Faktor Yang Memperngaruhi Pertumbuhan Pada Tanaman

Diposting pada

Faktor Pertumbuhan Tanaman

Pertumbuhan tanaman kerapkali ditampilkan oleh peningkatan ukuran dan berat kering yang bersifat tidak dapat kembali (irreversible). Peningkatan ukuran dan berat kering bagi suatu makhluk hidup menunjukkan pertambahan protoplasma yang dapat terjadi dengan baik disebabkan ukuran sel ataupun jumlahnya bertambah.

Peningkatan ukuran sel memiliki batasan yang disebabkan hubungan antara luas permukaan dengan volume. Dimana faktor peningkatan protoplasma selama siklusnya melalui rentetan proses yang terdiri dari pembentukan karbohidrat dari proses fotosintesis, absorbsi, translokasi, dan respirasi.

Pertumbuhan Pada Tanaman

Pertumbuhan yang ada dalam tanaman senantiasa diawali dengan pembentukan zygot, kemudian terbentuk embrio, lalu diikuti dengan proses pembelahan dan pengembangan sel hingga berlangsung proses perkecambahan biji. Apabila bagian biji telah berkecambah kemudian tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pertumbuhan bibit akan diikuti dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan organ tanaman. Siklus pertumbuhan tanaman akan berakhir apabila ada senescence hingga tanaman mati. Pertumbuhan tanaman diakibatkan oleh proses pembesaran dan pembelahan sel.

Selama pertumbuhan dan perkembangan tanaman menyebabkan pembentukan beragam organ baik organ vegetatif ataupun organ reproduksi.

Pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman terdiri dari beberapa tahapan yang diawali dengan tahapan embrionis, kemdian pertmbuhan dan perkembangan tanaman, tahap ketiga yaitu pertumbuhan dan perkembangan organ reproduktif (bunga, buah, dan biji, ataupun umbi-umbian) kemudian diakhiri dengan kematian tanaman. Menurut Michurin pertumbuhan dan perkembangan tanaman dibagi menjadi empat tahap yakni;

  1. Fase Embryonis
  2. Fase Muda
  3. Fase Dewasa
  4. Fase Menua
  5. Fase Aging

Faktor Yang Memperngaruhi Pertumbuhan Tanaman

Adapun untuk faktor yang memberikan pengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara garis besar terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Internal

Faktor internal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman, antara lain;

  1. Gen

Gen adalah substansi pembawa sifat yang berasal dari indukan ke generasi selanjutnya. Gen memberikan pengaruh pada karakter dan sifat makhluk hidup pada tanaman yang memperngaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Tanaman dengan gen tumbuh yang baik akan dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat dan baik tergantung periodenya.

  1. Hormon

Hormon adalah zat yang memiliki peran sebagai pengatur berbagai fungsi yang berada di dalam tubuh. Hormon yang berperan bagi pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman bermacam jenisnya. Berikut salah satu hormon di dalam tumbuhan

  1. Giberilin yang berfungsi dalam pembentukan biji, perkembangan dan perkecamabahan embrio.
  2. Etilen yang berfungsi dalam pematangan buah dan perontokan daun
  3. Sitokinin yang berfungsi dalam pembelahan sel atau dikenal sitokenesis seperti merangsang pembentukan akar dan cabang/ranting tanaman.
Eksternal

Adapun untuk faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman, antara lain;

  1. Nutrisi

Nutrisi tanaman adalah bahan utama dan sumber energi bagi berlangsungnya dalam proses metabolisme tubuh. Kualitas ataupun kuantitas nutrisi makanan akan memberikan pengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

  1. Cahaya Matahari

Cahaya berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup utama tanaman. Tanaman sangat membutuhkan dan bergantung pada cahaya matahari untuk berlangsungnya proses fotosintesis. Tetapi, keberadaan cahaya dapat menganggu pertumbuhan tanaman disebabkan cahaya dapat merusak hormon auksin yang berada di ujung batang.

  1. Kelembaban dan air

Air dan kelembabab merupakan faktor penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Air sangat diperlukan oleh tanaman karena sebagai tempat terjadinya reaksi kimia yang berada di dalam tubuh. Kelembaban juga penting dalam menjaga stabilitas bentuk sel.

  1. Suhu

Suhu berpengaruh nyata bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Suhu berperan bagi penyerapan air, proses fotosintesis, penguapan, dan pernapasan bagi tanaman.

  1. Tanah

Tanaha juga berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan optimal jika keadaan tanah sebagai tempat tumbuh sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan kandungan hara.

Keadaan tanah bergantung oleh faktor lingkungan lain sebagai contoh suhu, kandungan mineral, derajat keasamaan atau pH, dan air.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada kalian tentang adanya faktor internal dan eksternal yang dapat memperngaruhi pertumbuhan pada tanaman beserta dengan penjelasannya. Semoga memberikan wawasan untuk semuanya yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *