Pengertian Genus, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Genus

Klasifikasi dalam definisi kingdom pada dasarnya sangat umum yang terdiri dari hewan dan arti tumbuhan. Sebaliknya, pembagian genus atau marga lebih spesifik. Pada dasarnya, sistem klasifikasi terus berkembang saat spesies baru ditemukan. Cakupan terluas adalah domain (hanya ada tiga) yang menempati peringkat taksonomi teratas, sedangkan spesies adalah yang paling spesifik.

Genus adalah peringkat kategori taksonomi yang digunakan dalam klasifikasi biologi di bawah famili dan di atas spesies. Spesies yang menunjukkan karakteristik serupa terdiri dari satu genus. Baik hewan maupun tumbuhan, serta kerajaan makhluk hidup lainnya memiliki bermacam-macam genus. Salah satu contohnhya yaitu pada hewan, famili felidae (kucing) terdiri dari genus termasuk felis, panthera dan puma. Begitu pula pada tumbuhan, misalnya terdapat genus Euphorbia, Begonia, Ixora, dan lain-lain.

Genus

Klasifikasi ilmiah adalah upaya besar-besaran yang digunakan para ahli biologi untuk mengelompokkan dan mengkategorikan semua spesies organisme yang punah dan masih hidup. Taksonomi biologi modern berakar pada sistem Carolus Linnaeus, yang mengelompokkan spesies menurut karakteristik fisik yang sama.

Pengelompokan telah direvisi sejak Linnaeus untuk mencerminkan prinsip Darwinian tentang keturunan bersama. Sistematika molekuler, yang menggunakan analisis DNA genomik, telah mendorong banyak revisi baru-baru ini dan kemungkinan besar akan terus demikian.

Klasifikasi ilmiah umumnya memiliki struktur hierarkis. Di antara famili dan spesies, terkadang kategori lain juga digunakan, seperti subfamili (di atas genus) dan subgenus (di bawah genus). Suatu genus di satu kingdom atau domain diperbolehkan untuk menyandang nama yang digunakan sebagai nama genus atau nama takson lain di kerajaan lain.

Meskipun hal ini tidak dianjurkan baik oleh International Code of Zoological Nomenclature and the International Code of Botanical Nomenclature, ada sekitar 5.000 nama yang digunakan di lebih dari satu kerajaan.

Misalnya, Anura adalah nama dari ordo katak, tetapi juga digunakan untuk nama satu marga tumbuhan; Aotus adalah genus kacang polong emas dan monyet malam (monyet burung hantu atau douroucoulis); Oenanthe adalah genus wheatears (burung) dan water dropworts (tanaman); dan Prunella adalah genus accentors (burung) dan self-heal (tumbuhan).

Jelas, dalam kerajaan yang sama, satu nama generik hanya dapat diterapkan pada satu genus. Ini menjelaskan mengapa genus platypus dinamai Ornithorhynchus, George Shaw menamakannya Platypus pada tahun 1799, tetapi nama Platypus telah diberikan kepada Platypus cylindrus, (penggerek lubang jarum kayu ek) oleh Johann Friedrich Wilhelm Herbst pada tahun 1793.

Karena kumbang dan platypus sama-sama merupakan anggota kerajaan Animalia , nama Platypus tidak bisa digunakan untuk keduanya. Johann Friedrich Blumenbach menerbitkan nama pengganti Ornithorhynchus pada tahun 1800.

Pengertian Genus

Genus adalah peringkat klasifikasi biologis antara famili dan spesies yang terdiri dari spesies terkait secara struktural atau filogenetik atau spesies terisolasi tunggal yang menunjukkan diferensiasi yang tidak biasa (genus monotipe).

Nama genus adalah kata pertama dari nama ilmiah binomial (nama spesies adalah kata kedua) dan selalu menggunakan huruf besar.

Pengertian Genus Menurut Para Ahli

Adapun definisi genus menurut para ahli, antara lain:

  1. Biology Dictionary, Genus adalah sekelompok spesies yang berkerabat dekat. Sebuah genus mewakili salah satu dari beberapa kategori hierarkis yang disebut taksa (taksongenera tunggal (jamak genus) hanya mencakup sekelompok kecil spesies yang berevolusi dari satu nenek moyang yang relatif baru.
  2. Biology Online, Genus biologis didefinisikan sebagai peringkat taksonomi yang terdiri dari spesies dengan atribut umum. Ini termasuk kelompok spesies yang secara struktural mirip atau terkait secara filogenetik.
  3. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Genus adalah tataran dalam taksonomi yang ada di bawah keluarga dan di atas spesies; marga (Biologis)
  4. Your Dictionary, Genus adalah golongan barang-barang seperti sekelompok arti hewan atau tumbuhan dengan sifat, kualitas atau ciri yang serupa.

Macam Genus dan Contohnya

Setiap keluarga hewan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang disebut genus. Setiap genus mencakup hewan yang memiliki ciri yang sangat mirip dan berkerabat dekat.

Misalnya, famili Felidae (Kucing) terdiri dari genus termasuk Felis (Kucing kecil dan Kucing domestik), Panthera (Macan, Macan Tutul, Jaguar dan Singa) dan Puma (Panthers dan Cougars).

  1. Felis

Felis adalah genus spesies kucing berukuran kecil dan sedang yang berasal dari sebagian besar Afrika dan di selatan garis lintang 60 ° di Eropa dan Asia hingga Indocina. Genusnya termasuk kucing domestik. Spesies Felis terkecil adalah kucing berkaki hitam dengan panjang kepala dan tubuh 38 hingga 42 cm (15 hingga 17 in). Yang terbesar adalah kucing hutan dengan panjang kepala dan tubuh 62-76 cm (24-30 in).

Studi genetik menunjukkan bahwa genera Felinae Felis, Otocolobus dan Prionailurus menyimpang dari nenek moyang Eurasia Felidae sekitar 6,2 juta tahun yang lalu, dan bahwa spesies Felis terpisah 3,04 hingga 0,99 juta tahun yang lalu.

  1. Panthera

Panthera adalah genus dalam famili Felidae yang dinamai dan dideskripsikan oleh Lorenz Oken pada tahun 1816 yang menempatkan semua kucing tutul dalam kelompok ini. Reginald Innes Pocock merevisi klasifikasi genus ini pada tahun 1916 yang terdiri dari spesies harimau (P. tigris), singa (P. leo), jaguar (P. onca), dan macan tutul (P. pardus) berdasarkan ciri-ciri tengkorak umum .

Hasil analisis genetik menunjukkan bahwa macan tutul salju (sebelumnya Uncia uncia) juga termasuk dalam Panthera (P. uncia), klasifikasi yang diterima oleh penilai Daftar Merah IUCN pada tahun 2008. Harimau, singa, macan tutul, dan jaguar merupakan satu-satunya spesies kucing dengan struktur anatomi yang memungkinkan mereka mengaum.

Alasan utama untuk ini sebelumnya dianggap sebagai osifikasi tulang hyoid yang tidak lengkap. Namun, studi baru menunjukkan kemampuan mengaum ini disebabkan fitur morfologi lain, terutama dari laring. Macan tutul salju tidak mengaum. Meskipun tulang hyoidnya tidak sepenuhnya mengeras, ia tidak memiliki morfologi khusus laring.

  1. Puma

Puma adalah genus dalam famili Felidae yang mencakup cougar (juga dikenal dengan nama puma dan singa gunung), dan mungkin juga termasuk beberapa perwakilan fosil Dunia Lama yang kurang dikenal (misalnya, Puma pardoides, atau macan kumbang Owen, kucing besar seperti cougar dari Pliosen Eurasia).

Selain fosil Dunia Lama yang potensial ini, beberapa perwakilan fosil Dunia Baru juga dimungkinkan, seperti Puma pumoides dan dua spesies yang disebut “cheetah Amerika”. Puma mampu mencapai ukuran yang lebih besar daripada beberapa individu kucing “besar” lainnya.

Meskipun ukurannya besar, mereka dianggap lebih dekat hubungannya dengan spesies kucing yang lebih kecil. Ketujuh subspesies puma semuanya memiliki karakteristik yang serupa, tetapi cenderung bervariasi dalam warna dan ukuran.

Puma dianggap sebagai salah satu kucing yang paling mudah beradaptasi di benua Amerika, karena mereka ditemukan di berbagai habitat yang berbeda, tidak seperti berbagai spesies kucing lainnya.

Selain macam-macam genus hewan seperti yang telah dijabarkan di atas, berikut ini akan diulas secara singkat pula beberapa macam genus pada tumbuhan, diantaranya yaitu:

  1. Euphorbia

Euphorbia adalah genus tanaman berbunga yang sangat besar dan beragam, biasa disebut spurge, dalam keluarga spurge (Euphorbiaceae). “Euphorbia” kadang-kadang digunakan dalam bahasa Inggris biasa untuk secara kolektif mengacu pada semua anggota Euphorbiaceae (untuk menghormati tipe genus), tidak hanya untuk anggota genus.

Beberapa biasanya dibudidayakan sebagai tanaman hias, atau dikumpulkan dan sangat dihargai karena penampilan estetika dari struktur bunganya yang unik, seperti tanaman mahkota duri (Euphorbia milii).

Euphorbias dari gurun Afrika Selatan dan Madagaskar telah mengembangkan karakteristik fisik dan bentuk yang mirip dengan kaktus di Amerika Utara dan Selatan, sehingga mereka (bersama dengan berbagai jenis tumbuhan lainnya) sering salah disebut sebagai kaktus.

Beberapa digunakan sebagai ornamen dalam lansekap, karena bentuk keseluruhan yang indah atau mencolok, dan toleransi kekeringan dan panas. Euphorbias berkisar dari tanaman tahunan kecil hingga pohon besar dan berumur panjang. Genus ini memiliki lebih dari atau sekitar 2.000 anggota, menjadikannya salah satu genera tanaman berbunga terbesar.

  1. Begonia

Begonia adalah genus tanaman berbunga abadi di keluarga Begoniaceae. Genus tersebut berisi lebih dari 1.800 spesies tumbuhan yang berbeda. Genus tumbuhan yang satu ini berasal dari iklim subtropis dan tropis yang lembab.

Beberapa spesies biasanya ditanam di dalam ruangan sebagai tanaman hias hias di iklim yang lebih sejuk. Di iklim yang lebih sejuk, beberapa spesies dibudidayakan di luar pada musim panas untuk menghasilkan bunga berwarna-warni cerah, yang memiliki sepal tetapi tidak memiliki kelopak.

Begonia memiliki jumlah spesies sekitar 1.831. Spesies ini adalah tumbuhan terestrial (kadang epifit) atau tumbuhan bawah, dan tumbuh di daerah beriklim lembab subtropis dan tropis, di Amerika Selatan dan Tengah, Afrika, dan Asia Selatan.

Spesies darat di alam liar biasanya bertangkai tegak, rhizomatous, atau tuberous. Beberapa contoh spesies begonia diantaranya yaitu Begonia coccinea, Begonia foliosa, Begonia grandis Dryand, Begonia oblique.

  1. Solanum

Solanum adalah genus tanaman berbunga yang besar dan beragam, yang meliputi tiga tanaman pangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, yaitu kentang, tomat, dan terong. Ini juga berisi nightshade (tanaman yang berelasi dengan kentang, biasanya memiliki beri hitam atau merah yang beracun) dan jelatang kuda, serta banyak tanaman yang dibudidayakan untuk bunga dan buah hias mereka.

Spesies solanum menunjukkan berbagai kebiasaan tumbuh, seperti tanaman tahunan dan tanaman keras, tanaman merambat, sub-semak, semak, dan pohon kecil. Banyak genera yang sebelumnya berdiri sendiri seperti Lycopersicon (tomat) dan Cyphomandra sekarang dimasukkan dalam Solanum sebagai subgenera atau bagian. Jadi, genus saat ini berisi kira-kira 1.500 sampai dengan 2.000 spesies.

  1. Ixora

Ixora adalah genus tanaman berbunga di famili Rubiaceae. Ini adalah satu-satunya genus di suku Ixoreae. Ini terdiri dari pohon cemara tropis dan semak dan menampung sekitar 562 spesies.

Meskipun asli daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, pusat keanekaragamannya ada di Asia Tropis. Ixora juga tumbuh secara umum di daerah beriklim subtropis di Amerika Serikat, seperti Florida yang umumnya dikenal sebagai Melati India Barat.

Tanaman ini memiliki daun kasar, panjangnya berkisar antara 3 hingga 6 inci, dan menghasilkan kelompok besar bunga kecil di musim panas. Anggota Ixora lebih menyukai tanah asam, dan merupakan pilihan yang cocok untuk bonsai.

Ini juga merupakan pilihan populer untuk pagar tanaman di beberapa bagian Asia Tenggara. Di iklim tropis bunga ini berbunga sepanjang tahun dan biasanya digunakan dalam peribadatan Hindu, serta dalam ayurveda dan pengobatan tradisional India. Contoh tanaman dari genus yang satu ini misalnya Ixora coccinea, Ixora pavetta, Ixora chinensis, dan lain-lain.

  1. Panicum

Panicum (panicgrass) merupakan genus besar dari sekitar 450 spesies rumput yang berasal dari seluruh wilayah tropis dunia, dengan beberapa spesies meluas ke zona beriklim utara. Mereka seringkali merupakan rumput besar, tahunan atau abadi, tumbuh hingga setinggi 1 hingga 3 m.

Bunganya tumbuh dalam bentuk malai yang tumbuh dengan baik sering kali panjangnya mencapai 60 cm dengan banyak biji, dengan panjang 1 sampai 6 mm dan lebar 1 hingga 2 mm. Arti buah ini dikembangkan dari spikelet berbunga dua.

Hanya kuntum atas dari setiap spikelet yang subur; kuntum bawah steril atau staminate (memiliki benang sari tetapi tidak memiliki putik). Australia memiliki 29 spesies asli dan 9 spesies Panicum introduksi. Contoh tanaman dari genus yang satu ini misalnya Panicum antidotale, Panicum capillare, Panicum lycopodioides, Panicum maximum, Proso millet.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian genus menurut para ahli, jenis, dan contohnya. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi segenap pembaca yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *