3 Fungsi Daun pada Tumbuhan

Diposting pada

Kegunaan Daun pada Tumbuhan

Tumbuhan merupakan makluk hidup yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tumbuhan tentunya memiliki morfologi mulai dari akar, batang, dan daun. Daun adalah salah satu struktur yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dikarenakan daun merupakan tempat untuk memproduksi makanan dari tumbuhan itu sendiri.

Selain itu daun juga memiliki kegunaan-kegunaan lainnya. Dalam artikel ini akan dibahas secara jelas terkait  fungsi-fungsi daun beserta dengan penjelasannya.

Daun

Daun merupakan salah satu bagian yang dimiliki oleh tumbuhan. Daun sendiri terletak pada ranting atau batang dan daun biasanya berhelai-helai hingga lebat. Daun ditumbuhan pada umumnya memiliki warna hijau, hal tersebut dikarenakan daun mengandung klorofil.

Fungsi Daun

Adapun fungsi daun bagi tumbuhan adalah sebagai berikut:

  1. Fotosintesis

Fotosintesisi ini adalah fungsi terpenting daun. Daun mengandung kloroplas yang memiliki klorofil pigmen yang bertanggung jawab untuk membantu dalam fotosintesis. Makanan siap diangkut ke bagian lain dari tanaman melalui jaringan floem.

  1. Membantu tanaman bernafas

Epidermis daun mengandung sel-sel penjaga yang mengontrol dan mengatur pori-pori kecil pada permukaan bawah daun. Pori-pori ini disebut stomata. Stomata bertanggung jawab untuk mengatur air masuk dan keluar sel. Ini juga bertanggung jawab untuk pertukaran gas melintasi epidermis.

  1. Penyimpanan makanan

Kegunaan daun yang lainnya yaitu sebagai tempat penyimpanan makanan. Pada beberapa tanaman, daun dimodifikasi untuk menyimpan makanan. Tanaman ini umumnya memiliki daun sukulen seperti terlihat pada tanaman xerofit.

Struktur Daun

Setiap daun terdiri dari lapisan-lapisan berikut:

  1. Epidermis

Epidermis adalah lapisan terluar dan mengeluarkan zat lilin yang disebut kutikula. Kutikula membantu menahan air di dalam sel daun. Epidermis menampung sel-sel pelindung yang mengatur pergerakan air ke dalam dan di luar sel. Sel penjaga melakukannya dengan mengontrol ukuran pori-pori yang juga disebut stomata.

  1. Mesofil

Mesofil merupakan struktur yang membentuk lapisan tengah daun. Ini dibedakan menjadi dua lapisan tergantung pada jenis sel yang ditemukan: palisade dan lapisan mesofil sepon. Di lapisan inilah kloroplas ditemukan.

Kloroplas adalah organel sel yang mengandung klorofil yang diperlukan untuk fotosintesis. Jaringan pembuluh pada daun terdapat di dalam sel mesofil sepon yang tidak teratur.

  1. Jaringan Vaskular

Jaringan vaskular sebenarnya ditemukan di pembuluh darah daun. Jaringan pembuluh terdiri dari xilem dan floem yang bertanggung jawab untuk transportasi air dan makanan.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan kepada segenap pembaca terkait materi fungsi-fungsi daun dan strukturnya pada sebuah tumbuhan. Semoga saja dapat memberikan referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.