3 Fungsi Biji Bagi Tumbuhan

Diposting pada

Kegunaan biji pada tumbuhan

Dalam penjelasan singkatnya, biji- bijian merupakan biji kering yang telah diproses atau langung dapat dimakan yang  biasa dikenal dengan istilah sereal. Sereal biji- bijian merupakan pangan sumber tenaga terbesar di dunia. Di dalam biji-bijian terdapat banyak kandungan nutrisi misalnya serat, zat besi, fitonutrien, vitamin B, hingga magnesium dan masih banyak lagi nutrisi di dalam kandungan biji.

Biji

Biji Merupakan sebuah produk dari bakal biji yang matang, yang telah berada pada proses pembuahan oleh serbuk sari dan beberapa pertumbuhan di dalam tanaman induk. Selain itu biji juga dapat dikatakan sebagai alat terpenting bagi tumbuhan untuk berkembang biak.Disisi lain, biji jika dilihat secara agronomis yaitu hasil budidaya yang digunakan sebagai bahan konsumsi manusia dan juga digunakan sebagai pakan ternak.

Pengertian Biji

Biji merupakan bakal biji yang berasal dari tumbuhan berbunga yang sudah masak. Biji biasanya terlindungi oleh organ lain namun ada jenis biji yang tidak terlindungi. Namun dari segi evolusi, biji adalah embrio atau tumbuhan kecil yang sudah termodifikasi sehingga bisa bertahan lebih lama dalam keadaan yang kurang sesuai dengan pertumbuhannya.

Fungsi biji bagi tumbuhan

Fungsi biji adalah segala seuatu yang dimiliki oleh biji dan kemudian dapat diambil manfaatnya. Hampir setiap tumbuhan dapat menghasilkan biji. Biji yang dihasilkan tersebut dapat berfungsi bagi tumbuhan itu sendiri. Berikut merupakan fungsi-fungsi dari biji yang berguna bagi tumbuhan :

  1. Alat Berkembangbiak

Bagi sebatang tanaman biji merupakan alat yang paling utama bagi tumbuhan untuk berkembangbiak. Pada tumbuhan yang berbunga, apabila pembuahan atau penyerbukan berhasil maka akan menghasilkan biji.

  1. Tempat Cadangan Makanan

selain itu pada biji juga memiliki sebuah kandungan cadangan makanan agar nantinya biji dapat tumbuh akar, batang dan daun

  1. Pembentuk Tumbuhan Baru

Cara hidup setiap tumbuhan tentunya berbeda-beda.  Ada yang melalui biji dan ada juga yang tidak. Dalam hal ini biji juga dapat berfungsi sebagai pembentuk tumbuhan baru. Biji yang dihasilkan oleh tumbuhan dapat menjadi bibit yang kemudian ditanam.

Demikianlah tadi serangkaian artikel yang dapat kami bagikan kepada seluruh pembaca terkait materi fungsi-fungsi biji bagi tumbuhan. Semoga saja dapat memberikan referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkan materi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.