Contoh Tanaman Umbi Akar dan Gambarnya

Diposting pada

Umbi pada dasarnya ialah salah satu organ tumbuhan yang termodifikasi dari organ lain pada tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpan zat tertentu (pada umumnya karbohidrat). Organ yang termodifikasi tersebut bisa berupa daun, batang, atau akar.

Umbi Akar

Umbi akar (tuberous root) atau dalam Bahasa Latin tuber rhizogenum yaitu umbi yang terbentuk dari modifikasi akar. Umbi akar tidak dapat dijadikan bahan perbanyakan jika tidak mempunyai titik tumbuh untuk tunas.

Apabila dilihat dari asalnya, umbi akar bisa terbentuk dari akar tunggang, misalnya pada tanaman wortel atau lobak. Selain itu bisa juga terbnetuk dari akar cabang, misalnya pada tanaman ketela pohon atau tanaman singkong, ketela rambat atau ubi jalar, dan garut.

Contoh Umbi Akar

Adapun untuk contoh yang ada di dalam tumbuhan umbi akar dalam lahan pertanian, antara lain adalah sebagai berikut;

Wortel

Tanaman Wortel

Wortel (Daucus carota sub sp. Sativus) adalah sayuran akar, biasanya berwarna oranye, meskipun ada kultivar ungu, hitam, merah, putih, dan kuning. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Persia dan awalnya dibudidayakan untuk daun dan bijinya. Bagian tanaman yang paling sering dimakan adalah akar tunggang, meskipun batang dan daunnya dimakan juga.

Wortel termasuk tanaman biennial atau tanaman dua tahunan, dengan siklus hidup yaitu hanya sekitar 12-24 bulan saja. Worel memiliki rasa yang manis langu. Meskipun demikian wortel memiliki kandungan Vitamin A yang sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan mata.

Selain Vitamin A, wortel juga mengandung vitamin seperti B1, B2, B3, B6, B9, C, Zat besi, Fosfor, Kalium, Sodium,kalsium, dan Magnesium yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sembelit, menurunkan resiko stroke, serta antikanker.

Ubi Jalar

Ubi Jalar

Ubi jalar (ipomoea batatas) atau ketela rambat adalah tanaman umbi akar yang termasuk keluarga bindweed atau morning glory, Convolvulaceae.

Bukan hanya umbinya yang memiliki rasa manis yang dapat dikunsumsi, misalnya untuk membuat es krim, donat, maupun hanya dikukud untuk dimakan langsung, tapi daun dan pucuk daunnya juga bisa dimakan sebagai sayuran hijau.

Ubi jalar asal-usulnya dari Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri, tanaman yang satu ini juga beragam jenisnya, misalnya ubi putih, ubi orange, ubi Cilembu, dan ubi ungu. Ubi jalar memiliki kanudngan senyawa beta karoten yang mampu menurunkan infeksi dari virus hiv/aids.

Singkong

Tanaman Singkong

Singkong atau Ketela pohon atau dikenal juga dengan nama ubi kayu (Manihot utilissima) merupakanperdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Singkong adalah sumber karbohidrat makanan terbesar ketiga di daerah tropis, setelah nasi dan jagung.

Ini adalah salah satu tanaman yang paling toleran terhadap kekeringan, mampu tumbuh di tanah marginal. Nigeria adalah produsen singkong terbesar di dunia, sementara Thailand adalah pengekspor pati singkong terbesar.

Singkong diklasifikasikan ada yang manis atau pahit. Seperti halnya pada umbi-umbian lainnya, varietas singkong yang pahit dan manis mengandung faktor antinutrisional dan racun, pada varietas yang pahit kandungannya dalam jumlah yang jauh lebih besar, sehingga itu harus disiapkan dengan benar sebelum dikonsumsi.

Hal itu disebabkan karena pemasakan singkong yang tidak tepat dapat meninggalkan sisa sianida yang dapat menyebabkan keracunan sianida akut, gondok, dan bahkan ataksia, kelumpuhan sebagian, atau kematian.

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang bisa kami tuliskan serta bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan contoh-contoh tanaman umbi akar dalam bidang pertanian di Indonesia serta gambarnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *