Hewan Anoa: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Hewan Anoa

Hewan anoa merupakan salah satu jenis binatang yang cukup dikenal banyak orang. Pada dasarnya anoa atau bubalus sp adalah binatang mamalia yang mempunyai ukuran cukup besar dan hidup di Pulau Buton serta Pulau Sulawesi. Sebagai informasi bahwa ada beberapa istilah ataupun label yang menempel pada arti hewan ini yaitu dianggap sebagai kerbau kerdil.

Hewan ini berasal dari family bovidae, dan persebarannya sudah hampir merata di wilayah Indonesia, khusunya di Kepulauan Flores, Maluku, Sulawsi, Halmahera, Nusa Tenggara dan lain sebaginya. Anoa juga termasuk salah satu satwa yang dilindungi, sehingga tidak heran jika binatang ini tidak mudah untuk dipelihara oleh sembarang oran. Lebih lanjutnya maka perhatikan penjelasan artikel dibawah ini.

Hewan Anoa

Hewan anoa di masa sekarang ini bisa dikatakan sebagai binatang yang langka, oleh karena itu jenis hewan ternak ini semakin dilindungi, agar populasinya tidak terus berkurang. Selain itu anoa termasuk binatang yang suka tinggal pada kawasan hutan hujan. Mereka juga sangat nyaman ketika berkubangan di sekitar lumpur yang kotor.

Biasanya mereka tinggal jauh dari pemukinan warga, hal ini dikarenakan sumber air yang paling disukai adalah dari air yang asli atau permanen. Kemudian kemampuan yang dimiliki anoa pada saat dikejar musuhnya yaitu menceburnya dirinya ke dalam rawa-rawa agar bisa menghindari musuh dan bisa bersembunyi. Namun pada saat kondisinya harus melawan, maka anoa akan menggunakan tanduknya untuk mempertahankan keselamatan dirinya.

Jenis Hewan Anoa

Macam-macam hewan anoa yang akan dibahas pada artikel ini yaitu ada 2, yakni;

  1. Anoa pegunungan

Jenis anoa yang pertama disebut sebagai anoa pegunungan. Nama lain dari spesies anoa ini yaitu bubalus quarlesi. Umumnya anoa pegunungan tinggal sangat jauh dari jangkauan tangan manusia artiya yaitu hidupnya tidak dengan keberadaan manusia.

Jenis anoa pengunungan termask hewan yang cukup agresif dan sulit untuk dijinakkan. Maka dari itu anoa pegunungan tidak bisa dipelihara dengan mudah terlebih lagi oleh orang awam yang belum mengerti seluk beluk dari hewan ini.

Ukuran dari anoa pegunungan ini relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis hewan anoa lainnya. Ekor pada tubuhnya berukuran pendek namun teksturnya halus. Kemudian ciri morfologi lainnya pada binatang ini yaitu terdapat tanduk di bagian kepalanya yang bentuknya melingkar.

  1. Anoa dataran rendah

Jenis anoa yang kedua disebut sebagai anoa dataran rendah. Perlu anda ketahui bahwa spesies anoa yang satu ini mempunyai ukuran tubuh yang jauh lebih panjang dari anoa pegunungan. Kemudian nama lain dari jenis anoa ini yaitu bubalus depressicornis.

Ciri yang menonjol dari hewan ini yaitu memiliki kaki dengan warna putih dan bagian tanduknya bertekstur kasar serta berbentuk seperti penampang segetiga.

Klasifikasi Hewan Anoa

Sedangkan untuk klasifikasi hewan anoa yaitu;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mamalia
Ordo Artiodactyla
Familia Bovidae
Sub Familia Bovinae
Genus Bubalus dan bubalus quarlesi
Spesies Bubalus depressicornis

Ciri Morfologi Anoa

Berikut dibawah ini ciri morfologi hewan anoa, yaitu;

  1. Tubuh

Bagian arti tubuh anoa merupakan ciri unik paling utama yang dimiliki hewan tersebut. Hal ini dikarenakan anoa merupakan hewan yan bentuk tubuhnya mirip dengan kerbau, sapi, bahkan banteng. Bayangkan saja 1 hewan tersebut bisa memiliki bentuk tubuh dari perpaduan ketiga hewan.

Memang tubuh anoa itu sendiri adalah bagian paling unik dan memberikan simbol khusus bahwa dengan melihatnya tubuhnya, kita langsung bisa menebak bahwa hewan itu adalah anoa.

Sebagai informasi bahwa anoa ini rata-rata mempunyai ukuran pundak yang cukup panjang sekitar 60 hingga 100 cm. Sedangkan berat badannya yaitu antara 150 sampai dengan 300 kg, tentunya angka ini termasuk angka yang cukup besar.

Seperti yang sudah ditulis diatas, bahwa anoa merupakan binatang dari perpaduan hasil binatang lainnya. Kepala hewan ini cenderung lebih mirip dengan hewan sapi. Sedangkan kakinya dan kukunya mirip dengan banteng.

Anda juga perlu tahu, bagian kaki depan dari hewan anoa biasanya mempunyai warna putih bersih yang mana warna tersebut mirip dengan sapi bali. Akan tetapi ciri pada kaki depan anoa terdapat garis hitam yang lurus di bagian bawahnya.

  1. Tanduk

Umumnya tanduk pada anoa mempunyai 2 pasang di sebelah kanan dan kiri yang letaknya ada pada sekitar kepala. Tanduknya juga dua macam yang bentuknya melengkung dan terlihat seperti penampang segitiga.

Kedua bentuk tanduk tersebut, sudah pasti memiliki kelebihan masing-masing. Baisanya tanduk yang melengkung bisa digunakan untuk mendorong musuh yang menyerang. Sedangkan tanduk yang segitu jauh lebih ganas fungsinya, karena bisa dipakai untuk menusuk musuh. Tanduk juga sering digunakan anoa untuk menggali tanah atau menyingkirkan semak-semak yang menutupi jalan mereka.

Biasanya tanduk pada hewan ini mempunyai ukuran yang pendek yaitu sekitar 1,83 sampai dengan 3,73 cm dan ini untuk tanduk yang segitiga. Sedangkan tanduk yang melengkung atau bulat panjangnya mencapai angka 14,6 hingga 19,9 cm. Hewan anoa baik yang jantan dan betina semuanya memiliki tanduk, namun perbedaannya terletak pada warnanya.

Biasanya anoa yang jantan cenderung mempunyai warna yang jauh lebih gelap dibandingkan dengan anoa betina yang warnya-warnanya lebih cerah.

Cara Berternaknya Anoa

Cara pemeliharaan dari hewan anoa agar perkembangan tubuhnya semakin baik, antara lain;

  1. Persiapan kandang hewan anoa

Cara awal yang harus dilakukan agar hewan ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik yaitu memberinya tempat yang nyaman. Maka dari itu sebisa mungkin berikan kandang terbaik untuk anoa, yaitu memberikan kesan habitat asli dari hewan tersebut.

Salah satu caranya ialah memberikan beberapa arti tumbuhan yang hijau di sekitar kandang, air yang cukup banyak dan hal-hal lain yang sekiranya diperlukan oleh anoa.  Pastikan pula bahwa kandang tersebut bisa ditutup dengan baik, agar anoa tidak pergi dari kandang.

  1. Pemberikan pakan pada hewan anoa

Langkah berikutnya anda harus memberikan pakan pada hewan anoa. Pemberian pakan ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan hewan anoa. Apabila anda bisa memberikan pakan secara rutin, maka hewan ini akan memiliki daya tahan tubuh yang baik, sehingga membuat mereka bisa melakukan aktivitas lebih lincah.

Pakan bisa anda berikan setiap hari dengan 3 kali pemberian, di waktu pagi, siang, dan sore atau malam hari. Jangan lupa berikan pula minum untuk hewan anoa. Sebetulnya anda juga bisa memberikan multivitamin pada hewan tersebut jika hal itu memang diperlukan.

Karena multivitamin ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan anoa. Pastikan dahulu bahwa semua jenis vitamin-vitamin yang akan diberikan harus cocok dan sesuai dengan yang dibutuhkan anoa, agar hewan ini bisa tumbuh dengan baik.

  1. Pemeliharaan dan perawatan hewan anoa

Hal yang tidak kalah penting dari memberi pakan pada anoa ialah merawat dan memeliharanya dengan baik. Salah satu caranya yaitu tidak menganggu hewan ini, karena anoa memang terbiasa hidup jauh dari jangkauan manusia. Selain itu pastikan pula bahwa kandang selalu dibersihkan agar anoa merasa lebih nyaman.

Itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan deskripsi hewan anoa, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan teknik dalam berternaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *