Habitat Kacang Hijau

Diposting pada

Habitat Tumbuh Kacang Hijau

Kacang hijau pada dasarnya adalah salah satu komoditas legum dengan umur pendek yaitu kurang lebih dari 60 hari. Dimana arti tumbuhan kacang hijau ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh yakni berperan sebagai obat-obatan tradisional.

Tetapi yang pasti, kacang hijau dapat tumbuh dengan baik di lahan pertanian apabila habitat tumbuhnya sesuai dengan kondisi kacang hijau. Kacang hijau biasanya berada di hujan optimal 50 hingga 200 mm/bulan, suhu 25 sampai dengan 27 °C, kelembaban udara 50 hingga 80% dan memperoleh sinar matahari yang cukup. Dalam pertumbuhan kacang hijau, membutuhkan tanah tidak terlalu banyak partikel liat.

Kacang Hijau

Kacang hijau yang dikenal dengan mung bean, golden gram, ataupun green gram merupakan komoditas dalam arti serelia dengan memiliki potensi pasar yang menjanjikan sebab sampai saat ini masih bisa dikembangkan olahannya. lantaran ciri tanaman kacang hijau ini memiliki kandungan gizi cukup tinggi.

Habitat Tumbuh Kacang Hijau

Penjelasan spesifik mengenai syarat untuk lingkungan tempat tubuh kacang hijau dalam berbagai jenis lahan pertanian yang tersedia. Yakni;

  1. Iklim

Kacang hijau umumnya hidup pada daerah dengan iklim tropis yang mempunyai curah hujan optimal berkisar 50 sampai dengan 200 mm/bulan. Kacang hijau termasuk jenis tanaman palawija sehingga kacang hijau tidak terlalu banyak memerlukan sistem pengairan yang berbeda dengan komoditas lainnya.

Apabila berkunjung ke sawah, maka dapat menemukan komoditas kacang hijau ini dibudidayakan di pematang sawah sebagai tanaman tambahan di samping membudidayakan berbagai jenis padi. Kacang hijau dapat hidup di kondisi iklim tropis dan mudah untuk dibudidayakan.

  1. Suhu

Kacang hijau dapat hidup di areal persawahan dengan suhu sedang yang berarti tidak dingin seperti daerah pegunungan namun juga tidak panas seperti gurun pasir. Kacang hijau dapat tumbuh di suhu optimal yakni berkisar 25 hingga mencapai 27 derajat celcius.

Sehingga kacang hijau hanya berada di suhu yang lembab namun tidak sampai basah atau dingin seperti pada dataran tinggi.

  1. Kelembaban

Lingkungan tempat hidup kacang hijau sangat memerlukan kelembaban yang berkisar antara 50% sampai 80% dan usahakan untuk memerlukan cahaya matahari secara cukup. Jika dibudidayakan di daerah pekarangan rumun dapat tumbuh dengan lebih mudah.

  1. Media tanam

Terdapat tiga media tanam umumnya menjadi lahan tumbuh komoditas kacang hijau ini yang pertama di lahan sawah bekas komoditas padi, kedua berada di tanah yang bertekstur ringan tak perlu diakukan pengolahan tanah dan ketiga berada di pertanian lahan kering.

Jenis ketiga ini membutuhkan pengolahan tanah secara intensif yakni dilakukan pembersihan dahuu dari rumput, kemudian digemburkan dan dibuat petakan dengan lebar 3 hingga 4 m.

  1. Ketinggian tempat

Untuk dapat membudidayakan yang baik sebagai komoditas tanaman kacang hijau tak perlu khawatir mengenai ketinggian tempat sebab kacang hijau dapat tumbuh di ketinggian berkisar 0 hingga 500 meter di atas permukaan laut.

  1. Jenis tanah

Tanah yang digunakan adalah jenis tanah latosol dan regosol. Kedua jenis tanah tersebut dapat digunakan setelah membudidayakan komoditas padi terlebih dahulu. Keasaman tanah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan optimal yakni 5,5 hingga 6,5. Tanah yang digunakan biasanya mengandung bahan organik tinggi sangat cocok untuk komoditas kacang hijau.

Kacang hijau dapat ditanam dengan ketinggian 5 hingga 700 dpl. Pada daerah dengan ketinggian di atas 700 dpl produktivitas kacang hijau dapat menurunkan produktivitas dan umur panen yang lebih panjang.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami bagikan pada semua kalangan berkenaan dengan habitat tumbuh untuk tanaman kacang hijau. Semoga bisa memberikan wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *