Habitat Tumbuhan Kentang dan Cirinya

Diposting pada

Habitat Kentang

Kentang adalah salah satu jenis tumbuhan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Kentang merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam jenis umbi-umbian. Menurut sejarah, kentang adalah tanaman yang berasal dari daratan Amerika Selatan tepatnya di pegununangan Andes. Kentang tentunya memiliki ciri yang hampir sama dengan tanaman umbi-umbian yang lainnya. Habitat tanaman kentang ini dapat tumbuh pada daerah yang memiliki iklim tropis.

Kentang

Tanaman kentang merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki bentuk umbi, warna kulit umbi, warna daging umbi, dan mata tunas bermacam- macam sesuai varietas. Umbi kentang memiliki bentuk bulat, lonjong, meruncing, dan berukuran kecil sampai besar. Kentang merupakan jenis komoditas umbi yang terdapat kandungan tinggi dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan pengganti makanan pokok. Kentang sebagai makanan pokok sesudah beras dan gandum.

Umbi kentang adalah bagian dari batang yang berguna sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan dan untuk berproduksi. Komoditas kentang berasal dari umbi yang tak mempunyai akar utama namun hanya mempunyai akar serabut yang berukuran kecil dan memiliki warna putih yang panjang kentang dapat mencapai 60 cm.

Habitat Kentang

Kentang atau Solanum tuberosum L berasal dari daerah subtropis yakni di Pegunungan Andes, Amerika Selatan, yang terletak di perbatasan antara Bolivia dan Peru. Komoditas kentang berbentuk semak atau herba yang merupakan jenis tanaman semusim dan mempunyai umbi batang yang dapat dikonsumsi. Penyebaran komoditas kentang bermulai di Amerika Selatan yang kemudian menyebar ke berbagai negara di belahan dunia.

Kentang adalah salah satu komoditas umbi- umbian yang mengandung karbohidrat tinggi dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan pengganti makanan utama oleh masyarakat Indonesia. Kentang adalah salah satu bahan makanan pokok dunia sesudah beras dan gandum. Kentang merupakan komoditas yang tumbuh dengan baik di areal beriklim tropis dan subtropis dengan ketinggian 500 hingga 3.00 mdpl. Kentang dapat ditanam dengan tanah yang memiliki derajat keasaman pada rentang 4,5 hingga 8.

Kentang dapat tumbuh dan produksi baik jika dibudidayakan pada keadaan lingkungan yang cocok dengan persyaratan tumbuhnya. Umbi kentang merupakan umbi batang yang terbentuk dari proses pembesaran ujung stolon dan terdapat kandungan karbohidrat, vitamin, lemak, protein, mineral, dan air.

Ciri Kentang

Berikut merupakan ciri-ciri tumbuhan kentang :

  1. Batang bercabang dan berongga kecuali pada tanaman yang sudah tua batangnya akan mengeras menyerupai kayu
  2. Memiliki daun majemuk
  3. Memiliki bunga yang berbentuk seperti terompet,namun adapula yang tidak berbunga terganung varietasnya
  4. Umbi kentang terbentuk dari cabang samping diantara akar yang berungsi sebagai tempat penyimpan cadangan makanan.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh pembaca terkati dengan materi habitat tumbuhan kentang beserta dengan cirinya. Semoga saja dapat memberikan manfaat serta menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.