Contoh Home Industri Yang Ada Pada Saat Ini

Diposting pada

Contoh Kagiatan Home Industri

Home industry (biasanya ditulis atau dieja home industri) atau usaha rumahan merupakan usaha yang dilakukan di rumah, atau dengan kata lain tempat tinggal yang merangkap tempat usaha, baik itu berupa usaha jasa, kantor hingga perdagangan. Sebagaimana namanya yaitu home industri, maka kegiatan ini berpusat di sebuah rumah keluarga tertentu dan biasanya domisili dari para karyawan tidak jauh dari rumah produksi tersebut.

Biasnya secara geografis dan psikologis, mereka memiliki hubungan yang dekat (pemilik usaha dan karyawan), hal itu memungkinkan terjalinnya komunikasi lebih mudah. Saat ini, terdapat usaha-usaha yang termasuk dalam kategori home industri, contohnya yaitu berjualan ice cream, bakso, gorengan, bisnis cuci mobil/motor, bisnis laundry, dan beragam contoh usaha lainnya baik yang bergerak dalam bidang perdagangan maupun jasa.

Home Industri

Home industri adalah sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat usaha produk barang atau jasa. Home industri bisa dikatakan sebagai perusahaan kecil, karena jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan di rumah atau dengan skala kecil.

Definisi usaha kecil sebagaimana yang tercantum dalam UU No. 9 Tahun 1995, menyebutkan bahwa usaha kecil ialah usaha dengan kekayaan bersih paling banyak Rp 200 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) dengan hasil penjualan tahunan paling banyak Rp1.000.000.000.

Contoh Home Industri Yang Ada Pada Saat Ini

Berikut ini beberapa contoh home industri yang ada di msyarakat pada saat ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Usaha Produksi dan Jualan Ice Cream 

Usaha rumahan yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi di masyarakat, karena ice termasuk makanan yang disukai semua orang terutama anak anak dan kalangan remaja, terlebih dengan beragam variasi rasa yang banyak seperti strobery, coklat, anggur, mangga, vanila, melon dan lain-lain.

Untuk Anda yang tertarik untuk membuka usaha jualan es krim, ada 2 pilihan bisnis es krim yang bisa Anda pilih, yang pertama yaitu usaha jenis soft ice cream atau es krim yang lembut, dan yang kedua yaitu jenis hard ice cream atau es krim yang keras.

Untuk memulai usaha soft ice cream dibutuhkan modal biaya kurang lebih Rp 17 juta untuk pembelian skop ice cream, mesin pembuat ice cream, freezer, bahan bubuk es krim, booth portable, kursi, meja dan baskom es krim.

Usaha Bisnis Online

 Home Industri Usaha Bisnis Online

Ini merupakan industri rumahan yang bisa dilakukan di dunia maya. Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis yang satu ini sedang marak dan booming. Bisnis online bisa diartikan sebagai usaha yang dilakukan di internet baik berupa menjual jasa ataupun produk fisik.

Potensi keuntungan yang didapatkan juga sangat besar. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa untuk berbelanja secara online. Terdapat banyak jenis usaha rumahan yang sedang trend di internet, misalnya dropshipper, reseller, supplier, publisher adsense, blogger, youtuber dan lain-lain.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak terlalu besar. Bekal utama yang dibutuhkan yaitu laptop, ponsel dan koneksi internet. Dengan modal kecil dan potensi keuntungan yang besar, menjadikan bisnis online sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini dan di masa depan.

Usaha Penulis Freelance 

Menjadi penulis freelance juga bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk bisa  menghasilkan uang hingga jutaan rupiah perbulan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuka usaha jasa penulis artikel lepas secara online.

Upaya promosi juga bisa dilakukan secara online, misalnya menggunakan media sosial, marketplace dan forum seperti instagram, facebook, line, twitter, olx, ads id, dan lain-lain. Jika usaha jasa penulisan artikel Anda sudah berkembang pesat, maka Anda bisa merekrut tenaga penulis tambahan.

Usaha Bakso 

Bakso menjadi salah satu jenis kuliner yang disukai banyak orang, sebab kelezatan cita rasa yang dimiliki dan harga cukup terjangkau bagi semua kalangan. Berdasarkan penuturan dari  para pengusaha bakso, laba penjualan bakso dapat mencapai ratusan juta rupiah perbulan.

Usaha Makanan Khas Daerah Contoh Home Industri Makanan Khas Daerah

Masing-masing daerah mempunyai arti makanan khas yang berbeda-beda., misalnya di Sukabumi ada kue moci, di Yogyakarta adalah gudeg, di Sumedang ada cemilan tahu sumedang, di Bandung ada Peuyeum Bandung, di Madiun ada pecel, Padang terkenal dengan rendang, dan Palembang tersohor dengan pempek dan lain sebagainya. Hal itu juga bisa menjadi  peluang bisnis industri rumahan.

Usaha Jasa Cuci Motor dan Mobil 

Semakin banyak volume kendaraan yang berlalu-lalang di sekitar kita bisa menjadi peluang bisnis tersendiri yaitu jasa cuci motor dan mobil. Anda dapat menjalankan usaha ini di halaman rumah yang strategis.

Usaha Jasa Cuci Pakaian/Laundry 

Bisnis yang satu ini kini juga sedang popular. Budaya masyarakat yang semakin berkembang menginginkan segala hal menjadi lebih praktis dan simple, termasuk dalam mencuci pakaian, terutama mereka yang disibukkan dengan urusan pekerjaan di kantor dan kampus, sehingga tak sempat untuk mencuci pakaian sendiri.

Ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membuka usaha laundry di rumah. Terlebih lagi jika rumah Anda terletak di wilayah yang strategis, misalnya di komplek perumahan, sekitar kampus, perkantoran, dekat kost-kostan dan tempat strategis lainnya. Sebagai modal awal, Anda dapat memanfaatkan mesin cuci yang Anda miliki di rumah.

Bisnis Pakaian/Fashion 

Seiring berkembangnya tren dalam bidang fashion, ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untung besar. Bisnis yang dapat Anda lakukan yaitu membuka usaha produksi fashion atau konveksi maupun reseller dan dropshipper.

Perkembangan teknologi juga akan semakin memudahkan kita dalam memasarkan produk bukan hanya secara offline, tapi via online juga bisa dilakukan. Salah satu contoh produk pakaian yang saat ini sedang laris adalah busana muslim atau jilbab syar’i.

Usaha Pom Mini 

Membuka usaha pom mini juga bisa menjadi peluang bisnis tersendiri bagi Anda. Anda dapat membuka usaha pom mini di depan rumah yang letaknya strategis. Modal yang Anda butuhkan untuk membeli mesin pom mini sekitar Rp 4 juta.

Usaha Service Elektronik 

Bukan hanya kendaraan bermotor yang semakin bertambah jumlahnya, barang elektronik pun juga semakin mengalami peningkatan jumlah pengguna. Barang elektronik tersbeut meliputi handphone, radio, televisi, komputer, laptop, kulkas, tape recorder, blender, setrika dan lain sebagainya.

Seiring berjalan waktu, barang-barang tersebut akan mengalami kerusakan. Ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang memiliki ketrampilan untuk memperbaiki barang-barang elektronik, yaitu dengan membuka jasa servis atau perbaikan  barang elektronik.

Usaha Daur Ulang Sampah 

Ternyata sampah juga bisa menjadi peluang usaha tersendiri melalui proses yang kita kenal dengan daur ulang, yaitu proses pengolahan sampah menjadi barang-barang yang mampu dipergunakan lagi.

Daur ulang bisa diawali dengan memilah sampah untuk lebih mempermudah pengolahan atau daur ulangnya. Modal utama yang dibutuhkan adalah kreatifitas dan daya imajinasi Anda.

Misalnya botol bekas bisa menjadi vas bunga, bohlam lampu bekas dapat berubah menjadi pot bunga, tentunya hal itu membutuhkan sentuhan kreativitas Anda untuk menjadikan barang-barang bekas menjadi barang yang dapat digunakan kembali dengan tampilan yang lebih menarik.

Usaha Mengolah Kain Perca Gambar Home Industri Kain Perca

Selain daur ulang sampah, pengolahan kain perca juga bisa menjadi peluang usaha tersendiri. Hal ini tentunya juga membutuhkan kreativitas dan daya imajinasi Anda. Misalnya Anda bisa menggunakan kain perca untuk membuat tas anak, sarung bantal, celemek memasak, sprei, dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Semakin kreatif karya Anda maka nilai jualnya pun akan semakin tinggi. Sehingga, Anda pun juga bisa semakin mengembangkan kualitas produk dari usaha industri rumahan Anda dengan olahan berbagai jenis serta motif.

Usaha Abon Lele 

Abon merupakan salah satu makanan yang masih menjadi primadona di hati masyarakat Indoneisa. Abon sapi dan abon ayam sudah biasa dikonsumsi, tapi Anda bisa mencoba untuk membuat abon lele.

Selain lebih terjangkau dari segi ekonomis, keunggulan usaha ini dari segi produktifitas adalah Anda bisa membudidayakan sendiri lele yang Anda gunakan sebagai bahan dalam membuat abon. Baca juga; Pengertian Frozen Food, Ciri, dan Contohnya Produknya

Usaha Tahu Crispy 

Usaha yang satu ini juga bisa menjadi salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Banyak yang menyukai olahan tahu yang satu ini. Untuk menjual tahu crispy, Anda dapat membuka lapak usaha di pinggir jalan atau memasok bahan mentah tahu crispy ke sejumlah pedagang tahu crispy keliling atau pinggir jalan.

Usaha Gorengan Home Industri Usaha Gorengan

Makanan yang satu ini juga banyak disukai masyarakat kita. Selain untuk camilan, gorengan juga sebagai menu teman nasi atau dengan kata lain sebagai lauk. Ada banyak camilan gorengan yang dapat Anda buat, misalnya pisang molen, pisang goreng, bala bala, singkong goreng, ubi goreng, karoket, tahu pedas, dan lain sebagainya.

Anda dapat membuka gerai usaha aneka gorengan menggunakan gerobak di pinggir jalan sekaligus sebagai pemasok aneka gorengan kepada para pedagang gorengan keliling.

Nah, itulah tadi serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh usaha home industri yang mudah ditemukan pada saat ini. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *