Hewan Hamster: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Hewan Hamster

Hamster pada hakekatnya adalahsalah satu jenis hewan ternak pengerat dan spesiesnya begitu banyak. Apabila anda melihat bentuk dari hewan yang satu ini, maka anda akan menebak bahwa fisiknya sangat mirip dengan hewan tikus.

Selain itu hewan hamster ini masuk dalam subfamily cricetinae. Habitat hamster juga sudah tersebar ke berbagai negara mulai dari Tiongkok, Mongolia, Siberia, Korea, Pakistan, dan Suriah. Binatang ini termasuk jenis omnivore yaitu hewan pemakan segala.

Hewan Hamster

Hewan hamster bisa memakan jenis makanan apapun, seperti jenis tanaman buah maupun tanaman sayur bisa diberikan pada hamster ini. Akan tetapi jika hamster terlalu banyak diberi makan sayuran, maka akan membuat ekornya basah dan bisa membuat hidupnya lebih singkat. Sehingga anda perlu menyeimbangkan segala makanan hamster tersebut.

Umumnya hamster ini masuk dalam kategori ordo rodentia. Apabila anda ingin mengenal lebih lanjut dari binatang hamster. Maka berikut dibawah ini artikel hamster yang memberikan beberapa pembahasan atau informasi terkait hewan tersebut.

Jenis Hamster

Berikut dibawah ini beberapa macam hewan hamster, yakni;

  1. Hamster Campbell

Jenis hamster yang pertama dinamakan hamster campbell. Spesies hamster yang satu ini adalah hewan yang paling sering dibudidayakan karena memiliki peluang yang sangat baik di pasaran. Warna tubuh dari hamster campbel juga sangat beragam mulai dari warna hijau, orange, ungu, kuning dan lain sebagainya.

Hamster campbell termasuk jenis hamster yang mempunyai sifat paling agresif jika dibandingkan dengan hamster lainnya. Biasanya hewan yang satu ini akan merasa terganggu jika merasa dirinya terancam, maka dari itu mereka akan segera menggigit lawannya.

  1. Hamster winter white

Spesies hamster yang satu ini mempunyai bentuk yang sangat mirip dengan jenis hamster campbell. Akan tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan yaitu bulu hamster winter white tidak terlalu lebat dan bentuk kepalanya lebih bundar jika dibandingkan hamster campbell.

Selain itu warna dari bulu jenis hamster winter white yaitu sangat beragam karena bisa berubah warna disetiap musimnya. Perubahan warna pada tubuh hamster disebabkan pigmen rambut dari hewan tersebut  yang dipengaruhi hormone prolaktin dan genetic.

Pada saat musim panas tiba, warna hamster yang awalnya abu-abu akan berubah menjadi warna cokelat tua atau cokelat pucat. Kemudian ciri lain dari hamster ini yaitu bagian luar telinga dan bagian matanya terdapat warna hitam ditepi-tepian.

Kepribadian lainnya yang dimiliki hamster winter white yaitu akan meyerang musuhnya dengan sangat cepat jika dirinya merasa terancam.

  1. Hamster roborovski

Hamster roborovski adalah jenis hamster yang berikutnya. Umumnya spesies hamster yang satu ini ukurannya paling kecil jika dibandingkan dengan spesies hamster lainnya. Kemudian corak warnanya juga sangat banyak. Apabila kawan-kawannya mempunyai sifat yang agresif dan pemberani.

Justru hamster roborovski ini cenderung menjadi hewan penakut. Hewan yang satu ini juga sangat sulit untuk diajak beteman, larinya sangat epoat dan pada saat dipegang maka dirinya akan segera meloncat dari genggaman.

  1. Hamster syirian

Spesies hamster yang selanjutnya yaitu hamster syirian. Jenis hamster yang satu ini mempunyai rambut atau bulu-bulu yang panjang dan pendek. Warna tubuhnya sangat bervariasi dan ukuran tubuhnya cukup besar. Hewan ini termasuk jenis hamster yang jinak karena gerakannya sangat pelan.

Maka dari itu apabila anda sebagai pemula yang ingin memelihara hamster, maka jenis syirian ini bisa menjadi salah satu rekomendari bagi anda untuk merawat hamster.

Klasifikasi Hewan Hamster

Berikut dibawah ini adalah klasifikasi hamster yaitu :

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Rodentia
Familia Cricetidae
Sub ordo Myomorpha
Sub family Cricetinae

Ciri Morfologi Hewan Hamster

Berikut dibawah ini merupakan ciri morfologi dari hamster, yaitu;

  1. Fisik

Ciri pertama yang dimiliki hamster adalah bagian fisiknya. Hewan hamster ini mempunyai ukuran badan yang relatif kecil, akan tetapi bentuk badannya cukup gemuk. Ciri lain dari tubuh hamster yaitu dipenuhi dengan bulu – bulu halus yang menepel pada tubuhnya.

Karena bulu tersebut maka hewan ini terlihat lebih unik dan terkesan lucu. Sebaagi informasi tambahan bahwa tubuh hamster panjangnya yaitu bisa sekitar 5 sampai dengan 10 cm saja. Akan tetapi ada pula hamster besar yang ukurannya sampai mencapai angka 34 cm.

  1. Kaki

Karakteristik morfologi berikutnya adalah bagian kaki. Hewan hamster memiliki kaki yang ukurannya lebar namun pendek.

Selain itu bagian kakinya juga gemuk sehingga bentuknya terlihat unik. Kaki hamster itu sendiri juga terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian depan dan belakang. Masing-masing bagian dari kaki hamster terdiri dari 2 jumlah kaki.

  1. Bulu

Bulu hamster juga memiliki ciri morfologi khusus, diantaranya yaitu warnanya yang sangat beragam. Selain itu bulu hamster juga sangat lebat dan teksturnya begitu lembut. Perlu anda ketahui, dari bulu hamster inilah banyak orang yang gemas dan ingin memelihara hewan satu ini. Mungkin karena warna cerahnya yang begitu indah dan mempesona untuk dilihat.

  1. Ekor

Karakteristik morfologi yang terakhir adalah bagian ekor hamster. Dibagian ini anda akan melihat ukuran ekor yang pendek dan terlihat sangat kecil. Panjang ekor yaitu hanya sekitar 6 cm.

Cara Berternak Hamster

Adapun untuk cara ternak hewan hamster yaitu;

  1. Proses menyeleksi indukan hamster

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelumnya yaitu memilih indukan arti hewan hamster. Proses ini merupakan tahap yang paling penting dan menjadi jalan utama dari suksesnya ternak hamster. Hal ini dikarenakan dari induk yang baik dan berkualitas, maka diharapkan hasilnya akan sama-sama baik pula.

Maka dari itu anda harus paham betul dengan beberapa kriteria dari hamster yang baik dan berkualitas. Salah satu kriteria tersebut yaitu hamster sehat, memiliki warna yang tidak kusam, aktif dalam bergerak, dan makannya tidak susah. Induk hamster yang baik bisa anda pilih jika umurnya sudah memasuki usia 4 sampai dengan 11 bulan. Akan lebih baik lagi jika anda juga mengenali hamster yang jantan dan betina.

Biasanya hamster jantan akan dilihat dari ciri-cirinya yang memiliki ukuran pantat lebih besar dari yang betina. Sedangkan hamster betina akan dilihat dari kelincahan geraknya.

  1. Proses pembuatan kandang hamster

Proses yang kedua anda perlu menyiapkan kandang untuk hamster. Sebetulnya kandang ini merupakan bagian yang tidak boleh disepelekan, karena dengan kandang hamster memiliki habitat baru dan dijadikan sebagai tempat tinggalnya. Bentuk kandang bisa anda sesuiakan sendiri, namun akan lebih baik jika ukurannya tidak terlalu sempit agar hamster tetap bisa berjalan kesana dan kemiri.

Selain itu anda juga bisa memberinya perlengkapan permainan untuk hewan ini. Biasanya kandang hamster terbuat dari kawat dan dilengkapi dengan pintu penutunya.

  1. Proses pemberian kandang hamster

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu memberikan pakan untuk hamster. Pemberian pakan pada umumnya sangat baik untuk hewan satu ini, terlebih lagi dengan diberi makan hamster akan memiliki tenaga yang lebih fit dan bisa berkembang dengan baik.

Karena hamster termasuk hewan omnivora, maka anda tidak terlalu sulit untuk mencarikan makanan hamster, yang terpenting yaitu makanan bisa diberikan secara rutin 3 x sehari.

Itulah tadi deskripsi hewan hamster, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan teknik dalam berternak yang bisa dilakukan.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *