Hewan Anjing: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Hewan Anjing

Banyak sekali di zaman sekarang orang-orang yang memelihara hewan anjing. Lalu apakah anda sudah mengenal binatang anjing? Pasti jawabnya sudah mengenal dan sering mendengar arti hewan tersebut.

Anjing pada dasarnya adalah hewan sosial yang sering dipelihara untuk difungsikan sebagai hewan pelindung. Walaupun dikenal sebagai hewan yang galak namun sebetulnya anjing termasuk binatang yang perilakunya bisa dilatih, diajak bermain, dan bisa tinggal bersama dengan manusia. Anjing juga dipercaya sebagai hewan yang memiliki kesetiaan tinggi pada tuannya.

Hewan Anjing

Anjing merupakan binatang yang sangat mudah untuk ditemui, karena habitatnya sudah tersebar keseluruh penjuru dunia baik negara yang beriklim tropis maupun sub tropis. Anjing juga dikenal sebagai hewan yang sangat mudah untuk melakukan adaptasi diberbagai lingkungan, oleh karena itu banyak manusia yang tertarik dan menjadikan hewan ini sebagai binatang peliharaannya.

Perlu anda tahu bahwa anjing merupakan hewan karnivora yaitu binatang yang hanya mengonsumsi daging untuk memenuhi kebutuhan makannya dalam sehari-hari. Selain itu kadang hewan ini juga bisa berubah menjadi omnivora yang bisa makan daging, tanaman sayur, buah, maupun serealia.

Jenis Hewan Anjing

Adapun untuk macam-macam anjing, antara lain;

  1. Anjing gembala

Jenis anjing yang pertama bernama anning gembala. Anjing ini biasanya memiki pola tingkah laku sebagai hewan pemburu. Jenis anjing gembala pada umumnya berasal dari anggota kelompok seperti border collie, malinois belgia dan anjing gembala Jerman.

Beberapa anjing ras lain yang masih satu kerabat dengan anjing ini yaitu seperti welsh corgi, anjing kanaan, dan australian cattle.

  1. Anjing pemburu (gun dog atau bird dog)

Jenis anjing yang kedau dinamakan sebagai anjing pemburu. Anjing ini memiliki istilah lain yaitu gun dog atau bird dog. Anjing peemburu adalah jenis hewan yang sering dijadikan sebagai teman manusia sewaktu berburu.

  1. Anjing pelacak (Scenthound)

Jenis anjing ke tiga yaitu dinamakan sebagai anjing pelacak atau scenthound. Pada dasarnya anjing pelacak dikenal memiliki ukuran tubuh yang sedang dan pola tingkah lakunya yaitu suka membuntuti mangsa dengan cara mengikuti jejak baunya.

Anjing pelacak juga termasuk ke dalam kelompok hewan yang bisa menahan diri dengan baik untuk tidak menyerang mangsa sendirian. Biasanya saat akan menyerang mangsa mereka akan memanggil pimpinan kawananuntuk menyelesaikan tugasnya. Beberapa jenis anjing ini diantaranya adalah beagle, bloodhound, basset hound, coonhound, dachshund, fox hound, otter hound, dan harrier.

  1. Sighthound

Jenis anjing sighthound adalah anjing yang bisa mengejar maupun menyerang segala mangsa yang terlihat. Hewan ini juga termasuk ke dalam kelompok yang bisa mempertahankan bentuk fisiknya. Karakteristik pada anjing ini diantaranta yaitu bagian dada anjing sempit dan tubuhnya berpostur sangat ramping atau langsing.

Selain itu anjing juga tidak memiliki daun telinga yang bentuknya tegak dan bulu dua lapis mirip mantel seperti yang dimiliki hewan serigala. Anjing sighthound pada dasarnya juga memiliki beberapa spesies lain diantaranya ialah afghan, borzoi, saluki, sloughi, pharaoh hound, azawakh, whippet, dan greyhound termasuk ke dalam kelompok ini.

  1. Jenis Mastiff

Jenis anjing yang selanjutnya yaitu anjing mastiff. Anjing ini mempunyai ciri morfologi pada bagian tubuhnya yang besar dan tinggi.

Selain itu anjing juga memiliki bagian dada yang ukurannya besar dan mirip dengan drum. Bagian lain pada anjing matiff ialah tulang yang besar dan tengkorak dengan tekstur tebal. Biasanya jenis anjing ini pada zaman dahulu sering dikembangbiakan hanya untuk perang dan anjing penjaga.

  1. Jenis Bulldog

Jenis anjing bulldog merupakan salah satu anjing yang bisa dikatakan paling populer dan namanya sudah dikenal banyak orang.

Ukuran tubuh anjing ini yaitu sedang-sedang saja. Biasanya penampilan anjing bulldog terlihat lebih garang, bahkan hewan ini sering dibiakkan untuk berkelahi melawan hewan peliharaan lain atau binatang liar. Anjing jenis ini juga mempunyai tengkorak yang bentuknya persegi, tulang dengan ukuran besar, bahu lebar, dan otot yang sangat kuat.

  1. Jenis Terrier

Jenis anjing yang terakhir yaitu disebut anjing terrier. Anjing ini mempunyai sifat yang sangta agresif dan kurang tunduk pada anggota kawanan yang lebih senior. Sehingga jenis anjing terrier juga sering disebut sebagai hewan yang pembangkakang.

Pada saat anjing terrier sudah dewasa maka mereka memiki ciri morfologi diantaranya yaitu telinganya tegak dan bagian kakinya pendek. Selain itu binatang ini juga bisa mengejar mangsa yang keberadaannya ada di dalam liang.

Klasifikasi Hewan Anjing

Berikut dibawah ini adalah klasifikasi hewan anjing, yaitu;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Familia Canidae
Genus Canis
Spesies Canis lupus

Ciri Morfologi Anjing

Berikut dibawah ini merupakan ciri morfologi anjing, antara lain;

  1. Gigi

Ciri morfologi pertama yang akan dibahas yaitu bagian gigi anjing. Anjing mempunyai gigi yang sangat tajam dan rahangnya kuat untuk menyerang, menggigit, serta mencabik-cabik makanan. Oleh sebab itu anjing juga dikenal memiliki makanan yang cukup keras yaitu tulang, hal ini sesuai dengan gigi anjing yang kuat.

  1. Tulang

Anjing juga mempunyai ciri morfologi dibagian tulangnya dan ototnya. Pada dasarnya anjing memiliki otot dan tulang yang kuat.

Selain itu tulang yang ada di pergelangan kaki juga sangat baik untuk mendukung ketahanan fisik serta bisa digunakan untuk berlari dengan lebih cepat. Struktur tulang kaki pada anjing jika dibandingkan dengan struktur tulang kaki manusia, maka secara teknis hewan anjing lebih mampu untuk berjalan jinjit dengan lebih baik yaitu menggunakan jari-jari kakinya.

Cara Berternak Hewan Anjing

Berikut dibawah ini adalah beberapa cara beternak hewan anjing, antara lain;

  1. Pembuatan Kandang

Sebelum anda melakukan ternak anjing, maka pastikan bahwa kandang sebagai tempat tinggal anjing sudah dipersiapkan dengan baik. Buatlah kandang yang nyaman dan baik untuk anjing, agar hewan tersebut bisa betah untuk tinggal ditempat itu.

Selain itu dengan dibuatnya kandang, maka bisa memberikan fungsi yang banyak diantaranya yaitu sebagai rumah untuk anjing, melindungi anjing dari cuaca dingin dan panas dan lain sebaginya. Kandang juga bisa memberikan kemudahan pagi pemilik anjing agar bisa melakukan memantau dan mengawasi anjing dengan lebih mudah.

  1. Makanan dan snack

Hal lain yang perlu dipersiapkan pada saat anda akan beternak hewan anjing yaitu makanan. Pada dasarnya makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus diberikan pada anjing, agar hewan tersebut bisa tumbuh dan berkembang lebih baik.

Uniknya binatang anjing ini memiliki selera makan yang sangat besar karena mereka cenderung memerlukan banyak energi untuk tubuhnya agar bisa bergerak lebih aktif lagi. Agar pertumbuhan anjing semakin baik maka berikan makanan yang bergizi dan lakukan pemberian pakan secara rutin yaitu sehari 3 kali. Makanan bisa diberikan di waktu pagi, siang, dan sore hari.

  1. Mainan

Cara lain yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan mainan untuk anjing. Karena hewan ini termasuk jenis hewan yang sangat suka bermain maka alat-alat mainan juga diperlukan agar hewan memiliki rasa yang nyaman dan tidak stress.

Biasanya yang lebih menyukai mainan adalah anak anjing dan mainannya yaitu jenis mainan kunyah yang memuaskan keinginan mereka untuk menggigit-gigit.

Hal ini dikarenakan gigi pada anak anjing sedang dalam masa pertumbuhan sehingga sangat ingin untuk mengigit suatu jenis benda apapun baik mulai dari mainan karet, boneka, bola, tulang-tulangan dan semacamnya yang bisa memberi kenyamanan bermain pada anak anjing. Walaupun begitu, pastikan jika mainan yang anda berikan tidak membahayakan anjing.

Itulah tadi deskripsi hewan anjing, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan teknik berternak yang bisanya dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *