Tanaman Herbal dari Tumbuhan Berbuah

Diposting pada

Herbal Buah Adalah

Alam kita kaya akan tanaman, baik tanaman yang bisa dimakan, jenis tanaman hiasan, bahkan tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Tanaman yang dapat digunakan untuk obat inilah yang biasanya kita sebut dengan tanaman herbal. Tanaman herbal banyak ditanam di pekarangan rumah atau yang lebih dikenal dengan istilan tanaman obat keluarga atau TOGA.

Terdapat beragam jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagi obat dengan beragam pula manfaatnya mulai dari menyembuhkan flu hingga penyakit serius lainnya. Salah satu jenis tanaman obat misalnya kunyit bisa bermanfaat untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit radang, seperti radang sendi; mencegah kanker; dan beberapa penyakit kulit

Tanaman Herbal Buah

Herbal buah dapat diartikan sebagai tanaman berbuah yang mempunyai khasiat obat dan digunakan sebagai obat dalam penyembuhan maupun pencegahan untuk berbagai jenis penyakit yang menyarang manusia dalam keseharian.

Berkhasiat obat itu sendiri bisa diartikan bahwa tanaman tersebut mengandung zat aktif yang berfungsi untuk mengobati penyakit tertentu atau jika tidak mengandung zat aktif tertentu tapi mengandung efek resultan/sinergi dari berbagai zat yang berfungsi mengobati.

Jenis Tanaman Berbuah untuk Obat

Adapun beragam jenis tanaman buah yang sekaligus bisa dijadikan sebagai tanaman obat, antara lain sebagai berikut;

  1. Alpukat

Gambar Tanaman Herbal Alpukat

Alpukat merupakan tanaman buah yang mengandung Vitamin B, Vitamin C, Zat besi, Kalsium, Fosfor, Lemak baik. Lemka baik yang terkandung dalam alpukat bermanfaat pada sistem kardiovaskular. Alpukat juga bisa meminimalisir inflamasi pada sistem pencernaan dan dinding perut.

  1. Pepaya

Gambar Tanaman Obat Pepaya

Tanaman pepaya merupakan tanaman buah yang bagus untuk pencernaan. Ketika orang-orang mengalami kesulitan buang air besar (BAB), maka disarankan banyak-banyaklah untuk mengonsumsi papaya, agar BAB bisa lancar. Hal tersebut disebabkan karena papaya kaya akan serat.

Selain buah, daun papaya juga memiliki khasiat sebagai obat herbal, diantaranya yaitu dapat mengontrol tekanan darah, mengobati penyakit demam berdarah, meredakan nyeri saat menstruasi, menyingkirkan gangguan fungsi pencernaan karena mengandung karpain untuk menghambat mikroorganisme jahat.

  1. Jeruk Nipis

Gambar Buah Obat Jeruk Nipis

Jeruk nipis kayak akan Vitamin C. Jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai campuran sambal hingga minuman teh. Mengonsumsi jeruk nipis bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit, diantaranya yaitu batu ginjal, vertigo, radang tenggorokan dan batuk, tekanan darah tinggi, amandel, ambeien, difteri, panu.

  1. Belimbing

Gambar Buah Obat Belimbing

Belimbing yang biasanya ada dalam pekarangan rumah sejatinya kaya dengan kandungan air dan vitamin C. Selain itu juga belimbing juga mengandung asam osalat, sehingga bagus bagi orang yang memiliki masalah pada organ ginjal.

  1. Mengkudu

Buah Obat Mengkudu

Buah mengkudu memiliki bau dan rasa yang kurang sedap. Meskipun demikian, buah yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Beberapa risiko penyakit yang bisa ditangkal dan disembuhkan oleh mengkudu diantaranya yaitu mencegah infeksi karena mampu membunuh bakteri jahat, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah tekanan darah tinggi karena melancarkan sistem peredaran darah.

Selain itu, mengkudu juga bermanfaat untuk melegakan perut kembung, menyembuhkan radang pada lambung dan luka pada usus halus, anti kanker, mengobati sakit kuning.

Nah, itulah tadi penjelasan dan pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan jenis-jenis tanaman herbal dari tumbuhan berbuah. Semoga melalui postingan ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *