Hewan Beruang: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Beternaknya

Diposting pada

Hewan Beruang

Hewan beruang pastinya sudah dikenali oleh banyak orang, terlebih lagi bagi yang pernah ke kebun binatang pasti sudah pernah melihat arti hewan yang satu ini. Beruang adalah binatang buas yang mempunyai bulu tebal dan memiliki moncong panjang. Istilah asing atau dalam bahasa inggris hewan yang satu ini dikenal dengan nama bear. Sedangkan nama ilmiahnya dalah ursidae.

Perlu anda ketahui bahwa hewan beruang ini dikenal memiliki ukuran tubuh yang besar dan terlihat gemuk. Selain itu mereka juga bisa berdiri diatas kedua kakinya. Bagian tubuhnya bisa digunakan untuk mencakar.

Hewan Beruang

Selain beruang memiliki bulu tebal pada tubuhnya dan ternyata bulu tersebut mempunyai banyak warna diantaranya adalah cokelat, krem, putih dan lain sebaginya. Masing-masing warna bulu ini tergantung dari jenis atau spesiesnya.

Selain itu ciri lain yang ada pada tubuh beruang diantaranya ialah memiliki dua telinga berukuran kecil diatas kepalanya.

Jenis Beruang

Jenis hewan beruang juga ada beberapa macam, yakni;

  1. Hewan beruang hitam amerika

Jenis beruang yang pertama dinamakan hewan beruang hitam amerika. Sesuai dengan namanya habitat asli binatang ini yaitu di Amerika Utara hingga Alaska. Selain itu namanya juga sebagai simbol bahwa tubuh jenis beruang yang satu lebih di dominasi dengan warna hitam pekat. Walaupun umumnya ada yang bewarna putih akan tetapi sangat jarang ditemui.

Beruang hitam amerika termasuk hewan omnivore yaitu pemakan segala. Namun makanan yang lebih sering dikonsumsi adalah tumbuhan, dan ada pula serangga serta ikan. Keberadaannya sampai sekarang masih ada, namun bisa dibilang bahwa perburuan liar tetap tertarik dan mengincar jenis beruang ini.

  1. Hewan beruang cokelat

Beruang coklat adalah jenis hewan beruang yang kedua. Umumnya beruang ini memang memiliki warna tubuh cokelat sesuai dengan namanya. Selain itu habitatnya juga sama dengan beruang hitam yaitu ada di Amerika Utara.

Sedangkan ciri lain yang ditonjolkan juga terdapat pada warna bulu beruang ini yang begitu beragam. Warna-warna tersebut antara lain adalah cokelat muda, cokelat kehitaman, dan pirang. Beruang cokelat juga memiliki nama panggilan lain yaitu grizzly. Biasanya panggilan tersebut lebih sering dikatakan oleh warga di daerah Amerika Utara.

  1. Hewan beruang kutub

Jenis hewan berung yang selanjutnya adalah beruang kutub. Spesies beruang yang satu ini merupakan jenis beruang yang paling besar diantara spesies lainnya. Panjang tubuhnya bisa sampai angka 3 meter dengan berat 800 kg. Selain itu hewan yang satu ini juga bisa dikatakan sebagai binatang predator darat yang terbesar didunia.

Masalah habitatnya sendiri yaitu sesuai dengan namanya ada di Kutub Utara. Merka termasuk hewan karnivora atau pemakan daging. Biasanya hewan yang lebih sering diburu adalah anjing laut.

  1. Hewan beruang hitam asia

Beruang hitam asia merupakan jenis beruang yang keempat. Secara sekilas fisik dari beruang hitam asia ini mirip dengan beruang hitam amerika. Kemudian untuk masalah ciri-cirinya, maka beruang hitam asia mempunyai karakteristik warna pada tubuhnya yaitu cokelat.

Warna tersebut cenderung memenuhi bagian dada. Sehingga dengan keunikan tersebut maka beruang hitam asia dijuluki dengan nama moonbear atau beruang bulan. Makanan yang menjadi favorit dari binatang ini adalah madu, buah – buahan, mamalia, burung, dan moluska.

  1. Hewan beruang andes

Spesies beruang yang berikutnya adalah hewan beruang andes. Keberadaaan beruang andes bisa dibilang kurang dikenal banyak orang. Hal ini dikarenakan jenis beruang yang satu ini memang jarang terekspos. Kehidupannya ada di daerah pegununan andes, Amerika Selatan.

Jenis beruang yang satu ini memiliki keunikan pada mulutnya yang moncong dengan ukuran pendek. Kemudian terdapat pola unik di bagian wajahnya yang terbentuk mirip dengan kacamata. Sehingga hal inilah yang membuat jenis beruang andes disebut juga sebagai beruang kacamata.

  1. Hewan beruang madu

Jenis beruang yang terakhir adalah beruang madu. Beruang madu ini adalah satu – satunya spesies beruang yang hidup di Indonesia. Hewan ini diberi nama beruang madu, karena makanan kesukaannya adalah madu.

Klasifikasi Beruang

Adapun untuk klasifikasi yang ada dalam hewan beruang ini, sebagai berikut;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Familia Ursidae
Sub famili Ursoidea
Infra ordo Arctoidea
Sub ordo Caniformia

Ciri Morfologi Beruang

Ciri morfologi hewan beruang, yakni;

  1. Bulu

Ciri morfologi pertama yang ada pada bagian tubuh beruang adalah bulunya. Hewan ini memang dipenuhi dengan bulu dibagian tubuhnya. Ciri khas bulu dari beruang adalah berukuran panjang-panjang. Selain itu tekturnya kasar dan jumlahnya sangat banyak sehingga membuat bulu pada hewan beruang ini terlihat lebih lebat atau tebal.

  1. Cakar

Bagian kedua ciri morfologi pada hewan beruang adalah cakarnya. Beruang mempunyai cakar yang ukurannya lebar dan jumlahya ada 5 pada telapak tangan yang tidak bisa ditarik masuk kembali. biasanya cakar pada hewan ini dipakai untuk mencakar, menangkap, menggali, dan merobek sesuatu yang mereka inginkan.

Cakar pada hewan ini juga sangat tajam dan panjang ditambah dengan kuku-kukunya yang bisa dipakai untuk memanjat pohon.

  1. Gigi

Karakteristik morfologi yang selanjutnya adalah bagian gigi beruang. Gigi pada hewan berung biasa digunakan untuk mengunyak makanan. Selain itu jumlah giginya juga sangat bervariasi ada yang memiliki sekitar 32 gigi ada pula yang sampai berjumlah 42 gigi.

Selain itu gigi taring pada hewan beruang ukurannya relatif kecil dan bisa digunakan untuk mempertahankan diri atau alat sebagai membunuh mangsanya. Bentuk gigi geraham juga terlihat lebih lebar dan datar.

Cara Beternak Hewan Beruang

Berikut dibawah ini beberapa cara ternak ataupun perawatan dari hewan beruang, yakni;

  1. Persiapan kandang untuk beruang

Langkah pertama yang perlu anda siapkan untuk memelihara beruang adalah memberinya tempat tinggal yang layak. Pada saat manusia mempunyai rumah yang layak maka dirinya akan senang dan nyaman. Hal tersebut bisa disamakan dengan perasaan beruang, pada saat merka memiliki kandang atau tempat tinggal maka membuat dirinya seakan-akan mempunyai tempat untuk berlindung.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kandang dibuat dengan sebaik dan senyaman mungkin. Selain itu pastikan bahwa kandang ukurannya adalah besar, karena hewan yang satu ini juag memiliki ukuran tubuh yang besar. Buatlah konsep agar kandang beruang bisa mirip dengan habitat aslinya, yaitu memberinya bambu-bambu, dedaunan dan lain sebagainya agar beruang bisa betah didalam kandang.

  1. Pemberian makanan dan multivitamin pada beruang

Langkah kedua yang perlu disiapkan agar beruang selalu sehat dan memiliki stamina yang bagus ialah memberinya makan, minum, dan multivitamin. Makanan beruang sendiri sebetulnya hampir sama, walaupun ada beberapa jenis beruang karnivora yang tidak menyukai tumbuh-tumbuhan.

Namun biasanya yang paling utama dan sangat disukai beruang adalah madu. Maka anda bisa menyiapkan stok madu yang banyak untuk diberikan kepada beruang. Berikan pula air minum yang banyak agar beruang tidak kehausan. Hal penting lainnya yang perlu diberikan ialah multivitamin.

Multivitamin itu sendiri berguna untuk menyeimbangkan gizi dan menambah kekuatan pada hewan beruang. Tujuan lainnya adalah agar hewan beruang ini lebih terjaga stamina dan daya tahan tubuhnya sehingga terhindar dari penyakit.

Itulah tadi deskripsi hewan beruang, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan teknik beternak yang bisa dilakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *