Habitat Tumbuhuhan Semangka

Diposting pada
Habitat Semangka
Habitat Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Banyak negara-negara yang sudah melakukan budidaya untuk tanaman ini. Pada negara Indonesia, semangka dibudidayakan di daerah Jawa Tengah terkhusus daerah D.I Yogyakarta, Magelang, dan Kulonprogo, di Jawa Barat pada terdapat pada daerah Indramayu dan Karawang, sementara di daerah Jawa Timur terletak di Malang dan Banyuwangi.

Berbagai macam jenis semangka yang sudah dikembangkan, di Indonesia terdapat dua jenis yang dibudidayakan dengan luas yakni semangka lokal dan semangka hibrida impor yang termasuk hasil persilangan hibrida. Secara umum, morfologi semangka terdiri dari batang kecil dengan batang berkisar 5 cm. Batang semangka dapat tumbuh merambat mencapai 3 sampai 5 cm.

Tanaman Semangka

Tanaman semangka berasal dari Afrika, daerah tropika yang terdapat cahaya matahari yang penuh dan suhu udara tinggi. Iklim yang kering dan panas serta cahaya matahari yang cukup merupakan keperluan bahan pokok bagi tanaman. Jika pemenuhan cahaya matahari yang kurang akan menyebabkan pembungaan terganggu sehingga akan berpengaruh pada proses pembuahan.

Untuk menanam semangka diperlukan ketinggian tempat yang ideal yaitu 0 hingga 400 mdpl. Ketinggian sekitar 400 hingga 900 mdpl akan mengakibatkan pertumbuhan terganggu. Dan di ketinggian lebih dari 700 mdpl menyebabkan buah bermutu rendah dengan rasa yang kurang manis. Suhu ideal untuk budidaya semangka berkisar antara 25 hingga 30 derajat celcius. Suhu tersebut idealdi ketinggian tempat mencapai 300 mdpl.

Habitat tumbuh tanaman semangka

Berikut syarat habitat tumbuh tanaman semangka, antara lain:

  1. Kondisi Iklim

Tanaman semangka dapat tumbuh subur lebih baik di kondisi iklim yang kering maka tanaman ini membutuhkan suhu yang panas untuk mendukung pertumbuhan semangka. Suhu yang tepat untuk tanaman semangka sekitar 25 hingga 30 derajat celcius dengan suhu pembungaan yang berkisar 25 derajat celcius.

Sebab membutuhkan suhu panas bagi pertumbuhan tanaman semangka. Semangka juga memerluka cahaya matahari penuh supaya pertumbuhan dapat berlangsung dengan optimal. Jika semangka berada di tempat ternaungi maka pertumbuhan semangka akan kurang sehat ditandai dengan daun lemas dan tipis serta pembentukan bunga dan buah yang terganggu. Curah hujan untuk semangka termasuk rendah yakni berkisar 40 hingga 50 mm per bulan.

  1. Media tanam

Tanaman semangka memerlukan tanah yang gembur dan berpasir supaya dapat tumbuh subur. Hal ini disebabkan tanaman semangka mempunyai sistem perakaran yang dalam maka tanah gembur dan berpasir akan mempermudah bagian akar untuk tumbuh subur dan menyerap kandungan hara dari dalam tanah. Sementara itu, pH yang dipunyai oleh tanah harus sekitar antara 6 hingga 6,7.

  1. Ketinggian tempat

Semangka dapat tumbuh subur di suhu yang panas. Semangka dapat tumbuh lebih optimal dengan dibudidayakan di dataran rendah dengan ketinggian berkisar 0 hingga 400 mdpl. Akan tetapi, semangka dapat tumbuh subur di dataran tinggi.

Demikianlah arikel yang dapat dibagikan kepada seluruh pembaca terkait dengan materi habitat tumbuh tanaman semangka. Semoga saja dapat memberikan ilmu pengetahuan dan menjadi referensi bagi kalian semua yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.