Ciri Rambutan dan Manfaatnya Secara Umum

Diposting pada

Ciri Rambutan dan Manfaatnya

Pernahkan Anda makan buah rambutan? Tentunya buah yang satu ini sudah task asing lagi bukan? Buah rambutan yang memiliki nama latin nephelium lappaceum merupakan tanaman buah yang berasa dari wilayah tropis. Buahnya seringkali berwarna merah tetapi kadang-kadang kuning. Ketika dikupas, itu di dalamnya terdapat daging buah berwarana putih yang manis menempel pada biji.

Besar kemungkinan bahwa rambutan adalah asli dari kepulauan Melayu. Namun, asal-usul rambutan senidiri tidak jelas karena telah dibudidayakan untuk waktu yang sangat lama. Saat ini, pohon rambutan kebanyakan dibudidayakan di Asia Tenggara. Ini juga menjadi populer di negara-negara tropis lainnya, terutama Amerika Tengah.

Rambutan

Banyak orang dari dunia bagian barat (western part) tidak terbiasa dengan buah rambutan, karena buah berasal dari daerah Melayu-Indonesia, dan daerah tropis lain di Asia Tenggara. Namun kini tanaman yang satu ini juga telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, seperti Australia dan Amerika Tengah.

Buah ini terutama dikenal karena kemiripannya dengan leci dan buah lengkeng, terutama dagingnya yang transparan-keputihan dan terdapat biji di dalamnya yang terletak di tengah-tengah daging buah. Ini karena ketiganya sebenarnya adalah kerabat dekat

Meskipun ketiganya mirip, penutup luar atau cangkangnya lah yang yang membedakannya. Buah rambutan dapat dengan mudah diidentifikasi karena duri lunak berwarna hijau (jika masih muda) dan merahnya yang menyerupai rambut.

Tidak ada perbedaan rasa yang signifikan antara rambutan, leci, dan lengkeng, tetapi rambutan cenderung sedikit lebih segar dan lebih manis.

Ciri Rambutan

Berikut ini beragam ciri-ciri tanaman rambutan, antara lain;

Batang

Pohon rambutan di habitat aslinya dapat tumbuh hingga 25 meter, tapi jika dibudidayakan tinginya hanya sekitar 5-9 meter. Tanaman ini memiliki tajuk yang cukup rimbun dengan diameter 5-10 meter. Dalam arti batang rambutan terbentuk dari kayu keras berbentuk silinder, kulit batangnya berwarna coklat cenderung abu-abu dengan permukaan berkerut. Percabangannya cenderung horisontal kadang agak mengarah ke atas.

Daun

Rambutan termasuk tanaman yang selalu hijau sepanjang masa (evergreen). Daun tanaman ini berbentuk lonjong atau memanjang dengan ujung tumpul meruncing. Warna daun rambutan hijau muda hingga hijau tua, hal tersebut tergantung pada varietasnya.

Bunga

Arti bunga rambutan berukuran kecil 2,5-5 mm, yang muncul di ujung cabang pada ketiak daun. Bunga ini berwarna putih kekuning-kuningan, tersusun dalam bentuk tandan (malai) yang berukuran 15-30 cm. Setiap tandan terdiri atas 50-2000 kuntum bunga.

Buah

Buah rambutan berbentuk bulat telur, atau ellipsoid, yang berukuran 3,4-8 cm (1 1/3 hingga 3 1/8 in). Warnanya merah muda-merah, merah cerah atau merah tua, oranye-merah, merah marun atau ungu tua, merah kekuningan, atau semua kuning atau oranye-kekuningan.

Daging buah, yang sebenarnya adalah aril, tembus cahaya, keputihan atau merah muda sangat pucat, dengan rasa manis, agak asam. Kulitnya yang tipis dan kasar ditutupi dengan tuberkel yang masing-masing memanjang dari tulang lunak, berdaging, merah, merah muda, atau kuning dengan panjang 0,5-2 cm (1/5 hingga 3/4 in), ujungnya meruncing dalam beberapa jenis.

Biji

Biji tunggal berwarna coklat mengkilap, dengan ukuran 1-1,3 cm. Biji ini lembut dan mengandung porsi lemak jenuh dan tak jenuh yang sama, di mana asam arakhid (34%) dan oleat (42%), masing-masing, memiliki kandungan lemak tertinggi. Pendefisian biji ini bisa dimasak dan dimakan.

Penyerbukan

Penyerbukan tanaman rambutan dilakukan oleh beragam jenis lebah, tapi yang paling banyak dilakukan oleh Trigona, lebah kecil tanpa sengat berukuran sebesar lalat. Di berbagai apiari, bunga rambutan juga menjadi sumber utama nektar bagi lebah peliharaan.

Pembiakan Tanaman

Biji rambutan, setelah dikeluarkan dari buahnya dan dicuci secara menyeluruh, harus ditanam secara horizontal dengan sisi yang rata ke bawah agar bibitnya tumbuh lurus dan memiliki sistem akar yang kuat dan normal. Biji akan berkecambah dalam 9 sampai 25 hari, semakin awal, semakin kuat benih.

Nutrisi dan fitokimia

Buah rambutan mengandung beragam nutrisi tetapi dalam jumlah sedang, dengan hanya mangan yang memiliki kandungan sedang pada 16 persen dari Nilai Harian per 100 g yang dikonsumsi.

Sebagai daging buah tidak berpigmen, rambutan tidak mengandung konten polifenol yang signifikan, tetapi kulitnya yang berwarna-warni menunjukkan beragam asam fenolik, seperti asam syringik, coumaric, gallic, caffeic, dan ellagic yang memiliki aktivitas antioksidan in vitro.

Aroma buah rambutan yang menyenangkan berasal dari berbagai senyawa organik yang mudah menguap, termasuk beta-damascenone, vanillin, asam phenylacetic, dan asam cinnamic.

Hama dan Penyakit

Hama yang banyak menyerang tanaman rambutan diantaranya yaitu: ulat penggerek batang, kutu putih/kutu kupas, ulat jengkal, ulat penggerek buah, hama Tirathaba dan berbagai jenis hama lainnya (ulat kantong, tungau, rayap, bajing, dan kalong).

Sedangkan penyakit yang menyerang tanaman rambutan diantaranya yaitu: benang putih, embun tepung, jamur upas, kanker batang, busuk buah, bercak daun, penyakit akar putih.

Manfaat Rambutan Secara Umum

Buah rambutan adalah konglomerasi vitamin dan mineral, semua terbungkus dalam paket kecil yang manis dan berair. Meskipun ukurannya kecil, itu sebenarnya mengemas sejumlah besar vitamin C (40 miligram11), yang penting untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap sehat.

Ini juga merupakan sumber tembaga yang baik. Meskipun tubuh hanya membutuhkan jumlah yang terbatas dalam sistem, tembaga bekerja bersama dengan zat besi dalam menjaga pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, tulang, dan produksi sel darah merah pada kondisi puncaknya.

Rambutan juga merupakan sumber zat besi yang baik, yang karenanya memakan buah ini sangat berguna untuk pemeliharaan dan produksi sel darah merah.

Manfaat buah rambutan lainnya meliputi:

Membantu menyehatkan pencernaan

Kandungan serat rambutan yang tinggi dalam metabolisme makanan, mencegah sembelit. Rambutan juga rendah kalori, yang membantu mendorong penurunan berat badan dan menahan rasa lapar yang tiba-tiba.

Menangkal pathogen

Rambutan terkenal karena sifat antiseptiknya yang membantu tubuh melawan infeksi. Buah ini juga mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang dapat membantu membunuh mikroba dan mengurangi risiko kanker.

Membunuh parasit usus

Satu penelitian menunjukkan bahwa biji rambutan memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu menghilangkan parasit di perut Anda. Namun, perhatikan bahwa biji harus dipanggang atau direbus sebelum layak dikonsumsi manusia.

Membantu proses pembentukan tulang

Kandungan fosfor dalam Rambutan bertanggung jawab untuk ini., Fosfor juga membantu dalam produksi dan penyimpanan energi.

Membantu mengais radikal bebas

Kulit rambutan mengandung asam galat dalam jumlah besar, yang berfungsi sebagai pemulung radikal bebas. Bantuan senyawa ini dapat membantu mengurangi risiko kanker dan kerusakan oksidatif lebih lanjut

Penggunaan Rambutan tidak harus fokus pada buah saja, karena bagian-bagian lainnya memiliki manfaat. Contohnya yaitu:

  1. Daun rambutan dapat digunakan untuk perawatan rambut. Hancurkan daun menjadi pasta, tambahkan air dan peras ekstraknya. Oleskan ekstrak ke rambut dan kulit kepala Anda. Ini dapat meningkatkan kesehatan rambut

Daunnya bisa digunakan untuk mengobati demam juga. Rebus beberapa daun dalam tiga gelas air, lalu saring. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari untuk membantu tubuh Anda pulih. Daunnya juga berfungsi untuk meredakan sakit kepala. Hancurkan daun rambutan dan oleskan pada pelipis Anda untuk membantu mengatasi migrain.

  1. Biji rambutan dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Hancurkan biji menjadi pasta dan oleskan pada kulit Anda untuk membuat warna kulit Anda lebih merata. Menggunakan pasta secara teratur dapat membantu kulit Anda menjadi lebih lembut dan sehat dalam jangka panjang.

Biji juga dapat membantu penderita diabetes menurut laporan berita yang diterbitkan di New Straits Times. Ambil bijinya, potong-potong kecil-kecil dan biarkan kering selama beberapa hari. Giling biji menjadi bubuk halus dan campur dengan air panas. Minum sekali hingga tiga kali sehari, sebelum makan. Ini dapat membantu Anda mempertahankan gula darah pada tingkat yang sehat.

Nah, demikianlah serangkaian tulisan yang telah kami selesaikan secara lengkap terkait dengan ciri khas tanaman rambutan dan manfaatnya secara umum. Semoga melalui artikel ini dapat dijadikan referensi serta wawasan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *