Contoh Tanaman Perkebunan di Masyarakat Pada Umumnya

Diposting pada

Macam Hasil Perkebunan

Sebagai komoditas, pada dasarnya tanaman perkebunan mempunyai sebutan lain yakni tanaman perdagangan serta tanaman industri. Sebutan ini menunjukkan bahwa legitimasi ada peluang bisnis dari pengusahaan tumbuhan perkebunan. Baik untuk masyarakat (rakyat) ataupun untuk pemerintahan. Oleh sebab itulah banyak beragam jenis tumbuhan perkebunan yang dapat dijumpai.

Perkebunan

Pengertian kebun bagi masyarakat memiliki peranan penting untuk menyumbang berbagai pembangunan nasional, terutama untuk meningkatkan kemakmuran serta kesejahteraan rakyat, penerimaan devisa Negara dan penyedia lapangan kerja.

Oleh karena itulah di Indonesia kebun dapat dijumpai di wilayah Sumatra, Jawa, Kaliamntan, Papua, Sulawesi, ataupun di pulau-pulau kecil lainnya seperti di Bali, Nusa Tenggara, sampai dengan Kepulauan Seribu. Baca jugaPengertian Perkebunan Menurut Para Ahli

Contoh Perkebunan

Berikut ini merupakan beragam contoh-contoh nyata dalam manfaat tanaman perkebunan yang ada di Indonesia. Diantaranya;

Sawit

Kelapa sawit yang dalam bahasa latin disebut dengan elaeis quineensis jacq adalah komoditas perkebunan penghasil minyak nabati terbesar kedua didunia, dengan produk hasil olahan yang seperti minyak makan, minyak industri serta bahan bakar biodesel yang saat ini tumbuhan kelapa sawit telah menyebar diseluruh penjuru nusantara. Dengan teknik budidaya sawit yang berbeda. Baca jugaManfaat Cangkang Kelapa Sawit dalam Kehidupannya

Tanaman Kapas

Tanaman kapas yang dalam bahasa latinnya gossypium sp adalah tanaman komoditas industri perkebunan yang paling umum dijumpai dan cukup penting. Terdapat banyak negara produsen kapas dunia seperti China, Pakistan, Brazil Amerika Serikat, India, dan Mesir.

Pemanfaatan bahan baku serat tanaman kapas banyak dilakukan pada industri tekstil, industri kertas, serta industri bahan perekat.

Tumbuhan berbentuk semak atau pohon bisa hidup didaerah beriklim tropis atau subtropis, akan tetapi dapat tumbuh secara optimal dan dominan dibudidayakan pada daerah tropis, yang mencapai ketinggian kurang lebih 3 meter dan berasal dari negara India.

Tanaman Karet

Karet dalam bahasa latih hevea brasiliensis adalah komoditas perkebunan penghasil getah atau lateks terbesar kedua didunia dan cukup umum serta banyak dibudidayakan diIndonesia. Produk hasil olahan tumbuhan karet terbesar dibidang industri otomotif yakni pembuatan bahan baku ban serta produk alat kesehatan.

Tanaman karet dapat tumbuh optimal pada daerah tropis dan bisa disadap atau diambil getahnya setelah memasuki umur tanam 5 sampai 7 tahun yang merupakan tumbuhan asli dari negara Brazil dan sangat mendunia karena kuganaannya yang cukup penting atau urgent untuk dimanfaatkan dalam berbagai keperluan hidup dimasyarakat saai ini.

Penerapan teknis budidaya karet yang baik dan benar yakni mulai dari pemilihan klon bibit yang unggul serta pemeliharaan yang menjadi kunci utama keberhasilan dalam proses budidaya. Baca jugaManfaat Cangkang Biji Karet Secara Umum

Tanaman Kopi

Kopi dalam bahasa latin coffee sp merupakan komoditas perkebunan penghasil biji kopi terbesar ketiga di dunia, tumbuhan yang berasal dari benua Afrika dan telah mendunia.

Terdapat jenis tumbuhan kopi seperti kopi arabika, kopi robusta atau juga kopi liberika yang dimana produk hasil olahan budidayanya berupa biji kopi yang banyak digunakan dalam industri pangan seperti bahan baku amakanan dan minuman atau juga dari industri kosmetik dan farmasi

Tanaman Kakao

Tanaman kakao dalam bahasa latin theobroma cacao L merupakan komoditas perkebunan penghasil biji dan bubuk coklat terbesar ketiga (3) didunia yang juga tanaman familiy Strerculiaceae yang berasal dari hutan Amerika Selatan. Tumbuhan ini pertama kali dibudidayakan oleh bangsa Indian Aztec.

Tumbuhan kakao mempunyai 3 jenis antara lain seperti Criollo,Forestero serta Trinitario. Pemanfaatan hasil budidaya tumbuhan kakao terdapat pada biji kakao yang banyak digunakan untuk industri makanan atau minuman serta dalam industri kecantikan seperti parfum dan alat kosmetik.

Tanaman Tebu

Tumbuhan tebu dalam bahasa latin saccharum L merupakan tanaman komoditas perkebunan paling umum yang dapat menghasilkan bahan baku gula dan vetsin. Tumbuhan dengan famili poaceae yang berkerabat dekat dengan jenis tumbuhan rumputan seperti jagung, padi,sorgum serta gandum.

Produk hasil olahan tumbuhan tebu dominan digunakan sebagai industri makan dan minuman atau juga alat farmasi serta pakan ternak.

Tanaman Teh

Tanaman teh dalam bahasa latin camellia sinensis merupakan komoditas perkebunan dari famili Theaceae penghasil daun teh dan merupakan spesies tanaman yang berasal dari negara Cina dan menyebar luas serta dibudidayakan diseluruh dunia.

Produk hasil olahan tumbuhan teh banyak digunakan pada industri pangan yaitu makanan dan minuman serta industri kecantikan atau kosmetik, dan juga industri kesehatan serta obat herbal. Terdapat jenis tanaman teh ternama yang ada didunia seperti teh hitam,teh hijau,teh putih serta teh olong.

Lada

Tumbuhan lada adalah salah satu komuditas perkembunan yang sangat mudah ditemukan di wilayah Sumatra, Khususnya di Lampung. Tumbuhan ini banyak kegunaan yang diperlukan seperti untuk bumbu masakan, obat, sampai dipergunakan untuk penyedap rasa. Baca jugaTeknik Budidaya Tanaman Lada dalam Pertanian

Kelapa

Tanaman kelapa menjadi salah satu tumbuhan yang sangat mudah ditemukan di wilayah pesisir pantai. Hampor semua pantai di Indonesia memiliki tanaman ini, bahkan banyak pula dimanfaatkan sebagai wahana wisata yang diyakini dapat menambah devisa negara.

Demikianlah ulasan yang dapat kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh hasil perkebunan di masyarakat Indonesia pada umumnya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *