Ciri Morfologi Rumput Laut

Diposting pada

Ciri Morfologi Rumput Laut

Diakui atau tidak rumput laut dengan nama latin eucheuma cottonii yang dikembangbiakkan di Indonesia adalah salah satu jenis rumput laut dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi dan mempunyai bentuk dan karakteristik yang bervariasi. Tetapi yang pastu, untuk perbedaan morfologi tumbuhan rumput laut jenis satu dengan lainnya terletak pada bentuk thallusnya. Adapun untuk bentuk thallus rumput laut ada yang berbentuk bulat seperti tabung ataupun pipih, namun ada juga bentuk bulat yang seperti kantong ataupun rambut.

Disisi lain, ciri fisik rumput laut secara taksonomi tumbuhan termasuk ke dalam divisio thallophyta dan menurut kandungan pigmennya rumput laut terbagi menjadi empat kelas yaitu agla hijau, alga hijau biru, alga coklat, dan alga merah.

Rumput Laut

Rumput laut adalah arti tumbuhan yang mendominasi tumbuhan laut. Dimana karakteristik khas rumput laut terdiri dari ganggang hijau, ganggang coklat, dan ganggang merah. Sehingga gangang tersebut dapat digunakan sebagai sumber produk bahan alami hayati lautan yang potensial dan dapat digunakan sebagai bahan mentah atau dapat menjadi produk olahan dalam berbagai jenis tanaman pangan.

Ciri Morfologi Rumput Laut

Berikut penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri rumput laut;

  1. Holdfest

Holdfset menyerupai dengan bagian arti akar tumbuhan tingkat tinggi. Namun dari segi fungsi dan struktur pembentukkanya sangatlah berbeda. Artinya yang menyerupai dengan bagian akar tanaman tingkat tinggi hanyalah bentuknya saja.

Oleh karena itu, karena hanya ada perbedaan fungsi dan struktur pembentuk semacam itu, maka wajar saja jika akar rumput laut tidak disebut dengan akar. Namun, secara langsung disebut dengan holdfest.

  1. Stipe

Stipe adalah bagian arti batang tanaman yang khusus. Hanya jenis tanaman tingkat tinggi sajalah yang mempunyai bagian batang dengan jenis ini. Fungsi dari bagian stipe atau batang rumput laut yaitu untuk menjalankan proses fotosintesis. Selain itu, stipe juga berguna dalam proses penyerapan kandungan hara dan air.

  1. Blade

Rumput laut tidak mempunyai daun namun mempunyai unsur tumbuhan tingkat tinggi yang menyerupai yang biasa dikenal dengan blade. Sehingga hal inilah yang membedakan antara jenis rumput laut dengan rumput laut lainnya.

Fungsi dari bagian blade adalah untuk menjalankan proses fotosintesis dan berguna dalam proses penyerapan nutrisi dan air. Senyawa tersebut, rumput laut dapat bertumbuh dan berkembangbiak dengan baik dan sehat. Bentuk thallus sendiri sangatlah bervariasi, ada yang berbentuk bulat seperti tabung, gepeng, dan pipih. Namun, ada juga yang berbentuk bulat seperti kantung ataupun berbentuk rambut.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang ciri rumput laut dikenal dengan algae, dapatlah dikatakan bahwa secara morfologi tidak ada perbedaan antara akar, daun, dan batang antara satu jenis algae dengan jenis algae lainnya. Hal ini dikarenakan oleh semua unsur tubuh dari rumput laut yaitu unik yang dikenal dengan sebutan thallus. Adapun unsur ini hanya dapat dijelaskan secara biologi tanaman dengan ketiga bagian yaiu holdfast, stipe, dan blade.

Sehingga prihal ini dalam uapaya mendukung pertumbuhan rumput laut dibutuhkan ketersediaan unsur hara dalam perairan. Oleh karena itu kandungan hara ke jaringan melalui proses difusi yang terdapat di bagian seluruh permukaan tubuh rumput laut.

Nah, itulah saja artikel lengkap yang bisa dituliskan pada semua pembaca berkenaan dengan ciri-ciri morfologi tanaan rumput laut dan penjelasan lengkapnya. Semoga bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *