Contoh Tanaman Tahunan yang Mudah Ditemukan

Diposting pada

Contoh Tanaman Tahunan

Tanaman tahunan adalah arti tumbuhan yang hidupnya berjalan sepanjang tahun dan akan panen di sepanjang tahun, hingga tak khayal tanaman tersebut tidak dapat berkembangbiak lagi namun harus menunggu beberapa tahun dari penanaman sampai tanaman berproduksi dan dapat dipanen.

Tanaman tahunan ini kebanyakan adalah tanaman dalam arti perkebunan yang bercirikan kayu keras dan panen sepanjang tahun tergantung periode berbuah. Tanaman ini memerlukan waktu relatif lama sampai mendapatkan buah yang dapat dipanen. Tanaman tahunan beragam jenisnya, terdapat buah- buahan, rempah- rempahan, dan tanaman industri.

Tanaman Tahunan

Tanaman tahunan hakekatnya bukan sebagai tanaman yang berguna dalam sumber makanan pokok atau sayuran disebabkan tanaman yang dibudidayakan berupa usaha ladang dan hortikultura sayur mayur dan bunga walaupun juga dikenal sebagai usaha perkebunan.

Hasil perkebunan pada tumbuhan biasanya mempunyai lahan pertanian dengan luasan yang cukup besar dan periode penanaman relatif lama antara kurang dari satu tahun sampai tahunan.

Adapun disisi lainnya, jenis tanaman tahunan ini dibedakan menjadi agroforestri dan silvikultur disebabkan sifatnya yang intensif. Perkebunan yang bersifat intensif sehingga hampir semua perkebunan menetapkan metode budidaya monokultur, terkecuali pada jenis tertentu misalnya tanaman vanili dan lada.

Contoh Tanaman Tahunan

Adapun untuk contoh dalam berbagai jenis tanaman tahunan yang mudah ditemukan. Antara lain;

  1. Kelapa Sawit

Tanaman Tahunan Kelapa Sawit
Kelapa Sawit

Tanaman tahunan yang pertama yaitu kelapa sawit dengan nama ilmiah Elaeis quineensis Jacqyang merupakan jenis tanaman perkebunan penghasil minyak nabati terbesar kedua di dunia. Produk hasil olahan dari tanaman kelapa sawit yang berupa minyak industri, minyak makan, dan bahan bakar atau biodesel.

  1. Kapas

Tanaman Tahunan Kapas
Kapas

Tanaman tahunan yang kedua yaitu kapas dengan nama ilmiah yakni Gossypium sp yang merupakan tanaman tahunan industri yang cukup komersial. Bahan dasar serat kapas digunakan dalam industri teksti, industri bahan perekat dan industri kertas. Tanaman kapas berupa semak atau pohon yang tumbuh dan berkembang di kawasan tropis dan sub tropis.

  1. Karet

Tanaman Tahunan Karet
Karet

Indonesia merupakan negara penghasil komoditas perkebunan getah lateks atau karet terbesar di posisi kedua di dunia.

Produk hasil olahan karet dimanfaatkan bagi industri otomotif sebagai bahan dasar ban dan industri kesehatan untuk produk alat kesehatan. Tanaman karet dapat dipanen ketika berumur lima hingga tujuh tahun dengan cara disadap dan diambil getah lateksnya.

  1. Tanaman Kopi

Tanaman Tahunan Kopi
Kopi

Kopi adalah jenis tanaman tahunan yang berasal dari kawasan Afrika. Tanaman kopi masuk ke dalam Indonesia tidak lepas ketika masa penjajahan negara Belanda.

Adapun untuk beberapa jenis tanaman kopi yang cukup banyak dikonsusi yaitu kopi arabika, kopi liberika, dan kopi robusta. Selain itu juga tanaman ini dipergunakan sebagai minuman, kopi juga dimanfaatkan sebagai industri kosmetik dan farmasi.

  1. Tanaman Kakao

Tanaman Tahunan Kakao
Kakao

Tanaman kakao dengan nama ilmiah Theobroma cacao L. adalah jenis tanaman tahunan yang memproduksi produk berupa coklat.

Tanaman kakao masuk ke dalam famili Streculiaceae yang berasal dari daerah hutan Amerika Selatan dan awalnya ditanam oleh bangsa Indian Aztec. Terdapat tiga macam kakao yaitu Criollo, Forestero, dan Trinitario. Hasil dari tanaman kakao dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam industri makanan, minuman dan komestik/kecantikan.

  1. Tanaman Lada

Tanaman Lada Tahunan
Lada

Lada adalah salah satu jenis tanaman tahunan yang masih sangat banyak dibudidayakan di Indonesia, tumbuhan perkebunan ini paling banyak di hasilkan wilayah Sumatra, khususnya berada di Kabupaten Lampung Timur. Meski, pada saat ini hasil panennya menurun di bandingkan dengan tahun 1990-an.

  1. Tanaman Teh

Tanaman Teh Tahunan
Teh

Teh juga termasuk salah satu contoh tanaman tahunan yang mudah ditemukan di dalam kehidupan masyarakat. Tanaman ini banyak dibudidayakan daerah-daerah dataran tinggi, seperti pergunangan. Adapun pemanfaatnya dijadikan sebagai munuman ataupun bahan industri.

  1. Tanaman Kelapa

Tanaman Kelapa Tahunan
Kelapa

Salah satu contoh tumbuhan tahunan yang lazim ditemukan pada masyarakat pesisir adalah kelapa, tumbuhan kelapa ini pada umumnya dibudidayakan pada pingiran garis pantai. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terbesar di dunia, oleh karena wajar saja jikalau tanaman kelapa sangat familiar.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa komoditas tanaman tahunan bisa dikatakan sangatlah beragam macamnya. Tiap bentuk tanaman mempunyai nilai ekonomis yang telah menjadi salah satu pertimbangan bagi usaha perkebunan yang memperoleh keuntungan.

Adapun untuk luas lahan tanaman tahunan yang relatif dan sesuai pada volume jenis yang didapatkan. Namun, perkebunan membutuhkan luas tertentu untuk mempertahankan keuntungan dari produksi yang ditetapkan.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai jenis tanaman tahunan yang sangat mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *