5 Contoh Moluskisida dan 2 Fungsinya

Diposting pada

Contoh Moluskisida

Dunia pertanian adalah hal yang tentunya tidak asing lagi dengan moluskisida. Bahan ini diperlukan untuk membantu para petani untuk merawat tanamannya. Moluskisida adalah substansi kimia yang digunakan untuk mengendalikan berbagai hama seperti keong mas(Pomacea canaliculataL.) yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai contoh-contoh dari moluskisida berta dengan fungsinya.

Moluskisida

Moluskisida adalah jenis pestisida yang secara spesifik yang digunakan dalam pengendalian hama tanaman terkhusus jenis moluska. Yang tergolong ke dalam hama moluska antara lain keong, janggel, lintah, bekicot, dan trisipa. Biasanya produk moluska berbentuk seperti butiran pasir. Penggunaan moluskisida dengan cara ditabur pada sekitar tanaman.

Moluskisida berasal dari bahasa Yunani yaitu molluscus yang bermakna binatang bertubuh lembek atau tipis. Molukisida adalah jenis pestisida yang berperan dalam membasmi jenis moluska seperti siput setengah telanjang, bekicot, sumpil dan siput terlanjang. Moluskisida terdapat kandungan aktif yaitu Metaldehyde.

Contoh Moluskisida

Berikut ini merupakan contoh-contoh moluskisida adalah sebagai berikut.

  1. Moluskisida Siputox 5G

Siputox 5G adalah jenis moluskisida yang berperan dalam membasmi hama seperti siput lintah, bekicot, siput babi dan trisipa. Siputox 5G berkandungn bahan aktif yaitu Metaldehyde berkisar 5%. Moluskisida berbentuk seperti butiran yang bereaksi melalui kontak langsung pada siput babi ataupun siput lintah yang dapat mengganggu tanaman di persawahan, ladang ataupun perkarangan.

  1. Moluskisida Toxiput 5GR

Moluskisida Toxiput GR dimanfaatkan dalam pengendalian hama siput babi, trisipa, siput lintah ataupun bekicot yang biasanya merusak pada perkebunan dan persawahan. Toxiput 5GR dipakai dengan cara ditaburkan di sekitar tanaman pokok perkebunan yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan masuknya siput lintah atau siput babi di area perkebunan.

Moluksida jenis ini berbahan aktif yaitu Metaldehyde 5 % yang berbentuk seperti butiran dengan mekanisme berkerja sebagai racun perut atau racun kontak pada siput lintah bulan atau siput babi.

  1. Moluskisida Methiocarb

Moluskisida ini berbahan aktif yaitu Methiocarb yang umumnya kurang direkomendasikan dalam penggunaan karena mempunyai resiko tinggi bagi lingkungan sekitar. Dalam penggunaan bisa mengakibatkan keracunan akut terhadap orang yang terkena dengan zat ini dan bisa meracuni bagi organisme perairan.

  1. Besi (III) Fosfat

Moluskisida jenis ini berbahan aktif besi fosfat yang bersifat ramah lingkungan disebabkan moluskisida dengan garam logam yang tidak beracun bagi organisme. Besi (III) fosfat biasanya dimanfaatkan dalam produksi logam ataupun baja.

  1. Seldene 250 EC

Moluskisida ini memiliki bentuk pekatan dengan warna coklat kekuningan dan bersifat sistemik kontak racun lambung. Moluskisida ini dalam mengendalikan hama siput murbei atau Pomacea cannaliculata pada padi.  Kegunaan moluskisida ini adalah lebih mudah mengendalikan hama siput atau keong mas pada padi.

Fungsi Moluskisida

Berikut fungsi-fungsi moluskisida bagi tumbuhn antara lain:

  1. Mengendalikan hama moluska

Moluska berarti sebagai hewan lunak yang mempunyai habitat hidup di perairan seperti danau, laut, air tawar atau payau, dan daratan. Moluskisida berperan dalam mengendalikan hama moluska secara efektif dan cepat.

  1. Menerapkan perttanian organik

Dengan adanya moluskisida yang dapat dimanfaatkan dalam budidaya pertanian organik karena kandungan bahan aktifnya yang bersifat ramah lingkungan dalam membasmi hama penganggu tanaman. Garam logam seperti alumunium sulfat atau besi (III) fosfat berguna dalam pengendalian hama moluska.

Bahan di dalam moluskisida aman bagi tanaman sehingg untuk penggunaan pertanian organik sangat cocok dengan konsep meminimalisir dampak buruk bagi lingkungan dan potensi hasil tanaman.

Demilikanlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan terkait dengan materi contoh-contoh moluskisida dan fungsinya. Semoga saja dapat menambah wawasan serta menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.