Contoh Tanaman yang Cocok di Daerah Tegalan

Diposting pada

Contoh Tanaman Tegalan

Banyak sekali berbagai macam tanaman yang cocok ditanam di daerah tegalan. Seperti halnya dengan tanaman cabai, tomat, dan lainnya.

Tetapi yang pasti, tegalan sendiri bisa dikatakan sebagai lahan pertanian yang tergolong ke dalam pertanian lahan kering sehingga dalam penggunaanya seringkali menghadapi masalah disebabkan lahan jenis ini memiliki keadaan ekosistem agrorekosistem yang bervariasi. Padahal peluang sumber daya lahan kering di Indonesia sangatlah besar dan persebarannya hampir meluas di semua wilayah Indonesia terkhusus di luar Jawa.

Tegalan

Tegalan adaah suatu wilayah dengan lahan kering yang hanya bergantung pada air hujan sebagai sumber ketersediaan air yang akan dibudidayakan adalah jenis tanaman musiman ataupun tahunan dengan tempat terpisah dari lingkungan yang berada di dalam sekitar area rumah.

Contoh Tanaman di Tegalan

Adapun untuk beberapa arti tumbuhan yang cocok ditanam dalam jenis lahan pertanian tegalan. Antara lain sebagai berikut;

  1. Bawang-bawangan

tanaman tegalan bawang-bawangan
bawang-bawangan

Daerah tegalan cocok untuk dibudidayakan tanaman musiman, tahunan ataupun hortikultura. Salah satunya adalah tanaman jenis bawang- bawangan seperti bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Jenis tanaman ini dapat mudah menjadi sebagai tanaman dalam arti hortikultura yang dapat kamu tanam di daerah tegalan. Tanaman bawang- bawangan sangat cocok di area yang mempunyai iklim kering dengan sinar matahari yang cukup.

Sementara itu, metode menumbuhkan tanamn bawang ini juga mudah dan fleksibel dengan luasan daerah tegalan yang kecil saja dengan langsung ditanam ke tanah tegalan ataupun dengan menggunakan media polybag. Perlu dilakukan penyiraman, perapian, dan penyiangan secara rutin dan teratur.

  1. Tanaman cabai

Tegalan cabai
Cabai

Harga tanaman cabai yang tak menentu bisa normal bahkan melonjak tinggi menimbulkan kekhawatiran banyak rumah tangga tentunya. Namun jangan cemas kamu dapat menanam tanaman cabai ini di lahan tegalan yang kamu miliki. Cabai sangat cocok dibudidayakan di iklim tropis seperti Indonesia yang terik namun kamu jangan sampai lupa untuk perawatan dan penyiraman agar tanaman cabai tidak kering, rontok bahkan kerdil.

Tanaman cabai bisa kamu tanam di tegalan dengan cara langsung ditanam di media tanah ataupun menggunakan media polybag.

Dalam perawatannya kamu perlu memantau Ph tanah dengan menambahkan bahan kapur untuk keadaan tumbuh yang semakian ideal. Jika tanaman cabai mulai atau telah berbuah kamu dapat langsung menggunakannya untuk dimasak ataupun dapat digunakan daam keperluan rumah tangga lainnya misalnya membasmi kutu beras.

  1. Tanaman tomat

tanaman tegalan tomat
Tomat

Tanaman tomat merupakan tanaman jenis hortikultura yang umumnya dibudidayakan di daerah kebun sayur dan buah-buahan ataupun berada di lahan tegalan.

Tanaman tomat terdapat kandungan nutrisi yang kaya dan beragam. Tomat umumnya digunakan ke dalam bahan tambahan masakan dan dihidangkan secara mentah sebagai pencuci mulut ataupun dijadikan sebagai tanaman obat bahan dasar obat dalam penyembuhan beberapa penyakit.

Terdapat beberapa jenis tomat yang dapat dijadikan sebagai tanaman hortikultura. Yang paling penting yakni kualitas pada benih tomat tersebut. Sehingga kamu perlu memastikan bahwa pilihan jenis benih tomat unggul yang kamu ingin budidayakan adalah yang terbaik.

  1. Lidah buaya

tanaman tegalan lidah buaya
Lidah buaya

Tanaman lidah buaya satu ini sangatlah mudah untuk kamu coba budidayakan di daerah tegalan rumah kamu. Hampir seluruhnya mirip dengan pandan yang perawatannya minim. Tanaman lidah buaya hanya perlu diletakkan di area yang teduh namun juga tetap terkena sinar matahari agar dapat tumbuh secara subur.

Contohnya kamu dapat mencoba budidaya dekat kanopi di lahan tegalan kamu. Sementara bentuk yang menarik, tanaman hortikultura terdapat kandungan nutrisi yang kaya namun juga banyak kegunaannya terkhusus dalam segi kesehatan dan dapat digunakan sebagai hidangan dingin dipadukan dengan minuman.

  1. Tanaman daun pandan

Tegalan pandan
Pandan

Tanaman pandan memiliki bau yang wangi dan memiliki khasiat yang berguna dalam masakan dan kesehatan tubuh. Membudidayakan daun pandan dapat memberikan beberapa solusi yang paten bagi rumah tangga. Kegunaan daun pandan mulai dari digunakan sebagai bahan masakan ketika dimasak di dalam dapur, mengurangi nafsu makan, meredakan sakit perut, menetralisir racun bahkan dapat menghilangkan bau yang tidak sedap.

Tanaman pandan ini juga sangat mudah untuk kamu tanam di area tegalan kamu lho. Kamu hanya perlu menyediakan area tegalan yang sepetak saja kemudian kamu dapat menanamnya secara langsung ataupun kamu dapat menggunakan media polybag. Tanaman pandan ini menjadi pemanis di area tegalan kamu.

  1. Tanaman padi gogo

Tegalan padi gogo
Padi gogo

Tanaman padi gogo adalah salah satu jenis padi lahan kering yang bersifat toleran hidup di daerah yang kering tanpa adanya perairan yang menggenang seperti di persawahan. Tipe padi ini banyak dibudidayakan hampir seluruh daerah di Indonesia.

Di tiap daerah varietas padi gogo banyak dibudidayakan secara variasi dan biasanya merupakan jenis padi lokal. Biasanya penanaman padi gogo dilakukan dengan sistem tupang sari yakni sistem bercocok tanam secara campuran.

Padi gogo ini memerlukan ketersediaan air sepanjang pertumbuhannya dan membutuhkan air hanya dengan mengandalkan curah hujan. Tanaman ini dapat tumbuh pada area mulai dari daratan rendah hingga dataran tinggi. Padi gogo tumbuh di area tropis ataupun subtropis pada 450 LU sampai dengan 450 LS dengan keadaan cuaca yang panas dan kelembaban yang tinggi dengan musim hujan hingga 4 bulan.

  1. Tanaman terong

Tegalan terong
Terong

Tanaman terong ungu berbuah dengan besar dapat dibudidayakan dengan mudah bisa ditanam langsung ke dalam tanah tegalan ataupun menggunakan polybag. Satu polybag diperuntukkan satu benih yang sudah disemai terlebih dahulu.

Sesudah benih dipindahkan ke dalam polybag atau media langsung. Kamu bisa menancapkan ajir atau tongkat kayu/bambu dengan panjang 5 hingga 10 cm sebagai penyangga tanaman terong.

  1. Tanaman mangga

Tegalan mangga
Mangga

Tanaman mangga ini mudah untuk kamu temui di daerah Indonesia. Tanaman mangga memang subur dengan baik di dataran rendah. Namun, mangga memerlukan lahan yang cukup luas untuk persebaran akarnya dan tumbuh

berukuran besar. Berdasarkan laman Gardening Know How tanaman ini dapat tumbuh hingga 9 sampai 30 meter. Tanaman mangga cocok untuk dibudidayakan di dataran rendah dengan ketinggian maksimal mencapai 1.200 mdpl.

Tanaman mangga ini dapat kamu panen buahnya ketika 3 hingga 5 bulan sejak bunganya telah diserbuki. Dengan catatan tanaman mangga ini tergantung pada varietas yang dibudidauakan dan keadaan cuaca yang tidak dapat disamaratakan.

  1. Tanaman belimbing manis

Tegalan belimbing manis
Belimbing manis

Tanaman buah ini sering kali dijadikan sebagai pengisi lahan pekarangan ataupun tegalan di Indonesia. Berdasarkan laman University of Florida, habitat asli dari tanaman buah satu ini memang di daerah Asia Tenggara. Tanaman ini sangatlah menarik karena dapat dipanen setiap dua hingga tiga kali dalam setahun lamanya.

Pohon buah belimbing manis ini memproduksi buahnya ketika sudah dibudidayakan selama 10 hingga 14 bulan. Dalam setahun lamanya pohon buah satu ini dapat memproduksi 4,5 hingga 18 kilogram buah belimbing manis. Tanaman buah ini dapat dibudidayakan dengan ketinggian tempat maksimal 1.200 mdpl dan pemeliharaan pohon buah ini juga tergolong low maintenance.

  1. Tanaman mentimun

Tegalan mentimun
Mentimun

Tanaman mentimun yang biasa dijadikan sebagai bahan masakan ataupun lalapan terong ungu dapat dibudidayakan dengan mudah seperti tanaman terong dapat ditanam langsung ke dalam tanah tegalan ataupun menggunakan polybag.

Satu polybag diperuntukkan satu benih yang sudah disemai terlebih dahulu. Sesudah benih dipindahkan ke dalam polybag atau media langsung. Kamu bisa menancapkan ajir atau tongkat kayu/ bambu dengan panjang 5 hingga 10 cm sebagai penyangga tanaman terong.

Nah, itulah saja daftar nama-nama tanaman yang cocok ditanam pada daerah tegalan. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi semua pembaca yang sedang membutuhkan referensinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *