meningkatkan kekebalan dan dapat melindungi dari beberapa penyakit. Minyak kelapa bukan hanya untuk memasak. Ini adalah kondisioner yang bagus untuk rambut. Penggunaan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut kering menjadi lembut dan halus.

Cangkang (Batok) Kelapa: Untuk Mengukus Makanan dan Kerajinan

Cangkang keras buah kelapa juga bermanfaat. Ini secara tradisional digunakan di rumah untuk mengukus makanan. Cangkang juga merupakan bahan kerajinan yang populer. Banyak barang kerajinan indah terbuat dari batok kelapa.

Sabut Kelapa: Tali, Bahan Penggosok, Kerajinan Alami

Ada sejumlah kegunaan sabut kelapa. Ini dapat digunakan sebagai penggosok alami untuk membersihkan piring makan, gelas, kapal lain, dan bahkan lantai. Sabut kelapa juga digunakan sebagai bahan kerajinan. Misalnya, Anda bisa mewarnai dan menggunakannya sebagai rambut untuk boneka.

Orang-orang di banyak daerah pedesaan mencari nafkah dengan membuat tali dari sabut kelapa, dan ini adalah bisnis yang menguntungkan. Ini sebenarnya tugas yang sulit dan membutuhkan kerja manual yang sangat besar. Orang-orang bekerja dalam kelompok besar di pabrik-pabrik sabut untuk membuat tali dan tikar dari sabut kelapa.

Daun Kelapa: Jerami, Pembungkus Ketupat

Daun pohon kelapa sangat besar dan indah. Orang-orang telah menggunakan daun-daun ini untuk membuat pagar serta atap untuk gubuk-gubuk kecil mereka, dan di banyak tempat, orang masih menggunakannya untuk membuat jerami. Ini menghemat biaya dan menyediakan tempat berlindung bagi banyak orang yang tidak mampu membayar biaya dari bahan lain.

Ketika lebaran menjelang, tentunya Anda tahu bukan bahwa ketupat yang kita makan dibungkus dengan menggunakan daun kelapa?. Bahkan daun kelapa tidak hanya bermanfaat bagi manusia. Tahukah Anda bahwa daun kelapa adalah salah satu makanan favorit gajah?

Lidi: Sapu

Daun kelapa memiliki batang daun (lidi) tebal di bagian tengahnya yang dapat digunakan untuk membuat sapu. Sangat mudah untuk merakit lidi dan mengikatnya dengan benang untuk membuat sapu, yang kita kenal dengan sapu lidi.

Kayu: Bahan Bakar di Dapur Tradisional

Sabut kelapa, cangkang, daun, batang daun, dan batang bunga dapat digunakan untuk bahan bakar di dapur tradisional. Di tempat-tempat dengan banyak pohon kelapa, masih banyak ditemukan kayu untuk perapian dari bagian-bagian kelapa tersebut.

Bunga: Obat-obatan

Manfaat bunga pada kelapa memiliki banyak kegunaan, lantaran tanaman ini juga digolongkan sebagai obat. Adapun untuk bunga kelapa bahan-bahannya seringkali dipergunakan sebagai banyak pengobatan tradisional di Indonesia.

Baca juga;

  1. Manfaat Cangkang Kelapa Sawit dalam Kehidupan
  2. Teknik Budidaya Kelapa Sawit dalam Pertanian
  3. Pengertian Kelapa Sawit, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaatnya

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang telah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan ciri-ciri tanaman kelapa dan manfaatnya secara umum. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *