Fungsi Kadang bagi Ternak

Diposting pada

Manfaat Kadang

Banyak sekali variasi kandang dalam berbagai jenis hewan ternak, baik bervariasi dari jenis tipenya ataupun bahan yang dimanfaatkan untuk membentuk sebuah kandang hewan ternak tersebut. Dalam pemanfaatannya bergantung pada keperluan dari pemilik hewan ternak.

Tapi yang pasti, setiap kandang hewan secara tidak langsung memberikan pengaruh pada kualitas dan kuantitas hasil pada peternakan. Kandang kewan ternak sangatlah fungsional sebab dapat menambah penghasilan bagi pemilik hewan ternak.

Kandang

Kandang adalah tempat yang dimanfaatkan dalam pemeliharaan bagi hewan ternak, tempat tersebut biasanya berupa wadah, bangunan maupun area/wilayah disesuaikan dengan jenis hewan ternak yang dimiliki. Berdasarkan jenis hewan sesuai dengan ukuran dan habitat hidup dari hewan ternak tersebut, sebagai contoh tempat memelihara sapi yaitu dengan kandang seperti pada kelinci dan ayam.

Sebagai contoh lainnya adalah dengan memelihara hewan ternak kenari yang dibentuk berupa wadah yang biasa dikenal dengan sangkar disebabkan kenari adalah hewan yang terkelompok dalam ternak hias. Definisi budidaya hewan ternak kecil berupa ulat, jangkrik, bahkan perkutut biasa dikenal dengan istilah sarang dan biasanya berupa wadah kecil saja.

Fungsi Kandang

Berikut fungsi dari kandang hewan ternak, antara lain;

  1. Melindungi keamanan hewan ternak dari tindakan pencurian

Apabila mempunyai hewan ternak hendaklah memeperhatikan kondisi dari area atau lokasi kandang hewan ternak yang akan dibangun supaya kandang hewan ternak lebih baik dan nyaman bagi hewan ternak. Tanpa adanya hewan ternak, hewan ternak akan mudah untuk berkeliaran dan mempermudah untuk para oknum tidak bertanggungjawab untuk melakukan tindakan pencurian.

  1. Menambah nilai efisiensi dari pemanfaatan tenaga kerja

Hewan ternak di setiap harinya memerlukan nutrisi, waktu istirahat dan tempat untuk melakukan perkawinan dan bereproduksi.

Apabila dalam memberikan makan pada hewan ternak di area yang tidak ada batasan atau pagar seperti wilayah kandang hewan ternak akan membuat repot dan dapat nutrisi tersebut tidak akan dimakan oleh hewan ternak yang dipelihara tetapi dimakan oleh hewan lainnya di area sekitar itu.

  1. Memproteksi hewan ternak dari climate change atau perubahan iklim

Perubahan iklim yang tak menentu seperti tiba-tiba panas sekali, sore harinya terdapat hujan dengan angin yang kencang akan menganggu kesehatan ternak yang berpengaruh pada kualitas dan kuantitas hewan ternak. Adanya kandang menjadikan hewan ternak tidak berada di lingkungan yang terjaga sehingga akan merasa nyaman dan mampu bereproduksi dengan baik. Kesehatan dan perlindungan hewan ternak pun juga turut baik.

  1. Mengantisipasi dan menjaga hewan ternak dari serangan penyakit

Banyak penyakit pada hewan ternak yang di luar sana sebagai contoh apabila kita hendak membudidayakan hewan ternak seperti ayam, mungkin di luar sana banyak ayam liar namun belum tentu keadaan ayam-ayam tersebut sehat. Apabila dibiarkan saja maka ayam yang kita pelihara akan mudah untuk terjangkit oleh penyakit disebabkan sering terserang kuman dari luar atau lingkungan yang kotor.

  1. Mempermudah dalam perawatan hewan ternak dalam produksi

Hewan ternak pastinya akan mengeluarkan kotoran maupun sisa-sia makanan apabila dibiarkan begitu saja menyebabkan lingkungan bebas akan sulit untuk dibersihkan sehingga dampak buruknya seperti pemandangan menjadi terganggu dan mengotori lingkungan karena dengan mempunyai kandang hewan ternak sehingga akan mempermudah dalam menyimpan limbah kotoran yang dapat menjadi tempat reproduksi hewan ternak.

  1. Menjaga dari adanya predator

Pada alam terbuka maka rantai makanan akan berlaku dengan adanya saling memakan, siapa yang lemah maka akan dimakan oleh siapa yang lebih kuat.

Sebagai contoh membudidayakan ayam dan dibiarkan berkeliaran begitu saja tanpa adanya bangunan kandang hewan maka ayam tersebut pasti akan dimangsa oleh anjing atau ular sehingga adanya bangunan kandang hewan ternak memberikan jaminan keamanan pada hewan ternak.

  1. Mendidik hewan ternak untuk terbiasa menurut terhadap majikan

Dengan adanya kandang yang luas dan nyaman berdasarkan ukuran tubuh dan keperluan pemilik ternak menyebabkan hewan tersebut untuk patuh dan bersikap baik terhadap majikannya sebagai contoh hewan ternak yang bisa dilatih menurut terhadap majikan adalah anjing, kucing.

  1. Melindungi hewan ternak yang masih kecil

Hewan yang masih kecil alias anakan sebagai contoh anak kucing apabila diletakkan pada lingkungan luar yang berbahaya maka dengan adanya kandang menyebabkan aman dan dapat berdekatan dengan sang induk agar dapat tumbuh dengan baik.

  1. Tempat untuk beradaptasi

Tempat untuk memudahkan hewan ternak untuk penyesuaian diri sebagai contoh burung dari alam dan dipelihara maka lebih baik diletakkan di kandang sehingga aman dan adaptasi dari lingkungan luar dapat menjinakkannya menjadi hewan peliharaan.

  1. Mempermudah dalan reproduksi

Kandang hewan ternak yang nyaman dan aman akan menjadikan tempat yang sesuai untuk proses perkawinan atau reproduksi bagi hewan dalam arti ternak sehingga perkembang biakan atau budidaya hewan ternak dapat terlaksana dengan baik.

Manfaat Kadang

Adapun untuk secara umum, manfaat lainnya dari kandang secara umum. Antara lain;

  1. Memberikan batasan terhadap ruang gerak pada hewan ternak
  2. Menyediakan asupan pakan dan minum yang baik
  3. Menciptakan hasil produksi yang lebih bersih
  4. Mengelola dan mengawasinya lebih mudah
  5. Menghindari adanya pencemaran lingkungan dari kotoran hewan ternak

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi kadang bagi hewan ternak beserta dengan manfaat dan contohnya. Semoga memberikan wawasan untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *