Contoh Umbi Lapis dan Udara

Diposting pada

Umbi adalah bagian dari tanaman yang tumbuh di bawah permukaan tanah. Umbi digunakan oleh tanaman untuk menyimpan nutrisi dan air yang berharga. Cadangan nutrisi dan energi umbi digunakan oleh tanaman selama periode kekeringan atau selama musim dingin.

Umbi Lapis

Umbi lapis (bulbus) yaitu umbi yang terbentuk dari tumpukan (pangkal) daun yang tersusun rapat dalam format roset. Umbi lapis memiliki perbedaan dengan jenis umbi lainnya karena tidak mengakumulasi karbohidrat dalam bentuk polisakarida.

Umbi jenis ini biasanya dihasilkan oleh beberapa suku monokotil seperti Amaryllidaceae (bawang-bawangan) dan Liliaceae.

Umbu Udara

Umbi udara merupakan umbi yang muncul pada bagian makna batang yang ada di atas tanah. Contoh tumbuhan yang memunculkan umbi semacam ini misalnya yaitu dari anggota Dioscoreaceae, seperti uwi dan gembili.

Berdasarkan macam-macam umbi yang telah dijelaskan di atas, berikut ini 10 contoh umbi yang akan dijabarkan secara lebih detail:

Contoh Umbi Lapis

Adapun untuk contoh dalam jenis tanaman umbi lapis dalam lahan pertanian, antara lain adalah sebagai berikut;

Bawang Merah

Bawang Merah Adalah

Bawang Merah (allium cepa var ascalonicum) merupakan salah satu umbi lapis yang banyak digunakan untuk bumbu masakan di berbagai negara di dunia. Bawang merah memiliki kulit berwarna merah keunguan dan daging putih kemerah-merahan.

Tanaman yang satu ini berasal dari iran dan pakistan serta pegunungan di bagian utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, tropis dan sub-tropis.

Bawang mearha bukan hanya digunakan untuk bumbu masakan, tapi  juga bisa dimakan mentah, di buat acar serta dapat digunakan pula untuk obat tradisional karena banyak mengandung Vitamin C, Serat, Kalium, Asam folat, Zat besi bahkan Kalsium.

Selain itu, bawang merah juga mengandung efek antiseptik dan senyawa alliiin. Bahkan kulit bawang merah juga bisa dimanfaatkan yaitu untuk untuk pewarna dan daunnya dapat dijadikan sayuran.

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang Putih (allium sativum) adalah spesies dalam genus bawang, Allium. Bawang putih berasal dari Asia Tengah dan Iran timur laut. Seperti halnya bawang merah, bawang putih juga digunakan baik sebagai penyedap makanan maupun sebagai obat tradisional, misalnya untuk penyakit kutil.

Bawang putih mentah memiliki banyak kandungan senyawa-senyawa sulfur termasuk alliin, sehingga rasanya getir. Bawang putih juga bisa dijadikan antibiotik alami didalam tubuh. Negara penghasil bawang putih terbesar yaitu Cina, yang menghasilkan sekitar 80% dari pasokan bawang putih dunia.

Contoh Umbi Udara

Adapun untuk nama dan contoh tanaman umbi udara, diantarnya adalah sebagai berikut;

Uwi

Ubi Udara Uwi

Uwi (dioscorea alata) merupakan tumbuhan yang termasuk dalam genus Dioscoreaceae. Ini adalah tumbuhan semusim. Umbinya mempunyai bentuk yang beragam seperti bulat,pipih panjang,bercabang dan ada yang menjari. Sebenarnya uwi memiliki bermacam-macam nama lain, diantaranya yaitu lame (Sulawesi), ubi (Bali), lutu (Banda), same (Makassar dan Bugis), palulu luwangu (Sumba), atau dalam Bahasa Inggris yaitu yam.

Uwi dinamai berdasarkan pada bentuk umbinya. Kulit umbi berwarna coklat hingga coklat-kehitaman dan beralur kasar. Daging umbi pada uwi ada yang berwarna putih ungu atau warna gading dan berlendir.

Di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam dan juga Papua Nugini, tanaman ini dianggap sangat penting sebagai makanan. Umbi dan kuncup daunnya setelah dimasak dengan berbagai cara dapat dikonsumsi sebagai bahan makanan tambahan.

Umbinya bisa diproses sebagai tepung atau serpihan/potongan-potongan tipis; yang merupakan sumber tepung minor. Kultivar dengan umbi yang berwarna ungu digunakan dalam pembuatan es kream dan permen.

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan nama-nama dan contoh tanaman umbi lapis dan udara. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *