Contoh Tanaman Semusim yang Mudah Ditemukan

Diposting pada

Contoh Tanaman Semusim

Di dalam arti pertanian pada hakekatnya terdapat dua jenis tanaman yakni tanaman tahunan dan tanaman semusim. Dimana, khususnya pada tanaman musiman adalah arti tumbuhan yang berumur dari tiga sampai 4 bulan atau bisa kurang dari satu tahun.

Di dalam tanaman musiman mempunyai sifat langsung bongkar ketika sudah menuai hasil panennya sehingga untuk memperoleh hasil panen lagi sehingga harus menanam kembali. Akan tetapi yang pasti, tanaman semusim ini mudah sekali kita temukan dalam berbagai jenis tumbuhan, baik buah, sayukur, ataupun tanaman pangan.

Tanaman Semusim

Tanaman semusim adalah karakteristik tumbuhan musimam yang bisa dipanen berulang kali. Bukan hanya itu, tanaman musiman bisa hidup lebih dari tiga bulan sampai satu tahun lamanya.

Salah satu ciri utama dari tanaman musiman yaitu tanaman cabai dan terong-terongan sebagai bagian daripada tanaman sayur. Pada saat panen, kebanyakan para petani mempunyai tanaman musiman untuk dibudidayakan. Hal ini disebabkan tanaman musiman yang telah diketahui periode panen.

Jenis Tanaman Semusim

Adapun untuk beberapa contoh tanaman dengan kategori musiman, antara lain sebagai berikut;

  1. Tananamn Bengkuang

Tanaman Semusim Bengkuang
Bengkuang

Bengkuang sering dimakan secara mentah oleh masyarakat Indonesia. Umumnya bengkuang menjadi rujak buah dan asinan. Kamu bisa membeli bengkuang dalam satu ikat dengan harga yang terjangkau. Hal ini disebabkan bengkuang termasuk jenis tanaman buah yang mudah ditanam sehingga harga jual terjangkau di pasaran.

  1. Ubi manis

Tanaman Semusim Ubi manis
Ubi manis

Ubi manis yang tergolong dalam arti serealia sering dimakan oleh masyarakat disebabkan rasanya yang manis. Kandungan di dalam ubi manis yaitu kandungan karbohidrat. Umumnya ubi manis ini dibudidayakan ketika menjelang musim hujan maka saat musim kemarau ubi manis akan disimpan untuk menjalankan periode istirahat.

  1. Kimpul

Tanaman Semusim Kimpul
Kimpul

Kimpul ini termasuk jarang dikonsumsi oleh masyarakat umum. Hal ini disebabkan kimpul sendiri mempunyai bercita rasa yang tak seenak talas. Kimpul mempunyai anak umbi yang tak dapat digunakan. Jika anak kimpul ini direbus maka akan menghasilkan lendir sehingga anak kimpul bisa dibuang tanpa ditanam lagi.

  1. Ubi buah

Tanaman Semusim Ubi Buah
Ubi Buah

Ubi buah umumnya dikonsumsi sebagai bahan dalam berbagai jenis tanaman pangan. Bukan hanya sebagai bahan pangan, ubi buah juga dimanfatkan sebagai obat. Periode panen ubi buah saat telah berusia setahun. Selanjutnya bagian ubi buah yang menghasilkan tunas, dapat dibudiayakan kembali untuk dapat memperoleh umbi yang baru.

  1. Ubi jalar

Tanaman Semusim Ubi jalar
Ubi jalar

Ubi jalar termasuk dalam kategori jenis tanaman serealia yang umumnya dikonsumsi apabila sudah dibakar dan direbus. Tetapi, seringkali masyarakat Indonesia mengolah tanaman ubi jalar dengan cara direbus. Hal itulah yang menjadikan ubi jalar sebagai bahan pangan.

Bukan hanya bahan pangan, tanaman ubi jalar juga diolah menjadi berbagai produk  seperti bahan baku minuman beralkohol, sari karotin, sirup ataupun bahan perekat. Selanjutnya bagian pada zat pati ubi jalar dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas ataupun tekstil.

  1. Ubi kayu

Tanaman Semusim Ubi kayu
Ubi kayu

Ubi kayu umumnya diolah dengan ragi untuk membuat ubi tape. Selanjutnya ubi kayu yang masih mentah, umumnya diolah menjadi tepung tapioka. Di dalam daun ubi kayu terdapat kandungan protein yang banyak sehingga tak jarang  jika ubi kayu banyak dijumpai dan dijual di pasar.

  1. Ubi gadung

Ubi gadung Semusim
Ubi gadung

Tetapi, perlu diperhatikan dalam mengonsumsi tanaman ubi gadung. Hal ini disebabkan di dalam ubi gadung terdapat kandungan alkoloid yang sangat beracun. Jika kamu tak tepat dalam mengonsumsi atau mengolah tanaman ubi gadung ini, maka kamu akan mengalami pusing yang luar biasa. Umumnya ubi gadung berperan untuk meracuni hewan buas.

Bukan hanya racun, tepung ubi gadung yang tidak digunakan dapat menjadi pembunuh bagi serangga atau insektisida. Selanjutnya bagian bunga ubi gadung dapat digunakan sebagai hiasan pada rambut. Tetapi, bunga tanaman ubi gadung dapat dijadikan sebagai pewangi pakaian.

  1. Talas Bogor

Tanaman Semusim Talas Bogor
Talas Bogor

Tanaman semusim yang kedelapan yaitu talas bogor. Talas bogor sangat mudah untuk ditemukan di Indonesia. Hal ini disebabkan talas bogor sangat mudah untuk dibudidayakan di sawah ataupun secara liar dan mudah tumbuh dengan optimal.

Kota Malang dan Bogor yaitu kawasan yang dapat memperoleh kultivar yang memiliki rasa sangat lezat. Umumnya talas bogor dapat tumbuh subur ketika musim hujan.

  1. Tanaman Suweg

Tanaman Semusim Suweg
Suweg

Suweg mempunyai panjang sampai 150 cm. Di dalam tanaman suweg terbagi menjadi beberapa bagian. Mulai dari bagian tongkol, tangkai bunga dan seludang. Jika suweg dibudidayakan mulai dari bagian umbi sehingga memerlukan periode panen selama lima bulan saja.

  1. Tanaman Garut

Tanaman Ubi garut Semusim
Ubi garut

Ubi garut mempunyai tinggi mencapai 80 cm. Selanjurnya daun ubi garut sendiri mempunyai bercak putih. Umumnya ubi garut tumbuh subur saat menjelang musim hujan. Untuk periode panen dapat dipanen saat memasuki 11 bulan atau ketika daun mulai tanda layu.

  1. Padi

Tanaman Semusim Padi
Padi

Tanaman semusim yang kesebelas yaitu tanaman padi. Berbagai jenis tanaman padi ketika menjadi beras yang berperan sebagai makanan pokok bagi seluruh manusia di muka bumi ini. Umumnya beras dikonsumsi sebagai nasi tim, putih, kuning, uduk, jagung, dan lain- lain.

Tanaman padi dipanen terlebih dahulu selanjutnya memperoleh bulir atau gabah. Gabah kemudian dipisahkan dari jerami yang berasal dari padi. Kemudian memperoleh beras yang berkualitas tinggi. Beras yang berkualitas ditunjukkan dengan warna putih dan bentuk elips dan pipih.

  1. Tanaman Jagung

Tanaman Jagung Semusim
Jagung

Jagung banyak dinikmati dan dipilih oleh para petani untuk ditanam disebabkan tanaman jagung tersebut termasuk mudah untuk dibudidayakan. Saat proses budidaya, jagung dapat tumbuh di segala jenis tanah. Selanjutnya jagung sangat perlu cahaya matahari untuk berlangsungnya pertumbuhan dan perkembangbiakan.

  1. Temulawak

Tanaman Temulawak Semusim
Temulawak

Di dalam temulawak sebagai salah satu jenis tanaman obat mempunyai manfaat dalam melancarkan buang air besar. Di dalam temulawak mempunyai kandungan seperti kurkumin, borneol, serat, dan phelandren. Kandungan tersebut dapat menghilangkan toksin, dapat memulihkan badan, mengatasi penyakit bisul dan asma.

  1. Rosella

Tanaman Rosella Semusim
Rosella

Di dalam rosella terdapat manfaat salah satunya menambah imunitas. Umumnya bunga rosella diolah sebagai teh. Di dalam bunga rosella terdapat kandungan vitamin C yang berguna dalam menurunkan demam, flu, batuk dan nyeri ketika menstruasi. Selain itu, rosella berkandungan flavonoid yang dapat membuat badan menjadi rileks dan menurunkan rasa cemas.

  1. Tanaman Jahe

Tanaman Jahe Semusim
Jahe

Tanaman semusim yang kelima belas yaitu tanaman jahe. Di dalam jahe terdapat khasiat sebagai penghangat badan. Jahe ini umumnya digunakan sebagai minuman hangat yang dapat dipadukan dengan bahan rempah yang membuat badan terhindar dari flu, diare, kembung, muntah, masuk angin, dan mual setelah operasi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tanaman semusim mempunyai fungsi tersendiri tiap semua makhluk hidup terkhusus bagi petani. Dimana pada tumbuhan musimanan berfungsi untuk memperoleh penghasilan tetap untuk para petani. Terdapat fungsi dari tanaman semusim yaitu makanan pokok yang diperlukan oleh manusia, kehidupan hewan ternak.

Selain itu, berfungsi untuk memperoleh cita rasa pada masakan, bahan baku kosmetik, bahan baku pabrik atau industri, bahan pengobatan secara tradisional, tanaman konservasi, memperoleh pundi rupiah dalam keberlangsungan hidup sehari-hari bagi petani, dan sebagai usaha tani.

Nah, demikinalah tadi artikel lengkap yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan jenis tanaman semusim yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan untuk kalian yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *