Fungsi Kandang Bagi Ternak dan Syaratnya

Diposting pada

Fungsi Kandang Ternak

Kandang untuk arti hewan ternak adalah keperluan penting yang diperhatikan apabila ingin melakukan budidaya hewan ternak atau berwirausaha dengan sistem peternakan. Alasannya karena kandang hewan ternak menjadi bangunan atau struktur untuk memelihara hewan ternak dipelihara.

Adapun disisi lainnya, fungsi utama dalam pembuatan kandang hewan ternak yaitu untuk melindungi hewan ternak agar tidak pergi atau berkeliaran serta mempermudah pengawasan dan pemeliharaan ternak. Meskipun terdapat manfaat lainnya.

Kandang

Kandang adalah tempat bagi hewan ternak yang dibuat oleh manusia agar dapat menghindari dari orang yang hendak melakukan pencurian ataupun dari binatang liar atau buas. Sehingga dengan adanya kandang dapat mempermudah dalam pengawasan, pemberian pakan, dan membersihkan kotoran dari hewan yang dipelihara.

Oleh karena alasan itulah kandang juga dapat menjadi tempat untuk mengawasi tingkah laku hewan ternak yang sedang sakit dengan lebih aman.

Fungsi Kandang Ternak

Adapun untuk berbagai fungsi adanya pembangunan kandang bagi hewan ternak. Antara lain;

  1. Mempermudah proses pemantauan

Fungsi adanya pembangunan kandangn ialah mempermudah pemantauan untuk keadaan hewan ternak sehari-hari, baik mengenai masalah kesehatan, produksi hasil, dan reproduksi. Sehingga dalam hal inilah panen yang dihasilkan akan lebih maksimal.

  1. Mempermudah pemeliharaan

Manfaat dari pembangunan kandang lainnya, ialah mempermudah dalam pemberian pakan dan air minum serta pemeliharaan kesehatan dan pemeliharaan yang lain. Atas dasar inipula sehingga budidaya yang dilakukan dalam dikontrol dengan baik

  1. Mempermudah pemanenan

Manfaat lainnya, dalam pembangunan kandang ialah memberikan kemudahan dalam pemanenan dan pemungutan pada hasil produksi. Alasannya kateika ada jenis hewan unggas yang tidak dikandang bisanya untuk telur atau proses pertumbuhannya kurang baik.

  1. Memperkecil Biaya

Peran kandang lainnya ialah mampu untuk menghemat biaya dan energi dari tenaga kerja yang dikeluarkan. Alasannya karena ketika kandang dibangun dengan sistem terbaik bisanya setiap kali ada yang bermasalah dapat langsung diatasi.

  1. Menjaga hewan ternak

Peran lainnya dari pembangunan kandang ialah mampu memberikan penjagaan dari serangan predator binatang buas maupun pencuri/maling. Konsep ini memiliki nilai lebih dimasyarakat alasannya karena dengan strukturnya hewan akan sangat sulit dikeluarkan.

  1. Memberikan Kenyamanan

Peran dan fungsi lainnya dari pembangunan kandang ialah mampu untuk mendapatkan dukungan kenyamanan pada hewa ternak, hingga akhirnya jenis hewan ternak yang dibudidaya dapat berhasil dengan optimal berdasarkan potensi genetiknya.

  1.  Memberikan pertumbuhan dan produktifitas hewan ternak

Kandang bisa dikatakan menjadi tempat untuk menjaga dari sengatan sinar matahari, panas, hujan bahkan angin dan cuaca buruk. Dengan adanya kandang hewan ternak dapat menjadikan ternak lebih hidup dengan nyaman dan memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan dan produktifitas hewan ternak.

  1. Mengindari Berbagai Jenis Penyakit

Kandang yang dibuat oleh perternak supaya hewan ternak yang dipelihara supaya tercegah dari paparan sinar matahari yang menyengat, derasnya hujan secara langsung, dan cuaca ekstrim ataupun faktor lain yang akhirnya menjadi penyebab hewan ternak terkena penyakit.

  1. Memberikan Adaptasi

Fungsi lainnya yang dimiliki dari kandang ialah memberikan proses adaptasi yang memungkinkan percepatan dalam pemanenan. Meskipun banyak ragam variasi tipe dan bentuk desain kandang hewan ternak. Tetapi yang pasti keluruh kandang hewan ternak dibuat oleh pemilik ternak dilandasi untuk keperluan peternak/adaptasinya.

Syarat Kandang Yang Baik

Terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  1. Kebututhan air dan pakan tiap harinya dapat terpenuhi.
  2. Ketersediaan sumber air untuk membersihkan ata mencuci kandang dan hewan ternak.
  3. Terhindar dari tempat pemukiman atau tidak menganggu kesehatan bagi pemilik atau lingkungan.
  4. Akses jalan menuju kandang mudah dan memadai.
  5. Kebutuhan bahan dan perabotan dalam pembuatan kandang.
  6. Tempat pembuangan limbah dan kotoran terkelola dengan baik.
  7. Kandang terhindar dari sinar matahari dan pertukaran udara berjalan dengan baik
  8. Kandangan berlingkungan yang kering dan bersih.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tujuan dan fungsi utama dalam pembuatan kandang yaitu pengelolaan hewan ternak secara efisiensi yang berarti kandang mempermudah dalam perawatan atau pemeliharaan hewan ternak.

Nah, itulah saja informasi yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan fungsi utama pembuatan kandang bagi ternak dan syaratnya. Semoga bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *