Contoh Vegetatif Alami dan Buatan

Diposting pada

Tanaman Vegetatif Alami dan Vegetatif Buatan

Salah satu ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup yaitu berkembang biak. Dimana setiap makhluk hidup, termasuk juga arti tumbuhan yang berada di sekeliling kita dapat berkembang biak. Umumnya terdapat dua cara perkembang biakan tanaman yakni perkembang biakan vegetatif dan generatif.

Dimana untuk proses dalam perkembangbiakan vegetatif terbagi menjadi dua, yakni perkembangbiakan vegetatif alami dan buatan.

Perkembangan Vegetatif

Perkembangan vegetatif adalah salah satu jenis perkembangbiakan yang terjadi secara tidak langsung atau tidak melalui proses perkawinan. Dimana, perkembangbiakan ini bukan hanya terjadi oleh hewan ataupun manusia namun juga dapat dialami oleh tanaman.

Adapun perkembangan vegetatif dibedakan menjadi dua yaitu perkembangbiakan vegetatif secara alami dan perkembangbiakan vegetatif secara buatan. Penjelasannya sebagai berikut;

  1. Perkembangan Vegetatif Alami

Perkembangbiakan vegetatif alami adalah proses perkembangbiakan vegetatif yang dilakukan tanpa bantuan manusia atau secara alami. Tanaman yang terjadi dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami yaitu berkembang biak melalui tunas, spora, umbi, rhizoma, ataupun rimpang dan stolon ataupun geragih.

  1. Perkembangan Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan vegetatif buatan yaitu perkembangbiakan vegetatif yang dilakukan dengan bantuan manusia. Tanaman yang dilakukan dengan perkembangbiakan vegetatif secara buatan yaitu berkembang biak dengan stek, okulasi, dan cangkok.

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Alami dan Buatan

Berikut jenis tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami dan vegetatif buatan.

Vegetatif Alami

Berdasarkan namanya yaitu vegetatif alami adalah proses perkembangbiakan yang berlangsung tanpa adanya unsur buatan. Semua proses yang berlangsung secara alami berdasarkan keadaan alam dari tanaman itu sendiri. Antara lain

  1. Ganggang Biru

Perkembangbiakan Vegetatif Ganggang Biru
Ganggang Biru

Ganggang biru merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Ganggang biru dengan cara membelah diri yang berarti ia memanfaatkan cara vegetatif alami tanpa memanfaatkan bantuan dari tangan manusia.

Pembelahan yang terjadi ini yaitu dengan cara membelah sel induknya menjadi beberapa bagian sehingga memproduksi beberapa individu anakan sel baru yang secara umum tidak mempunyai perbedaan sifat dengan sel induknya.

  1. Bawang

Perkembangbiakan Vegetatif Bawang
Bawang

Bawang merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Bawang biasanya digunakan sebagai bahan masakan di dapur rumah kamu.

Perkembangbiakan pada tanaman bawang terdapat lapisan yang bisa menumbuhkan tunas baru di bagian tengahnya ataupun yang berada di antara cakram dan daun tanaman yang biasanya menjadi buah baru. Nama jenis tanaman bawang yang biasanya dikembangbiakan melalui tunas didapatkan hasil lapisannya dikenal sebagai jenis umbi lapis.

  1. Tanaman Wortel

Perkembangbiakan Vegetatif Wortel
Wortel

Wortel merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Wortel adalah tanaman yang tergolong ke dalam jenis tanaman umbi akar yang dimana mempunyai cara berkembang biak dengan  memanfaatkan bagian akarnya. Tanaman wortel ini mempunyai bentuk akar yang besar yang terdapat cadangan makanan.

Di bagian akar wortel ini yang akan dapat tumbuh tunas menjadi buah atau tanaman yang baru sejenis. Tetapi, perlu diingat bahwa perkembangbiakan ini dapat berlangsung apabila cara penanaman  terjadi beserta batang tanamannya.

  1. Tanaman Kentang

Perkembangbiakan Vegetatif kentang
Kentang

Kentang merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Sedikit berbeda dengan tanaman wortel, apabila wortel berkembang biak dengan menggunakan bagian akar namun kentang ini dapat berkembangbiaka dengan menggunakan bagian batang sehingga tanaman ini tergolong ke dalam jenis umbi batang.

Di dalam proses perkembang biakan, batang buah kentang ini berada di dalam tanah yang sesungguhnya yaitu merupakan bagian penyimpanan cadangan makanaan bagi tanaman itu sendiri. Di  bagian batang sebagai penyimpanan cadangan makanan dapat tumbuh tunas baru yang tentunya sekelompok dan menjadi individu baru.

  1. Strawbery

Perkembangbiakan Vegetatif Strawbery
Strawbery

Strawberry merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Perkembang biakan pada tanaman strawberry melalui dengan geragih yang dimana bagian batang tanaman strawberry ini akan menjalar pada permukaan tanah.

Dari bagian batang yang menjalar terdapat ruas batang yang menempel di tanah tersebut dan dapat tumbuh berkembang menjadi tunas strawberry baru.

  1. Pisang

Perkembangbiakan Vegetatif Pisang
Pisang

Pisang merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Di dalam pohon pisang dapat lihat berkembang biakkan dengan menggunakan tunas yang diambil dari bagian batang pohon pisang itu sendiri. Perkembang biakan tanaman pisang dikelompokkan sebagai metode adventif yaitu bertunas.

  1. Cocor Bebek

Perkembangbiakan Vegetatif Cocor Bebek
Cocor Bebek

Cocor bebek merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Hampir serupa dengan tanaman pisang, tanaman cocor bebek juga tergolong ke dalam golongan perkembang biakan adventif. Tetapi, terdapat perbedaan yaitu tunas baru pada cocor bebek akan tumbuh berkembang di bagian daunnya dan tidak pada bagian batangnya.

  1. Jamur

Perkembangbiakan Vegetatif Jamur
Jamur

Jamur merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Tanaman jamur berkembang biak yang berasal dari spora yang berada di tepi daun tanaman jamur.

Kotak spora yang berada di dalam tanaman jamur dengan sendirinya dapat tumbuh berkembang membentuk tunas yang baru. Jamur mempunyai nilai jual yang tinggi sehingga banyak para pembudidaya yang memilih jamur untuk dikembangbiakkan.

  1. Tanaman Jahe

Perkembangbiakan Vegetatif Jahe
Jahe

Berbagai jenis tanaman jahe merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Jahe adalah tanaman dengan bagian batang yang tumbuh berkembang di bawah tanah. Perkembang biakan tanaman jahe ini dapat termodifikasi batang yang dapat tumbuh berkembang menjadi beberapa ruas yang dimana ruas- ruas tersebut dapat tumbuh berkembang membentuk tunas jahe baru.

  1. Ganggang Spirogyra

Perkembangbiakan Vegetatif Ganggang Spirogyra
Ganggang Spirogyra

Ganggang spirogyra merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara alami. Tanaman ganggang spirogyra hampir serupa dengan ganggang biru, di tanaman ini menggunakan perkembang biakan yang terjadi yaitu dengan cara bagian tubuhnya yang dipotong sendiri sehingga membentuk bagian individu baru atau biasa dikenal dengan membelah diri.

Vegetatif Buatan

Vegetatif buatan adalahs erangkaian proses perkembangbiakan yang berlangsung dengan adanya unsur buatan atau bantuan manusia. Semua proses yang berlangsung secara buatan berdasarkan tujuan dan teknik pengembangbiakkannya. Adapun contoh tanamannya, sebagai berikut;

  1. Jambu air

Perkembangbiakan Vegetatif Jambu air
Jambu air

Jambu air merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara buatan. Perkembang biakan tanaman jambu air menggunakan teknik cangkok yaitu dengan menumbuhkan bagian akar yang tumbuh dari bagian batang tanaman yang dicangkokan.

Akar tumbuh dari batang tanaman jambu air itu dapat menghasilkan tanaman baru. Karakter dari tanaman yang didapatkan akan serupa dengan tanaman induknya. Biasanya tanaman yang bisa dicangkokan adalah tanaman dengan batang yang berkambium.

  1. Mawar

Perkembangbiakan Vegetatif Mawar
Mawar

Mawar merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara buatan. Perkembang biakan tanaman mawar menggunakan teknik stek yaitu dengan memanfaatkan potongan bagian tubuh tanaman itu sendiri yang tergolong bagian batang, daun, dan akar.

Metode stek yang menumbuhkan tunas baru tanpa adanya proses perkawinan atau generatif dapat dikatakan bahwa tidak butuh penanaman dari biji ataupun benih.

Tanaman mawar dengan menggunakan metode stek biasanya diambil bagian batang atau akarnya yang kemudian potongan tersebut digabungkan dengan bagian tanaman lain agar dapat menumbuhkan tunas baru tanaman mawar. Tanaman mawar akan tumbuh dengan karakter atau sifat yang sama dengan tanaman indukkan mawar.

  1. Jeruk nipis

Perkembangbiakan Vegetatif Jeruk nipis
Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara buatan. Perkembang biakan tanaman jeruk nipis menggunakan teknik menempel atau biasa dikenal dengan okulasi.

Okulasi adalah metode untuk memproduksi tanaman baru dengan cara menempelkan tunas yang muda di ranting atau batang tanaman indukkan. Tujuan dari metode okulasi yaitu menyatukan dua sifat tanaman yang berbeda dan berasal dari dua jenis tanaman.

Tanaman jeruk nipis menggunakan metode okulasi atau penempelan akan membuat tanaman hasil memiliki sifat yang unggul dan sama dengan indukan sehingga bia sesuai tujuan penggunaan okulasi.

  1. Tanaman Mangga

Perkembangbiakan Vegetatif Mangga
Mangga

Berbagai jenis tanaman mangga merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara buatan. Teknik perkembang biakan pada tanaman mangga menggunakan cara mengenten atau biasa dikenal dengan sambung pucuk atau kopulasi.

Sambung pucuk atau mengenten yaitu cara dengan menyambungkan bagian batang dengan famili atau keluarga yang sama sehingga kita dapat melakukan mengenten dengan dua jenis tanaman yang berbeda namun tetap berada di dalam satu famili atau keluarga.

Tanaman mangga dilakukan mengenten dengan menggunakan tanaman durian. Contoh tanaman yang menggunakan cara mengenten selain tanaman mangga yaitu terung dengan tomat dan durian dengan lai.

  1. Tanaman Apel

Perkembangbiakan Vegetatif Apel
Apel

Apel merupakan tanaman dengan perkembangbiakan vegetatif secara buatan. Teknik perkembang biakan pada tanaman apel menggunakan cara merunduk. Cara merunduk yaitu cara yang dilakukan dengan akar dari batang yang ditanam ditumbuhkan dengan merundukkannya ke dalam tanah.

Pada beberapa bagian cabang atau ranting yang berada di dalam tanah akan tumbuh bagian akarnya. Sesudah akar cukup kuat sehingga bagian batang yang menyathkan dengan tanaman induk bisa dipotong. Contoh tanaman lainnya yang menggunakan cara ini yaitu kangkung, sirih, dan stroberi.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai contoh tanaman dengan perekembanganbiakan vegetatif alami dan vegetatif buatan beserta manfaatnya. Semoga memberikan edukasi bagi kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *