Hewan Harimau: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Hewan Harimau

Hewan harimau pada hakekatnya merupakan salah satu binatang buas yang pastinya sudah dikenal banyak orang. Badannya yang besar dan memiliki motif lorek-lorek ditubuhnya tersebut menambah ciri khas dari arti hewan harimau. Perlu anda ketahui nama ilmiah dari harimau adalah panther tigris atau disebut juga dengan nama macan.

Harimau adalah binatang jenis kucing namun paling besar dari spesiesnya. Bahkan hewan yang satu ini disebut-sebut memiliki ukuran yang lebih besar dari singa. Anda mungkin bisa melihatnya pada saat mengunci kebun binatang. Sebagai informasi juga bahwa harimau termasuk hewan yang bisa lari dengan kecepatan begitu baik.

Hewan Harimau

Hewan harimau biasanya akan memburu mangsa, pada saat mereka buruh makanan. Mangsa-mangsanya tersebut diantaranya adalah kijang, babi, rusa sambar, dan kancil. Berdasarkan mangsa-mangsa harimau tersebut, sudah bisa ditebak bahwa harimau adalah binatang karnivora atau pemakan daging.

Sebagai informasi walaupun harimau termasuk dari keluarga kucing, namun keduanya tetap berbeda. Perbedaan ini salah satunya yaitu harimau menyukai air dan sangat pandai berenang. Sedangkan kucing sangat takut dengan air.

Jenis Harimau

Berikut dibawah ini yang termasuk macam-macam hewan harimau, antara lain;

  1. Harimau indocina

Jenis hewan harimau yang pertama dinamakan harimau indocina. Nama lain dari binatang ini yaitu panther tigris corbertti. Umumnya harimau indocina ini akan lebih sering ditemui di negara Kamboja, Malaysia, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Negara-negara tersebut lebih tepatnya ada di wilayah hutan hujan dan padang rumput.

  1. Harimau benggala

Harimau benggala adalah jenis hewan harimau kedua dan memiliki nama lain yaitu panther tigris tigris. Jenis harimau yang satu ini biasanya ada di negara India, Nepal, Bangladesh, dan Tiongkok. Lebih tepatnya ada di sekitar daerah hutan hujan dan padang rumput.

  1. Harimau tiongkok selatan

Jenis harimau yang ketiga adalah harimau tiongkok selatan. Perlu anda ketahui bahwa spesies harimau yang satu ini akan lebih sering ditemukan pda daerah hutan hujan dan padang rumput khususnya di negara Tiongkok. Selain itu, nama lain dari hewan ini ialah pantehra tigris amoyensis.

  1. Harimau siberia

Jenis harimau yang berikutnya bernama harimau siberia. Nama lain dari jenis harimau ini yaitu pantehra tigris altaica. Selain itu harimau siberia juga memiliki beberapa nama panggilan lain diantaranya adalah harimau amur, harimau timur laut cina, harimau ussuri, dan harimau Manchuria.

Kemudian, habitat aslinya juga sama dengan jenis harimau lainnya yaitu ada di kawasan hutan hujan dan padang rumput. Sedangkan keberadaannya sendiri lebih tepatnya ada di negara Tiongkok, Rusia, dan Korea Utara.

  1. Harimau sumatera

Jenis harimau yang kelima adalah harimau sumatera. Spesies harimau yang satu ini keberadaannya ada di negara Indoneisa dan lebih tepatnya ada di kepulauan Sumatera sesuai dengan namanya. Selain itu harimau sumatera ini juga memiliki nama ilmiah yang disebut panther tigris sumatrae.

  1. Harimau malaysia

Harimau Malaysia merupakan jenis binatang harimau yang terakhir. Nama lain dari harimau ini ialah pantehra tigris jacksoni. Habitat aslinya ada di Semenanjung Malaysia sesuai dengan nama binatang itu sendiri.

Klasifikasi Hewan Harimau

Berikut dibawah ini yang termasuk klasifikasi hewan harimau, antara lain;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Familia Felidae
Spesies P.tigris
Genus Trachypithecus

Ciri Morfologi Harimau

Berikut dibawah ini yang termasuk ciri morfologi hewan harimau, antara lain;

  1. Fisik

Ciri morfologi pertama yang ada pada hewan harimau adalah bagian fisik atau tubuhnya. Seperti yang sudah anda ketahui semua, bahwa hewan ini memang memiliki bentuk tubuh yang besar dan terlihat sangat menakutkan. Pajang tubuhnya yaitu bisa mencapai angka sekitar 2, 3 sampai dengan 3,3 meter.

Selain itu berat tubuhnya juga sangat fantastis. Harimau jantan rata-rata memiliki berat tubuh sekitar 180 sampai dengan 320 kg. Sedangkan yang betina berat badannya kira-kira mencapai angka 120 hingga 180 kg. Keunikan lain dari badan atau tubuh harimau yaitu di mukanya terdapat kumis panjang yang ada di sebelah kanan dan kiri, hal ini mirip dengan kucing karena memang keduanya adalah satu keluarga. Akan tetapi penampilan hewan harimau jauh lebih garang daripada kucing.

  1. Kulit

Karakteristik morfologi selanjutnya adalah kulit harimau. Perlu anda ketahui harimau ternyata memiliki kulit yang sangat unik, diantaranya yaitu bermotif loreng-loreng dengan warna hitam, coklat, putih dan lain sebaginya. Kemudian untuk kerapatan loreng pada kulit harimau ini juga berbeda-beda, terlebih lagi bahwa hewan yang satu ini juga mempunyai banyak jenis, sehingga lorengnya bisa berbeda-beda.

Akan tetapi loreng yang dimiliki harimau ini pada setiap spesiesnya rata-rata adalah 100 loreng untuk satu tubuh harimau. Pola loreng yang dimiliki masing-masing harimau juga berbeda-beda maka dari itu hal ini membuat anda bisa lebih mengenali jenis atau nama harimau tersebut dari loreng yang mereka miliki.

Cara Berternaknya Hewan Harimau

Berikut dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara pemeliharaan hewan harimau agar keberadaannya selalu terjaga dan tidak mudah punah. Yakni;

  1. Persiapan kandang hewan harimau

Cara yang pertama agar harimau nyaman dan tenang adalah memberinya tempat tinggal. Tempat tinggal tersebut berupa kandang dengan ukuran yang luas. Hal ini dikarenakan binatang harimau termasuk jenis hewan yang berukuran besar, maka memerlukan tempat yang besar.

Selain ukuran yang luas, anda juga harus membuat kandang dengan bahan-bahan yang kuat, misalkan dari besi. Pembentukan kandang dari besi ini memiliki alasan tertentu yang mana dengan bahan kuat tersebut bisa membuat anda lebih aman, mengingat bahwa harimau adalah hewan yang buas.

Sebagai informasi karena kandang dijadikan sebagai habitat buatan, maka anda harus membuatnya dengan baik dan senyaman mungkin. Hal ini dikarenakan kandang menjadi tempat hidupnya. Agar kandang tersebut bisa memberikan kenyamana untuk harimau maka anda harus membuatnya mirip dengan habitat aslinya dengan memberika berbagai aksesn didalamnya seperti tumbuhan, dedaunan, pohon, batang-batang dan lain sebagainya.

  1. Tindakan pengamanan dari hewan harimau

Hal kedua yang tidak kalah penting, anda harus melakukan tindakan pengamanan dari hewan harimau tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan gembok pada kandang dan jangan terlalu berdekatan dengan hewan ini.

Pastikan bahwa saat harimau berada kandang anda sudah menggemboknya dengan benar. Tindakan pengamanan ini sangat penting bagi pemelihara harimau, karena anda berusaha untuk selalu mempertahankan keberadaannya, maka jangan sampai diri anda sendirilah yang akan tersakiti.

  1. Pemberian nutrisi dan makanan untuk hewan harimau

Cara yang berikutnya agar hewan harimau selalu sehat dan bisa tumbuh dengan baik maka anda harus memberinya banyak makanan. Bukan hanya makanan, namun minuman pun juga harus diberikan pada hewan tersebut.

Pemberian makan dan minum untuk harimau ini sangat penting untuk dilakukan dan hal tersebut menjadi kebutuhan utama dari hewan harimau. Melalui makan dan minum harimau akan memperoleh daya tahan yang lebih kuat dan bisa beraktifitas dengan lebih mudah.

Selain pemberian makan dan minum, nutrisi lainnya juga perlu diberikan pada hewan tersebut. Salah satu nutrisi tersebut adalah multivitamin untuk harimau, tujuannya agar harimau lebih terjaga kondisi kesehatannya.

Itulah tadi deskripsi hewan harimau, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan teknik dalam berternak yang bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *