6 Ciri Morfologi Semangka

Diposting pada
Ciri Semangka
Ciri Semangka

Tanaman semangka atau Citrullus vulgaris merupakan tanaman yang berasal dari Afrika. Tanaman ini awalnya ditanam sekitar 4.000 tahun SM maka tidak heran jika mengkonsumsi buah semangka sudah menyebar ke seluruh belahan dunia. Semangka tergolong ke dalam keluarga buah labu- labuan dan terdapat 750 jenis. Tanaman ini adalah tanaman semusim yang hidup secara merambat dan mempunyai keanekaragaman jenis.

Tanaman semangka

Tanaman semangka mempunyai morfologi seperti batang yang lunak, berambut, dan panjannya dapat mencapai 1,5 hingga 5 meter. Daun semangka juga bertangkai, dan helaian daunnya lebar dan berbulu. Jenis semangka antara lain semangka merah, semangka kuning, semangka biji, dan semangka non biji.

Semangka membutuhkan ketersediaan air yang banyak sebab buah semangka terdiri atas 90% air. Namun, semangka tidak butuh digenangi terus menerus. Akar tanaman akan mati sebab kandungan oksigen yang berkurang untuk proses respirasi jika di lingkungan yang perakarannya dialiri terus menerus oleh air. Semangka menyukai lahan yang gembur dan subu serta terdapat kandungan organik yang cukup dan sistem drainase yang baik.

Pengertian tanaman semangka

Tanaman semangka merupakan tanaman semusim yang hidupnya secara merambat hingga mencapai panjang 3 sampai 5 meter. Ciri-ciri tanaman semangka ini berbatang lunak, berambut, dan panjangnya dapat mencapai 3 sampai 5 meter. Tanaman semangka ini berkembeng ke berbagai negara misalnya Jepang, Tiongkok, dan Indonesia. Namun, saat ini semangka sudah dibudidayakan di negara lain seperti India, Jepang, dan Tiongkok.

Jenis semangka antara lain semangka merah, semangka kuning, semangka biji, dan semangka non biji. Bagian kulit semangka terdapat banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan. Kulit semangka terdapat zat sitrlin. Buah semangka yang tidak mempunyai biji umumnya sudah diberikan hormon atau zat pengatur tumbuhan dengan metode partenopel. Sementara buah semangka yang berbiji kecil memiliki warna hitam mengkilat.

Morfologi Tanaman Semangka

Berikut morfologi tanaman semangka, antara lain:

  1. Daun Semangka

Morfologi pertama yang dibahas yaitu daun semangka. Daun semangka jika dilihat mempunyai pola selang seling dan terdapat tangkai daun. Sementara untuk perayaan daunnya mempunyai tekstur yang khas yakni semangka, lebar dan berbulu menjari serta ujungnya yang cukup runcing dan panjang daunnya tidak terlalu besar.

Lebar daun sekitar antara 3 sampai 25 cm dan lebar maksimal dapat mencapai 5 cm. Bagian tepi daun tanaman semangka mempunyai tekstur berkembang bersamaan di bagian permukaan bawah.  Bagian daun berambut rapat di bagian tulangnya.

Disebabkan adanya proses fotosintesis yang cukup tinggi dilakukan oleh semangka tersebut. Ditambah lagi sebab buah semangka sendiri adalah buah yang berukuran besar sehingga fotosintesis, daun dan ketersediaan air haruslah optimal saat berada di fase pertumbuhan.

  1. Batang Semangka

Morfologi kedua yang dibahas dari semangka yaitu bagian batang semangka. Batang semangka memanglah unik sebab hapir menyerupai dengan beberapa tanaman perdu lain dimana batang semangka bukanlah tegak dan tumbuh ke atas. Akan tetapi, tumbuh menjalar maupun merambat,batang semangka tumbuh merambat dan dapat mencapai kurang lebih dari 5 meter.

Sementara itu, sifat dari batang semangka yakni lunak dan persegi serta terdapat tekstur menyerupai rambut. Tanaman semangka ini memang hanya dapat dibudidayakan atau ditanah di tanah saja. Selanjutnya bagian batang tersebut nantinya akan merambat secara melebar. Maka buah semangka yang nanti terbentuk akan mudah tumbuh dan mempunyai ukuran yang cukup besar.

  1. Bunga Semangka

Selanjutnya adalah bagian dari morfologi bunga semangka. Bunga semangka akan muncul sebelum buah terbentuk maka nantinya akan muncul dan tumbuh di bagian ketiak daun dan mempunyai warna kuning cerah.

Terdapat tiga jenis bunga yang terdapat di tanaman semangka yang biasanya dikenal dengan bunga jantan dan bunga betina dan bunga sempurna atau dikenal sebagai hermaprodit namun biasanya tanaman semangka ini mempunyai bunga jantan dan bunga betina dengan rasio 7 banding 1 maka akan lebih banyak bunga jantan dibandingkan bunga yang memiliki jenis kelamin betina. Namun, hal tersebut tidak mengurangi adanya proses pembuahan dan perbanyakan tanaman semangka melalui bunga.

  1. Akar Semangka

Morfologi tanaman semangka yang selanjutnya dibahas yaitu bagian akar. Tak dapat dipungukiri bahwa tiap tanaman pasti mempunyai sistem perakaran untuk membantu dalam menopang tanaman tersebut.

Akan tetapi, tanaman semangka atau buah semangka terletak di permukaan tanah dan hidup secara merambat. Sehingga bagian akar ini yang digunakan tidaklah terlalu besar dan terlalu dalam. Sistem perakaran pada tanaman semangka yaitu sistem perakaran serabut, dengan bagian cabang yang sangatlah banyak untuk membantu dalam proses penyerapan air secara optimal namun sangat dangkal.

  1. Buah Semangka

Morfologi berikutnya yakni bagian buah semangka. Buah semangka mempunyai bentuk yang cukup besar dengan bentuknya yang bulat atau lonjong dengan diameter mencapai 20 cm. Secara fisik, buah semangka ini mempunyai bentuk yang bermacam- macam bahkan dari hasil riset. Terdapat buah semangka yang berbentuk kotak atau kubus yang terkenal terkhusus di negara Jepang keudian bagaimana dengan morfologi lainnya.

Jika dilihat dari kulit buahnya, maka terlihat menyelimuti daging buah yang berdaging dan tebal permukaan luarnya cukup terlihat licin dan daging kulitnya mempunyai warna putih yang biasa dikenal dengan albedo, cukup untuk melindungi bagian buah yang terdapat di dalam buah. Ternyata, bagian kuit ini bisa melindungi bagian dalam buah. Warna kulit buah sebenarnya sangatlah bermacam sebab warna kulit buah ada yang berwarna hijau tua.

Akan tetapi, ada pula yang berwarna kuning keputihan dan hijau muda dengan garis putih. Daging buah sangatlah renyah dan mempunyai kandungan air yang sangat tinggi. Maka tak heran jika masyarakat luar negeri saat musim panas sering mengonsumsi buah semangka untuk meningkatkan kadar air di dalam tubuh.

  1. Biji Semangka

Selanjutnya adalah morfologi biji semangka. Biji semangka mempunyai bentuk yang unik yakni mempunyai warna hitam dan berbentuk pipih memanjang dan nampak mengkilat. Bahkan terdapat semangka yang tidak mempunyai biji dan hanya diproduksi oleh beberapa tanaman yang telah dimodifikasi terlebih dahulu. Dan ada juga proses budidaya atau penggunaan tanaman semangka yang menggunakan biji.

Akan tetapi, ada juga yang menggunakan metode lain hal ini terjadi sebab tanaman semangka sendiri diberikan hormon khusus, jika tidak muncul biji. Tetapi, bagaimana pun ada pula biji tanaman semangka yang dapat membantu produksi buah semangka akan menyebabkan lebih mudah.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh pembaca tentang materi ciri morfologi tanaman semangka. Semoga saja dapat menambah ilmu pengetahuan dan menjadi referensi bagi kalian semua yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.