Contoh Makanan Karbohidrat dalam Keseharian

Diposting pada
Contoh Makanan Karbohidrat
Makanan adalah salah satu kebutuhan primer manusia selain sandang (pakaian) dan papan (rumah) yang harus dipenuhi. Makanan adalah salah satu hal yang menunjukan bahwa kita manusia adalah makhluk hidup. Dari manfaat makanan manusia dapat menghasilkan energi untuk beraktivitas dalam kehidupan kesehariannya.

Makanan merupakan bahan olahan dari sumber daya alam hayati yang diolah sedemikian rupa agar aman dikonsumsi, sehat, dan juga memiliki rasa yang lezat untuk menarik minat dan nafsu makan. Banyak sekali kandungan dari makanan sehingga perlu pola yang sehat agar pemenuhuan gizi seimbang. Salah satu kandungan gizi yang sangat penting dan sangat diperlukan manusia adalah karbohidrat. Oleh karena itulah pada artikel ini akan menguraijan jenis makanan karbohidrat.

Makanan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa organik yang tersusun dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Semua itu terdiri dari satu atau lebih molekul gula sederhana yang dimanfaatkan oleh tubuh manusia sebagai sumber tenaga.

Jadi dapat dikatakan bahwa makanan biasanya tak hanya berupa karbohidrat yang simpleks, namun juga berupa karbohidrat kompleks yang penyusunnya berupa gugusan gula sehingga tubuh akan lebih lama memecah senyawa menjadi lebih sederhana.

Contoh Makanan Karbohidrat

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat antara lain, adalah sebagai berikut;

  1. Nasi Putih

makanan karbohidrat nasi
Nasi Putih

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang banyak kita jumpai karena menjadi bahan pokok utama di Indonesia. Tanaman padi adalah tanaman penghasil beras yang kemudian diolah menjadi nasi sangat banyak dibudidayakan sehingga secara statistik konsumsi nasi di Indonesia yang paling tinggi.

Kandungan karbohidrat pada nasi putih sebesar 28 gram per 100 gram berat total sehingga cukup tinggi untuk pemenuhan standar gizi karbohidrat. Selain kandungan karbohidrat, terdapat juga zat gizi lainnya seperti protein lemak kalsium dan lain sebagainya.

  1. Roti

makanan karbohidrat roti
Roti

Roti merupakan makanan dengan karbohidrat yang berasal dari olahan tepung terigu. Tepung roti dibuat adonan dan diberikan ragi agar mengembang sehingga tekstur pada roti menjadi lebih empuk. Kandungan karbohidat pada roti berkisar 49 gr per 100 gram takaran makanan.

Beberapa masyarakat di Eropa maupun Amerika roti sering disajikan sebagai menu sarapan dengan campuran selai sebagai tambahan agar meningkatkan cita rasa sekaligus pengisi energi di pagi hari.

  1. Oatmeal

Makanan Karbohidrat Oatmeal
Oatmeal

Oatmeal merupakan sereal yang biasanya dikonsumsi ketika sarapan di pagi hari. Oatmeal berasal dari oat dan campuran susu. Kandungan pada oatmeal selain karbohidrat yaitu protein, lemak, serat dan vitamin B komplek folat, dan juga zat besi.

Oatmeal merupakan salah satu makan yang rendah lemak sehingga baik dikonsumsi bagi para pegiat diet sekaligus mengurangi resiko kolestrol. Beberapa masyarakat yang sudah mulai menerapkan pola makan sehat, oatmeal menjadi salah satu makanan  yang dianjurkan.

  1. Sagu

Makanan karbohidrat Sagu
Sagu

Sagu merupakan hasil olahan dari pohon sagu yang berasal dari batang pohon. Tanaman ini menghasilkan banyak kandungan pati pada bagian teras batang yang akan diolah menjadi tepung sagu. Tepung sagu di daerah Indoensia Bagian Timur menjadi makanan pokok sebagai alternatif pengganti nasi.

Kandungan karbohidrat dari hasil olahan batang sagu berkisar 85,6 gr per 100 gr takaran makanan. Untuk kebutuhan pengganti nasi, kandungan gizi dari tanaman ini lebih banyak daripada karbohidrat pada tanaman lain.

  1. Yogurt

Makanan karbohidrat Yogurt
Yogurt

Yogurt adalah makanan hasil dari fermentasi susu yang mengandung karbohidrat kompleks. Kandungan karbohidrat pada yogurt berkisar 3,6 gr per 100 gr takaran makanan. Pada dasarnya kandungan dari yogurt hampir sama dengan kandungan susu akan tetapi akibat dari proses fermentasi menyebabkan perubahan beberapa kandungan pada susu seperti asam lemak dan juga kandungan probiotik di dalamnya.

Kandungan probiotik di dalam yogurt memiliki banyak keunggulan salah satunya untuk memperlancar pencernaan. Selain pencernaan, kandungan probiotik mampu meningkatkan imu dari tubuh kita karena probitotik berperan dalam membantu penguraian makanan di dalam tubuh sehingga nutrisi pada makanan yang kita konsumsi dapat lebih cepat diserap.

  1. Kentang

Makanan karbohidrat Kentang
Kentang

Tanaman kentang merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang banyak dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan cukup stabil. Kandungan karbohidrat yang dimiliki kentang adalah 17 gr per 100 gr takaan makanan.

Kentang dapat dimakan dengan cara direbus maupun digoreng. Kentang dengan cara penyajiaan direbus merupakan car penyajian untuk mengurangi konsumsi lemak dan pola makan sehat.

  1. Nasi Beras Merah

makanan karbohidrat Nasi Beras Merah
Nasi Beras Merah

Nasi berah merah hampir sama dengan nasi putih pada umumnya, namun yang membedakan adalah warna dan kandungan dari beras merah itu sendiri. Beras merah memiliki corak warna merah agak keunguan pada setiap bulirnya. Sehingga perbedaan ini menjadikan beras merah lebih mudah dikenali ciri khasnya.

Kandungan karbohidrat pada nasi beras merah adalah 23 gr per takaran makanan. Kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah dari pada nasi dari beras biasa. Namun, kandungan serat pada beras merah lebih tinggi dari pada nasi putih biasa.

  1. Kacang Hijau

makanan karbohidrat kacang hijau
Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan tanaman polong-polongan yang memiliki kandungan serat, protein dan juga karbohidrat. Kandungan karbohidrat dari kacang hijau 30 gr dan beberapa zat gizi lainnya seperti kalsium, protein, serat, vitamin B komplek dan sejenisnya.

Kacang hijau dapat diolah menjadi makanan dengan mengolah biji dengan campuran air dan diperas sarinya untuk menghasilkan susu. Kandungan dari susu kedelai yang mengandung karbohidrat dan juga serat yang menyababkan kenyang lebih lama.

  1. Ubi Jalar

makanan karbohidrat ubi jalar
Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu tanaman jenis umbi-umbian yang sering dipasarkan karena memiliki kandunga pati atau karbohidrat kompleks yang cukup tinggi. Tanaman ubi jalar di beberapa daerah memiliki kelebihan yaitu dengan rasanya yang manis seperti salah satunya umbi cilembu.

Umbi cilembu merupakan produk lokal yang memiliki rasa yang cukup khas yaitu apabila bakar atau direbus akan menghasilkan rasa yang manis dan tekstur umbi yang empuk. Tanaman ini biasa dikonsumsi

  1. Mie

makanan karbohidrat mie
Mie

Mie merupakan produk olalah yang dihasilkan dari tepung terigu, dengan bentuk dibuat seperti tali memanjang, dan penyajiannya dengn cara direbus. Kandungan karbohidrat pada mie cukup tinggi. Kandungan karbohidrat pada mie berkisar 25 gr per 100 gr takaran makanan

Mie banyak digunakan sebagai bahan olahan makanan karena termasuk makanan yang praktis dalam pengolahannya. Di beberapa daerah mie juga beragam jenisnya seperti mie bihun, mie sohun dan lain-lain.

  1. Kurma

makanan karbohidrat kurma
Kurma

Kurma merupakan salah satu makanan berjenis buah yang berasal dari negara timur tengah. Kurma memiliki kandungan gula yang tinggi yang merupakan gugus simpleks. Kandungan karbohidrat kurma berkisar 75 gr per 100 gr takaran makan

Buah kurma biasanya cocok dikonsumsi ketika berbuka puasa karena tubuh memerlukan energi dari karbohidrat dan kandungan gula sederhana dapat dengan cepat dipecah oleh tubuh untuk diolah menjadi energi.

  1. Singkong

Makanan karbohidrat Singkong
Singkong

Tanaman singkong dapat dikategorikan tanaman berkarbohidrat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia pada kehidupan sehari-hari. Bagian singkong yang diambil adalah bagian umbinya. Kandungan karbohidrat pada singkong berkisar 36,8 gr per 100 gr takaran makanan.

Hasil olahan berbegai jenis singkong biasanya dapat dijadikan gethuk atau makanan khas yang berasal dari Jawa sebagai makanan alternatif atau jajan tradisional.

  1. Kedelai

makanan karbohidrat kedelai
Kedelai

Kacang kedelai merupakan hasil pertanian ketiga tertinggi setelah padi dan jagung sebagai sumber bahan pangan. Sumber pangan di Indonesia berasal dari komoditas yang mengandung banyak karbohidrat. Kandungan karbohidrat pada kacang kedelai berkisar 63 gr per 100 gr takaran makanan. Kandungan.

Kedelai sering diolah menjadi baha baku pembuatan makanan seperti tahu dan tempe. Selain itu, sari kedelai diolah menjadi susu sebagai minuman kesehatan kaya karbohidrat dan protein.

  1. Kacang Merah

Makanan karbohidrat Kacang Merah
Kacang Merah

Selain kacang hijau dan kacang kedelai, kacang merah juga termasuk tanaman polong yang memiliki banyak serat dan vitamin. Tanaman ini juga diklaim sebagai konsumsi karbohidrat tambahan untuk ibu hamil dan menyusui. Kandungan karbohidrat pada kacang merah berkisar 60 gr per 100 gr takaran makanan.

Dalam kondisi tertentu, kandugan folat pada kacang merah sangat penting untuk keperluan ibu menyusui. Dengan mengonsumsi kacang merah produksi asi dapat menignkat dari kondisi biasanya dan hal ini juga baik untuk kebutuhan bayi.

  1. Kacang Tanah

makanan karbohidrat kacang tanah
Kacang Tanah

Kacang tanah adalah salah satu kelompok kacang-kacangan yang menghasilkan karbohidrat. Kandungan karbohidrat dari kacang tanah adalah 16 gr per 100 gr takaran makanan. Hasil panen dari kacang tanah dapat diolah langsung dengan cara disangrai atau dipanggang, dapat juga diolah menjadi produk kacang-kacangan lainnya seperti kacang telu dan sejenisnya.

  1. Jagung

makanan karbohidrat jagung
Jagung

Jagung merupakan tanaman pangan yang banyak dibudidayakan di Indonesia setelah padi. Tanaman ini mengandung berbagai zat gizi seperti protein, lemak, dan juga karbohidrat. Kandungan karbohidrat pada jagung berkisar 69,1 gr per 100 gr takaran makanan.

Biji jagung digunakan sebagai pembuat tepung yaitu tepung maizena atau dapat diolah menjadi nasi jagung. Hasil olahan biji jagung juga dapat diolah menjadi salad maupun makanan olahan lainnya.

  1. Keju

makanan karbohidrat keju
Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang berasal dari hasil olahan susu. Keju merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan sering dijadikan pendamping makanan utama seperti roti, mie, pasta dan sebagainya. Kandungan karbohidrat pada keju berkisar 1,6 gr per 100 gr takaran makanan. Selain karbohidrat, keju juga kaya akan protein dan juga kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang.

  1. Beras Ketan

gambar karbohidrat beras ketan
Beras Ketan

Beras ketan merupakan makanan yang menjadi bahan olahan pada tape maupun kue moci. Olahan beras ketan akan memberikan kesan lebih kenyal karena hasil olahan beras mengandung amilosa yang rendah. Beras ketan merupakan makanan hasil olahan padi ketan yaitu oryza sativa glutinosa. Kandungan karbohidrat pada beras ketan berkisar 21 gr pr 100 gr takaran makanan.

  1. Santan

makanan karbohidrat santan
Santan Kelapa

Santan adalah hasil olahan dari parutan daging buah tanaman kelapa. Parutan dari daging kelapa ditambahkan air dan kemudian diperas untuk mendapatkan sari kelapa. Kandungan karbohidrat pada santan berkisar 6 gr per 100 gr takaran makanan.

Hasil olahan santan dapat dijadikan sebagai campuran adonan maupun penyedap rasa. Meskipun terdapat kandungan karbohidrat pada santan, namun kandungan gizi utamanya adalah lemak.

  1. Gula Pasir

Makanan karbohidrat gula pasir
Gula Pasir

Gula merupakan hasil olahan tanaman perkebunan dari tanaman tebu. Kandungan dari tanaman tebu merupakan gugus gula simpleks sehingga kandungan karbohidratnya sangat tinggi. Kandungan karbohidrat gula pasir berkisar 94 gram per 100 gr takaran makan.

Namun, gula pada kehidupan sehari-hari oleh tubuh hanya memerlukan 2 sendok makan atau sekitar 25 gr pr hari. Hal ini dianjurkan utnuk menjaga kondisi gula darah agar mengurangi resiko diabetes.

Itulah tadi ulasan lengkap yang bisa kami bagikan pada semua pembaca. Berkaitan dengan contoh makanan karbohidrat yang mudah ditemukam dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan referensi bagi semua pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *