Contoh Tanaman Umbi Batang

Diposting pada

Tanaman yang memiliki umbi adalah tanaman keras dan memiliki jangka waktu dua tahunan. Bahkan jika pertumbuhan ke atas dari tanaman seolah-olah mati, itu akan tumbuh kembali selama musim dingin, dan pada musim semi akan muncul pertumbuhan baru yang berasal dari umbi. Saat digali, seringkali sulit untuk mengetahui bagian atas dan bagian bawah umbi.

Saat tanaman mengalami pertumbuhan ke atas, umbinya juga membengkak dan tumbuh. Banyak tanaman ditanam secara khusus untuk umbi-umbiannya yang dapat dimakan, contohnya termasuk ubi jalar, kentang, singkong, talas, wortel, bawang, dan beragam contoh umbi lainnya yang tujuan penanamannya bukan untuk konsumsi, tapi untuk hiasan misalnya bunga dahlia.

Tanaman Umbi

Umbi merupakan struktur yang diperbesar di beberapa bagian tanaman yang digunakan sebagai organ nutrisi. Ini menyediakan energi dan nutrisi untuk pertumbuhan kembali selama musim tanam, dan sebagai alat reproduksi aseksual.

Umbi Batang

Umbi batang atau dalam Bahasa Latin tuber cauligenum yaitu umbi yang terbentuk dari modifikasi batang, seperti geragih (stolo) atau rimpang (rhizoma). Umbi batang bisa memunculkan tunas maupun akar, sehingga kerap kali dijadikan sebagai bahan perbanyakan vegetatif.

Umbi batang yang tumbuh di bawah permukaan tanah, membesar, dan mengandung banyak pati disebut sebagai tuber. Ini biasanya dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae (misalnya tanaman kentang) dan Asteraceae (misalnya tanaman dahlia dan topinambur).

Contoh Umbi Batang

Contoh tanaman umbi batang dalam bidang pertanian antara lain adalah sebagai berikut;

Kentang

Ubi KentangKentang (solanum tuberosum) merupakan tanaman tahunan yang termasuk dalam keluarga spesies Solanaceae, yang ditanam untuk umbi-umbiannya yang dapat dimakan. Kentang ini berasal dari Andes, Peru-Bolivia dan merupakan salah satu tanaman pangan utama dunia, karena mengandung banyak pati dan karbohidrat lain, mineral, protein, karotenoid, polifenol, dan sejumlah vitamin mulai dari vitamin c hingga asam folat

Tanaman kentang biasanya memiliki kulit coklat muda atau kekuningan dan berwarna putih atau kuning di dalamnya. Kentang sering disajikan utuh atau dihaluskan sebagai sayuran matang dan juga ditumbuk menjadi tepung kentang, digunakan dalam pembuatan roti dan sebagai pengental untuk saus. Umbi kentang sangat mudah.

Talas

Talas Adalah

Talas (colocasia esculenta) merupakan tanaman herba dari famili Araceae. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Asia Tenggara, yang kemudian menyebar ke pulau-pulau Pasifik. Ini menjadi tanaman pokok yang diolah umbinya yang mengandung tepung untuk dikonsumsi sebagai sayuran yang dimasak, dibuat menjadi puding dan roti.

Talas ditanam di tanah yang berdrainase baik. Umbi dipanen tujuh bulan setelah tanam. Daun talas dan umbinya akan beracun jika dimakan mentah; kalsium oksalat tajam yang dikandungnya harus dihancurkan terlebih dahulu dengan pemanasan.

SuwegSuweg Adalah

Nama suweg diambil dari Bahasa Jawa, sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut sebagai elephant foot yam atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya ubi kaki gajah, karena ukuran yang cukup besar. Nama Latinnya yaitu Amorphophallus paeoniifoliu.

Tanaman ini adalah tanaman umbi tropis yang tumbuh terutama di Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara dan kepulauan tropis Pasifik. Karena potensi produksinya dan popularitasnya sebagai sayuran di berbagai masakan, maka dapat dibudidayakan sebagai tanaman komersial.

Di daerah Jawa Tengah, umbi ini sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Cukup dengan merebusnya hingga matang, suweg pun siap untuk dimakan. Kandungan gula dalam suweg juga rendah, sehingga cocok bagi yang sedang menjalakan program diet.

Di India, suweg atau ubi kaki gajah ini digunakan dalam pengobatan dan direkomendasikan sebagai obat dalam ketiga sistem pengobatan utama India: Ayurveda, Siddha dan Unani.

Dahlia

Ubi Batang Dahlia

Dahlia merupakan tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan (perenial). Tanaman ini akan berbunga di musim panas sampai musim gugur. Ini adalah bunga nasional negara Meksiko yang juga merupakan negara asal bunga ini.

Tanaman ini termasuk anggota Asteraceae (atau Compositae), tanaman dikotil, spesies terkait termasuk arti bunga matahari, daisy, krisan, dan zinnia. Ada 42 spesies dahlia, dengan hibrida yang umumnya tumbuh sebagai tanaman kebun.

Dahlia juga mengandung banyak transposon-potongan genetik yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain di atas alel yang berkontribusi terhadap manifestasinya yang sangat beragam.

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan contoh-contoh tanaman Umbi Batang dan gambarnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *