Hewan Aves: Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Jenisnya

Diposting pada

Hewan Aves

Apakah anda pernah mendengar kata aves? Kata aves pada dasarnya berasal dari bahasa latin yang arti sebenarnya ialah hewan burung. Aves ialah kelas tersendiri dalam suatu kingdom animalia. Selain itu aves atau burung memiliki ciri atau karakteristik pada badannya yang dipenuhi dengan bulu. Hewan aves juga termasuk binatang yang bisa terbang.

Dalam artikel ini akan dibahas secara jelas mengenai hewan aves mulai dari pengertian, klasifikasi, ciri, hingga jenisnya.

Hewan Aves

Perlu anda ketahui bahwa hewan aves merupakan hewan vertebrata. Aves sebetulnya merupakan hewan berdarah panas atau disebut juga dengan istilah homoiterm dan berkembang biaknya dilakukan dengan cara bertelur (ovipar) lalu dierami sampai menetas. Bulu pada burung aves ini pada dasarnya berasal dari epidermis kulit yang juga termasuk modifikasi sisik pada hewan reptil.

Bulu yang ada pada burung bisa melakukan adaptasi dengan baik, contohnya bisa membentuk sayap. Sayap pada hewan ini juga dapat digunakan untuk terbang, karena hewan ini memang dikenal memiliki kemampuan terbang yang sangat baik. Walaupun demikian, ada pula aves yang mempunyai sayap namun tidak bisa terbang. Contoh jenis aves yang tidak bisa terbang walaupun mempunyai sayap adalah ayam, burung unta, kalkun, kiwi, dan lain sebagainya.

Klasifikasi Hewan Aves

Klasifikasi diartikan sebagai nama – nama ilmiah atau disebut juga dengan istilah taksonomi pada hewan aves yang diuraikan sebagai berikut ini :

  1. Kerajaan : Animalia
  2. Filum : Chordata
  3. Upafilum : Vertebrata
  4. Superkelas : Tetrapoda
  5. Kelas : Aves

Ciri Morfologi Hewan Aves

Ciri morfologi adalah karakteristik pada hewan aves yang menggambarkan keunikan atau ciri khusus pada masing – masing bagian tubuh hewan. Berikut dibawah ini adalah ciri morfologi hewan aves yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Tubuh

Ciri morfologi yang bisa dipelajari pertama kali adalah bagian tubuhnya. Pada umumnya hewan aves ini mempunyai tubuh yang selalu terbungkus dengan bulu. Selain itu, burung ini juga memiliki dua buah pasang ekstremitas, anggota depan atau anterior mengalami sebuah perubahan yaitu menjadi sayap.

Sedangkan pada sepasang anggota posterior atau bagian depan dapat menyesuaikan dengan kondisi yang biasa dimanfaatkan untuk hinggap dan berenang. Selain itu bagian tempurung kepala pada burung ini mempunyai sepasang condylus occipitalis dan bagian lehernya sangat fleksibel bisa digerakan dengan mudah.

  1. Kaki

Hewan aves juga memiliki karakteristik dibagian kakinya. Aves dikenal sebagai hewan yang mempunyai kaki dengan jari 4 buah. Selain itu kaki pada hewan ini juga ada cakarnya. Perlu anda ketahui bahwa cakar aves tebungkus oleh kulit yang menanduk dan bersisik.

  1. Mulut

Ciri morfologi selanjutnya dari hewan aves yaitu bagian mulutnya. Apakah anda tahu bahwa pada mulut hewan aves ini terdapat suatu bagian yang berproyeksi untuk paruh dan biasanya terbungkus oleh suatu lapisan zat tanduk.

  1. Jantung

Karakteristik keempat dari hewan aves yatu terletak dibagian jantungnya. Pada dasarnya hewan ini memiliki jantung yang terdiri dari 4 ruang. Keempat runag tersebut diantaranya yaitu dua buah auricular dan 2 buah ventricular. Bentuk jantung hewan aves ialah oval.

  1. Paru – paru

Setiap makhluk hidup pastinya memiliki paru – paru, sama seperti hewan aves ini. Respirasi dilakukan dengan paru – paru yang letaknya menempel pada suatu costae dan berhubungan dengan kantung udara atau dinamakan pula dengan istilah saccus pnematicus.

Jenisnya Hewan Aves

Setelah memahami hewan aves baik dari deskripsi, klasifikasi, dan ciri morfologinya, maka akan lebih baik jika anda juga mengenal jenis – jenis hewan aves yang dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Aquila verreauxii

Jenis hewan aves yang pertama dinamakan aquila verreauxii. Perlu anda tahu bahwa aquila verreauxii adalah contoh hewan ovipar yang lebih dikenal dnegan nama elang. Jenis aves yang satu ini mempunyai ukuran yang sangat besar. Selain itu panjang tubuh elang juga panjang mulai dari ujung paruh hingga ke ujung ekor dengan ukuran panjang sekitar 75 hingga 96 cm.

Berdasarkan hal tersebut maka jenis aves yang satu ini dikenal sebagai jenis elang terpanjang keenam yang ada di dunia. Elang yang berkelamin jantan biasanya memiliki berat yang bisa mencapai angka sekitar 3 hingga 4,2 kg. Sedangkan yang berkelamin betina beratnya ialah 4,19 kg.

Apakah anda tau jenis elang yang satu ini ukuran mirip dengan jenis martial eagle atau jenis elang terbesar yanga ada di negara Afrika. Ciri morfologi pada elang ini yaitu mempunyai bulu yang ada pada tubuhnya dan warnanya ialah coklat gelap pada saat usianya masih muda.

Selain itu, di bagian kepala jenis hewan yang satu ini juga memiliki mahkota dengan warna karat kekuningan. Dahi elang juga terdapat garis kecil begitu pula di bagian pipinya. Pada saat burung ini tumbuh dewasa maka bulu elang berubah menjadi hitam yang lebih pekat.

  1. Polemaetus bellicosus

Jenis aves yang kedua adalah polemaetus bellicosus. Burung ini termasuk jenis aves yang ukurannya besar dengan habitat terbuka dan semi – terbuka di daerah sub – sahara Afrika. Aves yang satu ini termasuk dalam jenis anggota genus polemaetu. Hewan ini juga menjadi salah satu burung predator yang cukup kuat.

Polemaetus bellicosus mempunyai panjang sekitar 78 – 96 cm.  Sedangkan beratnya yaitu 3 hingga 6,2 kg. Untuk bagian sayapnya, maka jenis aves ini memiliki lebar sayap anytara 188 – 260 cm. Aves yang satu ini juga dikenal sebagai elang terberat kelima di dunia.

Kemudian untuk bagian bulunya, maka burung aves yang umurnya sudah dewasa memiliki warna gelap abu kecoklatan. Tubuh juga ada bercak – bercak yang warnanya kehitaman dan coklat. Sebagai informasi bahwa jenis aves betina yang satu ini pada umumnya memiliki ukuran lebih besar dibandingkan aves yang berjenis kelamin laki-laki.

  1. Blekok sawah (Ardeola speciosa)

Jenis hewan aves yang ketiga dinamakan blekok sawah atau ardeola speciosa. Burung yang satu ini merupakan contoh hewan bertulang belakang. Selain itu burung juga disebut sbagai pemakan ikan yang sering melakukan migrasi. Keberadaan burung paling sering ditemui yaitu di daerah pesawahan. Ciri lain pada blekok sawah ialah bentuknya seperti unggas dengan warna putih bersih.

  1. Haliaeetus albicilla

Jenis aves yang berikutnya bernama haliaeetus albicilla. Burung ini merupakan contoh hewan vertebrata yang dikenal sebagai pemangsa hebat dan ukurannya besar. Burung pemangsa ini termasuk ke dalam keluarga accipitridae. Jenis aves yang satu ini juga masih berkerabat dengan bald eagle.

Panjang tubuh pada burung ini bisa mencapai ukuran sekitar 66 hingga 94 cm dengan lebar sayap antara 1,78 hingga 2,45 m. Sedangkan untuk urusan warna, maka burung memiliki warna dominan coklat keabu – abuan dibagian bulunya. Warna pucat juga Nampak dibagian lain pada burung ini yaitu di kepala dan lehernya.

  1. Pithecophaga jefferyi

Apakah anda tahu bahwa jenis aves yang satu ini dikenal sebagai burung pemangsa dan disebut pemakan monyet. Jenis aves yang ini dinamakan pithecophaga jefferyi. Burung ini termasuk ke dalam keluarga accipitridae yang memiliki ukuran panjang sekitar 86 hingga 102 cm dengan berat tubuh antara 4,7 hingga 8,0 kilogram.

Pada dasarnya pithecophaga jefferyi adalah jenis burung yang sudah langka di negara Filipina. Bagian tengkuk burung ini dihiasi dengan bulu yang panjang dan berwarna coklat. Sedangkan tektur bulunya yaitu cenderung kasar. Ciri lain pada burung juga terdapat dibagian wajahnya yang berwarna gelap. Namun untuk bagian kaki burung mempunyai warna kuning yang cerah.

  1. Harpia harpyja

Jenis aves yang selanjutnya adalah harpia harpyja. Burung yang satu ini berasal dari negara Amerika dengan berat sekitar 6 hingga 9 kg. Sedangkan panjang tubuhnya yaitu antara 86,5 hingga 107 cm.

  1. Aquila audax

Aquila audax adalah jenis hewan aves yang ketujuh. Perlu adan ketahui bahwa jenis burung ini bisa ditemukan di wilayah bagian selatan Papua Nugini dan wilayah Indonesia lainnya. Sayap burung ini juga dikenal mempunyai ukuran yang cukup panjang.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan terkait dengan materi hewan aves: klasifikasi, ciri morfologi, dan jenisnya. Semoga saja dapat menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.