Contoh Makanan Protein dalam Keseharian

Diposting pada

Makanan Protein

Arti makanan protein merupakan makanan yang berkualitas bagi kesehatan dari berbagai aspek. Aspek tersebut antara lainnya menurunkan berat badan, lemak dalam perut dan mampu meningkatkan kekuatan dan massa otot. Konsumsi makanan protein yang teratur dengan protein yang tinggi mampu melawan penyakit diabetes dan menurunkan tekanan darah.

Manafaat makanan protein juga turut berperan dalam pertumbuhan sel, jaringan, horman dan otot. Protein digunakan oleh tubuh untuk berbagai tujuan antara lain pertumbuhan sel-sel baru, menjalankan fungsi tubuh secara normal dan memperbaiki jaringan. Protein yang dibutuhkan oleh manusi, direkomendasikan untuk perempuan yaitu 46 gram dan untuk laki-laki yaitu 56 gram.

Makanan Protein

Makanan yang mengandung protein biasanya untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Jenis protein yang dikonsumsi bisa berasal dari tumbuhan (nabati) atau hewan (hewani).  Tanpa makanan protein yang cukup maka menyebabkan kualitas kesehatan tubuh akan tergangu. Sebab itu, mengonsumsi makanan protein merupakan bagian dari program diet sehat untuk membantu sistem tubuh dan jaringan supaya bekerja dengan baik.

Makanan yang berprotein tinggi bermanfaat dalam perbaikan jaringan yang rusak dan membentuk otot tubuh. Makanan berprotein tinggi juga berperan dalam metabolisme pembakaran lemak dan memperlambat karbohidrat yang dilepas ke dalam aliran tubuh. Protein mampu mencegah adanya gula darah yang melonjak tiba-tiba yang disebabkan lemak yang tersimpan dan tingkat energi yang menurun.

Pengertian Makanan Protein

Makanan protein adalah makanan yang harus dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh karena dapat mengurangi atau mencegah adanya kerusakan pada jaringan tubuh sehingga dapat menyembuhkan dengan cepat.

Protein yang dikonsumsi apabila tidak sesuai kebutuhan tubuh maka akan menyebabkan gangguan pada tubuh misalnya kelebihan protein berakibat kinerja berat pada ginjal dan hati, kenaikan amoniak darah, dan kenaikan ureum darah.

Contoh Makanan Protein

Makanan protein dapat berasal dari tumbuhan (nabati) dan hewan (hewani).Berikut contoh makana protein yang dapat dikonsumsi dalam keseharian:

  1. Telur

Gambar Protein Telur
Makanan Protein Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung protein yang cukup tinggi bagi tubuh dan dapat membentuk otot secara sempurna. Telur banyak dikonsumsi dan hampir tersedia di rumah karena harganya relatif terjangkau dan kaya protein. Telur mempunyai kandungan asam amino esensial yang cukup tinggi yang tidak dimiliki oleh makanan lainnya. Telur mempunyai protein lengkap yang menyediakan semua dari sembilan asam amino esensial.

Telur mampu menjaga kesehatan kardiovaskular, mengatasi masalah metabolisme dan menurunkan berat badan (diet sehat). Telur yang mengandung protein tinggi yaitu telur bebek. Telur bebek mengandung protein berjumlah 13,1 gram per 100 gram. Untuk telur ayam mengandung 12 gram per 100 gram. Ukuran telur kecil berkisar 35-40 gram dan mengandung protein berkisar 4-5 gram. Telur berukuran besar berkisar 60 gram mengandung protein 8 gram.

  1. Susu

Gambar Makanan Protein Susu
Makanan Protein Susu

Susu merupakan sumber protein hewani tinggi baik untuk kebutuhan tubuh seperti telur. Susu dapat memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Lemak dalam susu mampu membantu dalam penyerapan nutrisi yang larut seperti vitamin D berfungsi dalam pertumbuhan tulang.

Susu memberikan manfaat kesehatan yang cukup besar karena semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terkandung pada susu. Susu kaya akan kalsium, fosfor dan vitamin B2. Satu gelas susu terdapat kandungan protein berkisar 8 gram dan kalori berkisar 149 kalori.

  1. Dada Ayam

Dada ayam merupakan makanan protein yang tinggi. Biasanya dada ayam dimasak dengan cara direbus atau dipanggang dan tanpa kulit.

Satu porsi dada ayam mengandung protein berkisar 53 gram dan kalori berkisar 284 kalori. Dada ayam mengandung protein daripadabagian dari jenis unggas lainnya. Protein yang tinggi pada dada ayam biasanya digunakan dalam program diet sehat dan membentuk otot serta pertumbuhan tulang.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan dari susu organik. Yogurt mengandung protein berkisar 17 gram. Biasanya yogurt digunaan adalah yogurt plain tanpa lemak, satu cup cair dapat digunakan sebagai santapan lezat yang sehat dan sumber protein tinggi.

Yogurt juga mengandung bakteri probiotik yang mampu menjaga pencernaan dan perumbuhan tulang karena kandungan kalsium yang tinggi. Yogurt banyak dinikmati karena tekturnya creamy dan rasa lezat serta bervariasi serta banyak nutrisi yang terkandung.

  1. Keju Cottage

Keju cottage adalah makanan protein tinggi yang dapat membentuk otot disebabkan kandungan kasein protein sehingga pembentukan otot dapat sempurna. Kandungan protein keju cottage berkisar 14 gram per setengah cangkir penyajian.

Keju cottage juga mengandung sodium yang tinggi maka Anda perlu memperhatikan label nutrisi pada kemasan sehingga Anda bisa memilih keju cottage yang mengandung sodium lebih rendah.

  1. Keju Swiss

Makanan keju swiss mengandung protein berkisar 8 gram per 1 oz setiap porsinya. Keju Swiss mengandung lebih banyak protein daripada jenis keju yang lain. Jika kamu ingin mengonsumsi keju swiss merupakan pilihan tepat untuk menemani kamu dengan burger atau roti. Kandungan kalori keju Swiss tergolong tinggi sehingga dikhawatirkan dapat membuat gemuk badan sehingga Anda perlu memilih keju Swis yang rendah lemak.

  1. Tuna Kuning

Kandungan protein pada tuna kuning berkisar 25 gram per 3 oz porsi. Kandungan tersebut membuat tuna kuning menjadi hewan laut yang berprotein tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan kalum dan dada ayam.

Tuna kuning mengandung vitamin B dan selenium sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, Tuna kunig mengandung lemak dan kalori yang rendah serta berbagai nutrisi. Satu porsi tuna dapat mengandung protein berkisar 39 gram dan kalori berkisar 179 kalori.

  1. Ikan halibut

Ikan halibut atau yang biasa dikenal dengan sebutan ikan gepeng. Ikan gepeng hanya bisa dilihat sebelah karena bentuknya seperti memiliki 1 sisi saja. Ikan gepeng mengandung protein berkisar 23 gram per 3 oz untuk satu porsinya.

Ikan tuna gepeng mempunyai kandungan protein tinggi yang berperan dalam membentuk otot-otot, Ikan gepeng dari Samudra Pasifik dianggap lebih baik dibandingkan ikan gepeng dari Samudra Atlantik.

  1. Cumi-cumi

Kandungan protein pada cumi-cumi berkisar 25 gram per 3 oz satu porsinya. Cumi-cumi berguna dalam pemenuhan nutrisi tubuh. Protein pada cumi-cumi yang tinggi berguna dalam membantu pembentukan otot-otot.

  1. Ikan Nila

Ikan nila merupakan ikan jenis air tawar yang biasa dijual pada warung atau restoran-restoran. Ikan ini merupakan sumber protein yang tinggi untuk pemenuhan nutrisi tubuh. Kandungan protein pada ikan nila berkisar 21 gram per 3 o setiap porsi. Ikan nilai kebanyakan disajikan pada masakan Jawa Tengah.

  1. Daging (Kornet)

Kandungan protein pada kornet berkisar 24 gram per 3 oz setiap porsinya. Kornet atau daging kaleng dari sapi ini mengandug protein yang tinggi untuk membentuk otot-otot dan program diet sehat. Penyajian daging kornet ini cukup mudah hanya menumisnya dengan sayuran yang telah dicincang dan disajikan dengan nasi. Daging kornet juga bisa disajikan dengan sandwich atau burger.

  1. Udang

Udang merupakan hewan jenis air laut yang memiliki kalori yang rendah dan kandungan gizi cukup tinggi seperti vitamin B12, asam lemak omega 3, dan selenium Udang mengandung protein berkisar 18 gram dan kalori berkisar 84 kalori per 3 ons setiap porsinya.

  1. Tahu

Tahu adalah produk olahan dari kedelai yang telah difermentasi.Tahu mengandung protein tinggi, harga relatif terjangkau dan bergizi. Tahu rendah lemak dan mudah untuk dimasak seperti digoreng atau ditumis dengan sayuran-sayuran lainnya atau bisa dibuat semur atau lainnya. Kandungan protein pada tahu berkisar12 gram per 3 oz setiap porsinya.

  1. Edamame

Edamame merupakan kacang kedelai yang berasal dari Jepang dan dikenal banyak orang dengan kedelai berpolong besar. Kacang ini mampu menyediakan protein berkisar 8 gram pada satu setengah porsi cangkir. Edamame mengandung kalori 120 kkal, lemak 2,5 gram,karbohidrat 13 gram dan protein 11 gram.

Kacang ini juga mengandung banyak serat dan nutrisi serta protein. Edamame mudah untuk disiapkan dan dimasak/disajikan sesuai selera bisa dijadikan sbagai cemilan atau lauk pendamping.

  1. Bubuk Kakao

Bubuk tanaman kakao pada dua sendok makan mengandung 2 gram protein. Bubuk kakao dapat ditambahkan pada puding sebagai perasa dan perwarna atau oatmel untuk meningkatkan manfaat dari sajian makanan tersebut. Bubuk kakao mengandung serat dan magnesim yang penting dalam pertumbuhan otot.

  1. Kacang Lentils

Kacang lentil atau biasa dikenal dengan istilah miju-miju merupakan kacang lunak yang dijual dalam bentuk kering. Kacang ini tidak perlu direndam atau direbus terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi sayur. Kandungan protein pada kacang lentil berkisar 18 gram per satu cangkir.

Kacang lentil juga termasuk makanan karbohidrat yang mengandung folat, mangan, kalium, besi, fosfor, dan vitamin B. Lentil bagus digunakan dalam menstabilkan pH tubuh, menjaga gula darah, membantu pencernaan dan kesehatan jantung.

  1. Biji Quinoa

Biji Quinoa mengandung protein berkisar 8 gram per 1 gelas sajian. Quinoa merupakan tanaman serealia yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti makana pokok misalnya roti, kentang, gandum, bahkan nasi. Quinoa mengandung asam amino esensial yang lengkap untuk membantu pembentukan otot tubuh.

  1. Kacang Chickpea

Kacang chickpea mengandung protein berkisar 6 gram dan kacang ini biasa dicampur dengan salad, sup atau bisa ditumis dengan seafood atau daging. Kacang ini biasa dikenal dengan sebutan kacang garbanzo.

  1. Selai kacang

Kandungan protein pada selai kacang berkisar 8 gram per dua sendok makan setiap porsinya. Selai kacang dapat menjadi solusi alternatif bagi yang sedang program dieat karena protein yang tinggi.

  1. Kacang hijau

Gambar Makanan Protein Kacang Hijau
Makanan Protein Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung protein berkisar 22,2 gram per 100 gram makanan. Kacang hijau juga menyimpan berbagai mineral seperti kalsium, fosfor,besi, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Salah satu keuntungan mengonsumsi kacang hijau adalah dapat mencegah atau memperlambat perkembangan tumor atau kanker.

  1. Tepung susu skim

Tepung susu skim mengandung protein berkisar 35,6 gram dan kandungan lainnya seperti karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Tepung ini kaya akan sumber protein sehingga dapat menambah protein bagi tubuh Anda.

  1. Dada Kalkun

Dada kaklun dikonsumsi karena sumber protein yang baik bagi tubuh dan cocok bagi program diet dan pembentukan otot-otot. Dada kalkun bisa didapatkan di super market karena tidak banyak yang menjual dada atau daging kalkun.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca yang berhubungan dengan contoh makanan mengandung protein dari hewan dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan edukasi bagi kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *