Contoh Okulasi Tanaman

Diposting pada

Okulasi Tanaman

Teknik okulasi sejatinya mulai banyak dikembangkan di balai penelitian perkebunan maupun tanaman industri sebagai upaya peningkatan produksi tanaman. Teknik ini merupakan proses perkembangbiakan pada beragam jenis tanaman yang dikelola dengan apik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Adapun untuk di Indonesia sendiri sebenarnya ada beberapa contoh tanaman yang cocok untuk dilakukan perkembangbiakan dengan okulasi, oleh sebab itulah sangat bersykur kita hidup di Indonesia yang memiliki begitu banyak tanaman dan tumbuhan.

Okulasi

Okulasi adalah teknik rekayasa dalam perbaikan mutu suatu tanaman dengan menggabungkan mata tunas suatu tanaman dengan menempelkan pada batangan tanaman lain yang masih sejenis. Okulasi memiliki definsi sebagai teknik pembiakan vegetatif suatu tanaman dari bagian tanaman berkayu yang memiliki mata tunas dan ditempelkan pada bagian tanaman lain yang terdapat irisan.

Contoh Okulasi Tanaman

Beberapa tanaman memang cocok dikembang biakan dengan cara okulasi. Beberapa contoh tanaman yang dapat diokulasi anatar lain :

Tanaman Kakao

Okulasi Kakao

Poliklonal atau perbanyakan tanaman kakao banyak dilakukan melalui teknik okulasi. Alasan utama adanya okulasi adalah karena syarat tumbuh biji kakao lebih banyak dimanfaatkan sebagai produk utama pembuatan coklat. Alasan kedua adalah dapat menghasilkan jenis tanaman yang memeiliki sifat unggul sesuai indukannya.

Okulasi dini merupakan metode pembiakan atau perbanyakan tanaman dengan memadukan antara bibit kakao berusia muda (umur 2 minggu) sebagai batang bawah yang berasal dari biji dengan entres kakao yang berasal dari klon unggul.

Kelebihan dari metode ini adalah angka keberhasilan mencapai 70% daripada teknik okulasi biasa dan pembibitan tanaman lebih cepat. Keberhasilan okulasi dini dapat diamati setelah dua minggu dan siap tanam pada usai 4 sampai dengan 6 bulan. .

Tanaman Karet

Gambar Okulasi Karet

Karet merupaka tanaman yang dimanfaatkan getahnya sebagai bahan baku produksi karet industri. Tanaman karet umumnya dikembang baiakan dengan cara okulasi. Hal ini dilakukan agar menghasikan tanaman karet dengan produksi getah yang tinggi namun batang memiliki batang bawah yang kuat sebagai penopang.

Hasil okulasi pada tanaman karet memeiliki kelebihan pada masa panen atau siap sadap pada umur 3-4 tahun setelah ditanam pada lahan. Tanaman karet siap sadap karena pertumbuhan bibit juga relatif cepat dan mejadi daya tarik untuk dibudiayakan.

Tanaman Mangga

Gambar Okulasi Mangga

Teknik veegtatif tanaman pada mangga sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan seperti cangkok dan okulasi. Namun biasanya, cangkok terkendala dalam sistem perakaran yang serabut sehingga tanaman dalam berbagai jenis mangga yang tumbuh besar kurang kuat menopang.

Berbeda dengan teknik okulasi yang menggabungkan dua sifat tanaman. Arti batang bawah memeiliki sifat kuat sementara okulasi digunakan untuk meningkatan kualitas buah mangga.

Kelengkeng

Gambar Okulasi Kelengkeng

Dalam beberapa varietas kelengkeng merupakan tanaman yang memerlukan kondisi yang lebih sejuk dan merupakan tanaman dataran tinggi. Namun dengan adanya okulasi pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat.

Genetika tanaman pada cabang atas dapat disesuaikan dengan kondisi yang diinginkan. Biasanya memiliki sifat tahan terhadap pansa sehingga dengan terik matahari dan suhu yang cukup tinggi dapat ditoleransi. Sehingga pertumbuhan buah menjadi lebih cepat daripada buah kelengkeng pada umumnya.

Alpukat

Gambar Okulasi Alpukat

Alpukat merupakan tanaman salah satu tanaman yang cukup sering dilakukan okulasi. Okulasi dilakukan untuk menghasilkan buah yang besar serta dapat tumbuh banyak. Untuk batang bawah tanaman alpukat menggunakan tanaman hasil generatif karena memeiliki perakaran yang kokoh.

Penggabungan dua sifat ini memberikan keuntungan pada petani karena btang atas selain dapat mengoptimalisasi hasil pertanian juga menggunanakn sifat tahan terhadap hama.

Jeruk Nipis

Gambar Okulasi Jeruk Nipis

Salah satu tumbuhan yang dapat dilakukan perkembangbiayakan dengan okulasi ialah tanaman jeruk nipis, dimana tanaman ini sendiri biasanya dibudidikan sebagai obat keluaraga ataupun diperjual belikan sebagai bahan indutri. Untuk penananamnya dilakukan dalam kebun, pekarangan rumah, ataupun ladang.

Bungga Kambojo

Okulasi Tanaman Hias

Salah satu jenis tanaman hias yang dapat diberdayakan dengan siste okulasi ini ialah bunga kamboja, dimana arti bunga ini sendiri bisa menjadikan rumah atau pekarangan lebih wanggi, akan tetapi untuk umumnya tanaman ini di Indonesia biasanya ditemukan dalam makan atau kuburan.

Itulah tadi uraian lengkap yang bisa kami uraikan kepada segenap pembaca berkaitan dengan beragam contoh tanaman yang bisa di okulasi dalam bidang pertanian sebagai bagian budidaya perkembangbiakan. Semoga mengedukasi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *