Hewan Berang-Berang: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Manfaatnya

Diposting pada

Hewan Berang-Berang

Binatang berang-berang adalah arti hewan mamalia yang masuk dalam kategori subfamily lutrinae. Kemudian hewan yang satu ini termasuk binatang karnivora atau diartikan sebagai pemakan daging. Perlu adan ketahui bahwa berang-berang umumnya memiliki banyak spesies atau jenisnya.

Berang-berang akan lebih ditemukan disekitar lahan basah seperti danau, rawa, sungai, sawah, pesisir dan laut lepas. Kemudian untuk masalah makanan, maka hewan yang satu ini lebih menyukai makanan hewan aquatik diantaranya yaitu ikan, udang, katak, kerang, bahkan sampai dengan hewan burung.

Hewan Berang-Berang

Berang -berang yang terkenal memiliki bulu banyak pada tubuhnya ini, sekarang mengalami penurunan jumlah populasinya. Hal ini dikarenakan habitat asli dari binatang tersebut sudah banyak yang rusak baik mulai dari sungai, danau, dan rawa.

Selain hal tersebut mereka juga seringkali kekurangan sumber makanan dan dijadikan incaran perburuan. Hal ini dikarenakan hewan berang-berang dianggap sebagai hama terutama bagi para pertanian perikanan.  Anda juga perlu mengetahui beberapa keunikan hewan yang satu, diantaranya adalah dapat menyelam di air dan penglihatannya dapa digunakan dengan baik karena memiliki kacamata renang yang terdiri dari kelopak mata yang transparan pada hewan tersebut.

Berang-berang juga termasuk binatang yang bisa membuat habitat atau tempat tinggalnya dengan caranya sendiri. Biasanya rumah berang-berang terbuat dari ranting pohon dan lumpur yang berbentuk seperti kubah. Bagian rumahnya tersebut juga dilengkapi dengan lubang masuk bawah air agar lebih memudahkan mereka pada saat tenggelam ke air.

Jenis Berang-Berang

Adapun untuk macam-macam hewan berang-berang, yakni;

  1. Berang-berang cakar kecil

Jenis hewan berang – berang yang pertama dinamakan berang – berang cakar kecil. Nama lain pada hewan tersebut diantaranya adalah aonyx cinerea dan asia small-clawed otter. Persebaran spesies berang-berang yang satu ini juga sudah sangat luas, yaitu di negara Indonesia, Malaysia, Laos, India, China, Brunai Darusslam, Kamboja, Bangladesh, Thailand, Vietnam, Taiwan dan lain sebagainya.

Sedangkan di negara Indonesia sendiri, biasanya hewan berang – berang cakar kecil lebih banyak terdapat di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan pulau kecil lainnya. Selain itu berang-berang yang satu ini juga termasuk hewan yang paling kecil diantara jenis yang lainnya. Ukuran tubuhnya yaitu sekitar 65 sampai dengan 70 cm dengan berat tubuh 5 kg.

  1. Berang-berang utara

Jenis berang-berang yang kedua adalah berang-berang utara. Nama lain hewan yang satu ini adalah lutra lutra. Wilayah persebarannya sudah sangat meluas mulai dari Eropa, Asia, dan Afrika bagian timur laut. Sedangkan untuk di negara Indonesia sendir hewan berang-berang utara akan lebih mudah ditemukan di Pulau Sumatera.

Karakteristiknya bisa dilihat dari ukuran tubuh sekitar 1 meter dengan berat rata-rata 7 kg. Kemudian mereka lebih menyukai habitat lahan basah seperti di air laut, air tawar, sungai, rawa-rawa, danau dan pesisir pantai.

  1. Berang-berang hidung berbulu

Berang-berang hidung berbulu atau dinamakan juga dengan lutra sumatrana merupakan jenis hewan berang-berang yang ketiga. Persebaran spesies hewan berang-berang yang satu ini diantaranya ada di negara Indonesia, Malaysia, Kamboja, Vietnam, dan Thailand.

Persebarannya yang ada di Indonesia, biasanya lebih banyak ditemukan di daerah Kalimantan dan Sumatera. Selain itu secara sekilas jika anda mengamati berang-berang hidung berbulu maka penamapilan fisiknya mirip dengan berang-berang lutra-lutra. Akan tetapi hewan yang satu mempunyai ciir khusus yang paling menonjol yaitu terdapat bantalan hidung dengan  bulu-bulu rambut yang ada disekitarnya.

  1. Berang-berang bulu licin

Jenis hewan berang – berang yang terakhir adalah berang-berang bulu licin. Nama lain binatang yang satu ini adalah lutrogale perspicillata. Persebaran hewan ini sudah sampai ke beberapa negara diantaranya yaitu mulai dari Kamboja, China, India, Irak, Laos, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Thailand, Pakistan, Indonesia dan lain sebagainya.

Karakteristik morfologi pada hewan yang satu ini diantaranya adalah memiliki tubuh dengan tekstur bulu licin. Kemudian panjang tubuhnya yaitu bisa sampa 1,2 meter dengan berat rata-rata sekitar 11 kg. Mereka juga menyukai kebiasaan hidup yang berkelompok terdiri dari dalam 1 keluarga, berang-berang jantan, betina, dan anak-anaknya.

Klasifikasi Hewan Berang-Berang

Klasifikasi berang-berang, yakni;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Familia Mustelidae
Sub famili Lutrinae

Ciri Morfologi Hewan Berang-Berang

Ciri morfologi berang-berang, yaitu;

  1. Fisik

Bagian fisik merupakan ciri morfologi pertama yang bisa dipelajari. Secara umum binatang berang-berang memang tidak memiliki ukuran tubuh yang besar maupun kecil, melainkan sedang-sedang saja. Ukuran tubuhnya juga beragam tergantung dari jenisnya masing-masing dan perawatannya.

Bagian fisik ini yang perlu anda ketahui adalah dipenuhi dengan bulu-bulu  yang cukup tebal. Rambut atau bulu-bulu di tubub berang-berang terdiri dari 2 lapisan. Lapisan pertama dalah rambut bagian luar sedangkan yang lapisan kedua adalah rambut bagian dalam.

Rambut bagian luar pada hewan ini memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan rambut bagian dalamnya. Selain itu tektur bulu luarnya juga keras dan kaku, sementara untuk bulu bagian dalamnya lebih halus dan lunak.

  1. Ekor

Ciri morfologi yang selanjutnya pada binatang berang-berang adalah bagian ekor. Umumnya ekor berang-berang ini menjadi salah satu keunikan khusus yang dimiliki hewan tersebut karena bentuknya yang tegak dan melengkung dibagian atas, menjadi ciri khas dari hewan ini. Selain itu bagian ekor berang-berang juga memiliki ukuran yang cukup panjang serta berotot.

  1. Cakar

Karakteristik morfologi terakhir adalah bagian cakar. Apabila anda belum melihat hewan berang-berang secara dekat, maka kemungkinan anda tidak akan menganggap bahwa binatang ini memiliki cakar. Karena cakar pada tubuhnya berukuran pendek. Selain itu bagian cakarnya juga berselaput.

Manfaatnya Hewan Berang-Berang

Manfaat dari hewan berang-berang, yaitu;

  1. Penting untuk kehidupan ekosistem

Ekosistem adalah bentuk rancangan atau tatanan kehidupan yang terjadi secara utuh dan lengkap dari segala unsur lingkungan hidup yang bisa saling mempengaruhi. Ekosistem ini ternyata memang sangat penting untuk keberlangsungan hidup semua jenis makhluk hidup.

Sebagai informasi bahwa hewan berang-berang ternyata memiliki andil untuk menciptakan ekosistem tersebut. Hal ini dikarenakan manfaat yang bisa diperoleh dari hewan berang-berang adalah memberikan habitat baru bagi binatang lain yang penting bagi kehidupan ekosistem hewan lain tersebut.

Manfaat ini dilihat dari kebiasaan berang-berang yang menjatuhkan beberapa pohon dan selanjutnya pohon tersebut bisa digunakan untuk tempat tinggal serangga maupun bisa menarik perhatian burung.

  1. Membantu memancing ikan

Manfaat hewan berang-berang yang selanjutnya adalah bisa membantu memancing ikan para nelayan. Kebiasaan berang-berang untuk mengambil binatang laut tersebut membuatnya dimanfaatkan nelayan untuk membantu mereka dalam mengambil perburuan ikan yang ada diair.

  1. Membantu penebangan pohon

Manfaat lain pada hewan ini adalah membantu penebangan pohon. Manfaat ini diperoleh karena hewan berang – berang mempunyai kebiasaan mengerogoti pohon dengan giginya. Hal tersebut ternyata bisa memberikan manfaat yaitu menjatuhkan atau menebang pohon dengan caranya sendiri. Sehingga hal ini akan lebih mempermudah pekerjaan manusia yang akan menebang pohon tersebut.

Itulah tadi deskripsi terkait dengan hewan berang-berang, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan beragam manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *