Hewan Iguana: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Hewan Iguana

Hewan iguana bisa dikatakan sebagai salah satu jenis binatang reptil yang berasal dari family iguanidae. Sebetulnya iguana asalnya dari Benua Amerika dan persebarannya sudah sangat meluas ke berbagai negara, termasuk di Indonesia.  Disisi lain, arti hewan ini pada dasarnya termasuk dalam marga kadal yang biasa hidup di wilayah dengan iklim tropis.

Adapun nama iguana ini aslinya berasal dari bahasa taino yaitu salah satu di negara Amerika. Mereka memanggil hewan yang satu ini dengan sebutan iwana yang artinya juga sama dengan hewan kadal. Maka dari itu tidak heran juga jika iguana sering disama-samakan dengan hewan kadal.

Hewan Iguana

Iguana merupakan salah satu jenis binatang yang sangta pandai dalam beradaptasi. Iguana sendiri sebetulnya juga disebut sebagai hewan herbivora atau pemakan berbagai arti tumbuhan. Akan tetapi mereka tetap perlu makanan hewan seperti serangga-serangga kecil untuk memenuhi nutrisi tubuhnya.

Tubuh hewan ini rata-rata memiliki ukuran yang panjang yaitu sekitar 1,5 m sampai dengan 1,8 m. Kemudian warna tubuhnya juga sangat beragam dengan warna-warna yang cerah sampai yang gelap. Warna tersebut diantaranya yaitu hijau, merah, orange, cokelat muda, cokelat tua, hitam dan lain sebagainya.

Jenis Iguana

Jenis hewan iguana pada dasarnya terdiri dari beberapa macam yaitu sampai 48 spesies. Tetapi yang paling terkenal. Antara lain;

  1. Iguana hijau

Iguana hijau merupakan jenis iguana pertama yang akan dibahas. Pada umumnya jenis iguana yang satu ini adalah spesies yang paling dicari dan sering dipelihara banyak orang. Hal ini dikarenakan iguana hijau memiliki warna yang cerah dan menyegarkan mata jika dilihat.

Selain alasan diatas, jenis iguana hijau juga masuk dalam kategori harga binatang yang paling murah jika dibandingkan spesies iguana lainnya. Maka dari itu dipasaran iguana hijau sangat laku dan banyak diminati. Biasanya harga iguana ini bisa mencapai sekitar 300 ribuan.

  1. Iguana merah

Sama halnya dengan iguana hijau, spesies iguana merah juga memiliki banyak peminat. Akan tetapi kedua berkarakter berebeda, si iguana merah cenderung lebih agresif jika dibandingkan iguana hijau. Maka dari itu anda perlu hati-hati apabila ingin merawat iguana merah ini.

Hewan ini juga begitu lincah dalam bergerak sehingga anda tetap memerlukan kandang yang sedikit lebih luas, agar iguana merah bisa kesana dan kemari dengan lebih leluasa.

  1. Iguana biru

Jenis iguana yang ketiga bernama iguana biru atau blue iguana. Singkat cerita iguana biru ini di alam bebas hanya tersisa sedikit, jumlahnya sekitar 10 sampai dengan 25 saja. Sehingga dengan demikian bisa dikatakan bahwa keberadaannya semakin langka dan bisa dibilang hampir punah.

Akan tetapi berkat adanya pemulihan dan relawan dari banyak orang, khususnya adalah manusia-manusia pecinta iguana dan pecinta binatang, maka iguana biru bisa kembali banyak jumlahnya.

Sedangkan untuk asalnya sendiri, hewan yang satu ini asli dari Karibia Pulau Grand Cayman. Hewan ini kini semakin dijaga dengan baik termasuk di negara Indonesia, agar kepunahannya tidak terjadi seperti sebelum – sebelumnya. Uniknya harga dari hewan ini juga sangat luar biasa, per ekornya bisa di bandrol dengan harga 3,5 juta rupiah.

  1. Iguana albino

Iguana albino merupakan jenis iguana keempat yang harganya sangat fantastik dan jauh lebih luar biasa jika dibandingkan iguana biru. Anda perlu menyiapkan uang segepok untuk membeli iguana ini. Harganya yaitu sekitar 45 sampai dengan 50 juta per ekor iguana albino.

Hewan yang satu ini memang dikenal memiliki ciri khas yang ada pada tubuhnya yaitu bewarna kuning cerah. Warna tersebut seakan-akan seperti corak stabile sehingga bisa menerangi mata yang melihatnya.

  1. Iguana badak

Jenis iguana yang terakhir bernama iguana badak. Spesies iguana yang satu ini aslinya dari genus cyclura. Nama lain dari iguana badak ialah cornutu yang artinya dalam bahasa latin adalah “bertanduk”. Iguana badak pada umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, tidak heran jika mereka juga diberi nama iguana badak, selain itu wajahnya juga terkesan lebih menyeramkan jika dibandingkan dengan iguana lainnya.

Klasifikasi Iguana

Klasifikasi hewan iguana antara lain;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Sauropsida
Ordo Squamata
Familia Iguanidae
Sub ordo Iguania
Genus Iguana

Ciri Morfologi Hewan Iguana

Ciri morfologi hewan iguana dijelaskan sebagai berikut;

  1. Tubuh

Arti tubuh merupakan bagian pertama yang bisa dibahas pada hewan ini. Bagian tubuh memang memiliki keunikan tertentu. Umumnya hewan iguana mempunyai panjang tubuh sekitar 1,5 sampai dengan  1,8 meter. Tubuhnya dipenuhi dengan berbagai warna yaitu mulai dari hijau, kuning, merah dan lain sebagainya. Selain itu tektur tubuh iguana juga tidak terlalu halus, namun ada rasa kasar-kasarnya sedikit.

  1. Ekor

Bagian selanjutny yaitu ekor iguana. Ekor merupakan bagian dari tubuh iguana yang berakarakteristik khusus dengan memiliki motif belang-belang. Motif tersebut bewarna gelap yaitu hitam mulai dari pangkal sampai menuju ke ujung.

  1. Jambul

Ciri morfologi yang selanjutnya adalah bagian jambul iguana. Jambul juga merupakan bagian unik dari hewan ini yang letaknya ada di bawah rahang dengan bentuk yang mirip dengan ayam jantan.

  1. Sisik

Bagain lain pada tubuh hewan iguana yang memiliki keunikan adalah sisiknya. Hewan ini mempunyai sisik yang bentuknya seperti duri dan berukuran besar-besar. Sisik iguana sering kali disebut sebagai spike dan tata letaknya berjejeran di atas tubuh reptile ini mulai dari leher sampai ke pangkal ekornya.

Cara Berternak Iguana

Adapun untuk cara ternak hewan iguana, antara lain;

  1. Persiapan kandang iguana

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum ternak hewan iguana adalah menyiapkan kandangnya terlebih dahulu. Ukuran kandang pada dasarnya tergantung dari pembudidaya itu sendiri. Akan tetapi usahakan jika kandang dibuat lebih luas, agar iguana tidak kesempitan dan merasa lebih leluasa.

Selain itu usahakan agar kandang memiliki penampilan yang mirip dengan habitat asli hewan iguana. Hal ini sangat penting dan perlu untuk dilakukan agar iguana merasa betah dan nyaman tinggal di kandang tersebut. Sediakan pula wadah makan dan minum yang fungsinya bisa memberikan anda kemudahan untuk langsung menaruh makannan atau minuman untuk iguana. Karena iguana jenis hewan yang bisa memanjat maka berikan pula ranting-ranting pepohonan di dalam kandang.

Bagian kandang yang tidak boleh terlewatkan adalah penutupnya. Pastikan bahwa anda sudah memberikan penutup kandang iguana, tujuannya agar hewan ini tidak melarikan diri dan bisa terjaga keberadaannya.

  1. Pemeliharaan hewan iguana

Langkah yang selanjutnya adalah pemeliharaan hewan iguana. Sebetulnya iguana termasuk jenis reptile yang jinak, sehingga untuk pemeliharaannya tidak begitu sulit. Tujuan dari pemeliharaan iguana sendiri yaitu agar hewan ini bisa tumbuh dengan baik dan kesehatannya terjaga

Salah satu hal yang paling utama dari pemeliharaan hewan iguana adalah memberinya pakan secara rutin. Makanan yang bisa anda berikan adalah buah maupun sayuran yang masih segar agar iguana memiliki kebutuhan nutrisi yang dipenuhi. Iguana dalam 1 hari bisa dibeikan makan sekitar 2 sampai dengan 3 kali di waktu pagi, siang, dan sore hari.

  1. Proses reproduksi hewan iguana

Langkah berikutnya yaitu iguana yang sudah biasa, nantinya kan melakukan proses reproduksi dengan pasangannya agar bisa memperoleh keturunan dan memperbanyak populasinya. Apabila dari awal anda sudah merawat iguana dengan baik dan kualitasnya terjaga, maka bisa dipastikan bahwa hasil yang diperoleh akan baik pula.

Anakan iguana akan diperoleh dari telur yang bisa menetas dengan sendirinya dan ketika proses itu terjadi maka perawatan harus lebih intensif untuk dilakukan.

Itulah tadi deskripsi hewan iguana, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan teknik dalam berternaknya yang bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *