Hewan Kucing: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Hewan Kucing

Meow merupakan tiruan suara hewan kucing yang pastinya sudah dikenal banyak orang. Kucing pada dasarnya memiliki nama ilmiah yaitu felis silvestris catus atau felis catus.

Hewan ini merupakan jenis mamalia karnivora yang berasal dari keluarga felidae. Karnivora sendiri artinya yaitu hewan pemakan daging dan tidak menyukai beragam arti tumbuhan. Pada umumnya kucing adalah jenis hewan yang bisa dipelihara.

Hewan Kucing

Pada saat ini kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat terkenal dan populer. Hewan ini sering dijadikan sebagai binatang peliharaan karena penampilan fisiknya yang begitu menggemaskan dan lucu sehingga membuat banya orang ingin meemilikinya.

Selain itu kucing juga termasuk hewan yang sangat mudah untuk beradaptasi pada lingkungan barunya. Bahkan jenisnya sangat banyak sekali. Di zaman mesir kuno dari 3.500 SM masyarakatnya telah biasa memleihara kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Jenis Hewan Kucing

Kucing mempunyai beberapa macam spesies atau jenis diantaranya sebagai berikut dibawah ini :

  1. Kucing Persia

Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing peliharaan yang paling populer dan banyak diminati oleh orang- orang. Kucing ini memiliki ciri khas yaitu bulunya panjang, lebat, dan wajahnya berbentuk bulat. Perlu anda tahu bahwa jenis kucing persia merupakan salah satu jenis kucing yang mahal didunia. Harga satu ekor kucing persia bisa mencapai kisaran harga Rp 500 ribuan hingga Rp 2 jutaan.

  1. Kucing Anggora

Siapa yang tidka kenal dengan jenis kucing yang satu ini? Kucing yang sangat terkenal memiliki bulut halus berwarna putih dan tumbuh dengan lebat ini juga menjadi incaran banyak orang karena menggemaskan. Kucing angora pada umumya berasal dari Ankara, Turki.

Selain dikenal memiliki bulu yang menarik, ternyata kucing angora juga sangat popoler sebagai hewan yang aktif serta lincah untuk dijadikan teman bermain di rumah. Ciri – cirinya pun berbeda dengan kucing persia, yaitu telinganya lebih lebar dan bulu kucing anggora di bagian kepala tidak terlalu panjang. Satu ekor kucing angogra bisa dihargai Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

  1. Kucing Siam (Siamese)

Kucing Siam atau Siamese merupakan jenis kucing yang asalnya dari negara Thailand. Kucing siam memiliki ciri morfologi pada bagian tubuhnya yang ramping, ekor yang panjang, dan mata berwarna biru. Selain itu kucing ini juga mempunyai bulu yang pendek-pendek dan ada beberapa corak titik yang bewarna gelap.

Ciri lain pada hewan ini ialah mereka bersuara lembut, cerdas, dan lincah. Masalah harga, maka kucing siam ini bisa memiliki harga sampai menyentuh angka puluhan juta.

  1. Kucing Ragdoll

Jenis kucing yang ke empat merupakan kucing ragdoll. Hewan ini berasal dari Amerika Serikat. Memiliki nama ragdoll karena kucing memiliki sifat yang jinak. Selain itu kucing juga memiliki karakter sebagai hewan yang tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain.

Untuk penampilan fisiknya, maka jenis kucing ini hampir mirip dengan kucing siam dan persia. Wajahnya terlihat imut dengan pipi yang bulat.

Selain itu jika anda ingin memelihara kucing ragdoll, maka anda harus menyediakan tempat yang cukup luas agar kucing ini bisa bergerak lebih aktif lagi. Anda juga perlu menyisir bulunya karena kucing ragdoll memiliki bulu lebat yang mirip dengan hewan kelinci.

  1. Kucing Maine Coon

Kucing maine coon merupakan jenis kucing yang ke 5. Kucing ini dikenal menjadi salah satu ras kucing terbesar. Selain itu sikapnya yang sangat tenang dan ramah sangat cocok untuk menjadi hewan peliharaan di rumah. Kucing jenis biasanya bisa tinggal dengan jenis kucing lainnya, bahkan hidup bersama anjing juga tidak ada masalah.

Kucing maine coon yang berjenis kelamin betina mempunyai berat tubuh sekitar 6 kg sedangkan yang jantan bisa mencapai 8 kg. Yang menjadi daya tarik jenis kucing ini, yaitu ekor panjangnya dan bulu yang begitu tebal.

  1. Kucing Sphynx

Kucing ini mempunyai ciri yang begitu unik dan bisa dibilang sangat berbeda dengan jenis kucing yang lainnya. Keunikan tersebut yaitu bahwa kucing sphynx tidak memiliki bulu sama sekali.

Walaupun begitu, namun kucing sphynx termasuk jenis kucing yang aktif, manis, pintar dan mudah untuk diurus. Hewan ini juga sangat mudah untuk dilatih. Untuk masalah harga, maka kucing ini memiliki harga yang cukup fantastik yaitu bisa mencapai Rp 15 juta per ekor.

Klasifikasi Hewan Kucing

Klasifikasi ilmiah hewan ini, antara lain;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Familia Felidae
Genus Felis
Spesies Felis catus

Ciri Morfologi Hewan Kucing

Berikut dibawah ini merupakan ciri  morfologi hewan kucing, antara lain;

  1. Tubuh

ada umumnya kucing mempunyai bentuk tubuh yang sangat beragam mulai dari berbentuk memanjang dan lebar. Biasanya kucing memiliki panjang tubuh sekitar 25 sampai dengan 40 cm bahkan bisa lebih karena semua tergantung dari jenisnya.

Kucing juga memiliki warna yang sangat banyak diantaranya yaitu warna abu-abu, hitam pekat, kecoklatan, kuning bergaris putih, hitam putih, putih pekat dan juga lainnya.

  1. Bulu

Bulu pada kucing termasuk jenis bulu yang teksturnya sangat lembut, tebal dan mudah rontok. Selain itu, bulu kucing juga akan sangat mudah menempel di berbagai tempat yang biasanya di tiduri, hal ini dikarekana sifat bulunya yang mudah rontok.

  1. Kumis

Kucing juga termasuk salah satu hewan yang sangat mudah untuk dikenali karena ada kumis dibagian wajahnya. Kumis pada kucing sangat sedikit dan terdapat di bagian hidung bawahnya. Biasanya kumis kucing terdiri dari 3 hingga 6 helai saja. Kumis kucing mempunyai panjang sekitar 1 hingga sampai 1,5 cm dengan warna hitam.

  1. Kaki

Kaki pada hewan kucing terdiri dari 2 pasang. 1 pasang kaki kucing berada di bagian depan dan 1 pasangnya lagi ada dibagian belakang. Kaki kucing juga dipenuhi dengan bulu-bulu yang warnanya tergantung dari jenis kucing tu sendiri. Selain itu pada kaki juga terdapat kuku sangat tajam yang warnanya yaitu abu-abu atau keputihan. Kuku kucing biasanya digunakan untuk melindungi dirinya dari ancaman sekitar lingkungan.

  1. Ekor

Ekor kucing ini pada hakekatnya memiliki panjang sekitar 5 sampai dengan 8 cm bahkan bisa lebih. Salah satu yang membuat kucing begitu menggemaskan karena bagian ekornya yang bisa digoyang-goyangkan dengan mudah oleh kucing.

Cara Berternak Hewan Kucing

Berikut dibawah ini merupakan beberapa cara beternak hewan kucing yang diuraikan sebagai berikut :

  1. Memilih Indukan yang Berkualitas

Sebelum anda melakukan ternak kucing, maka pastikan jika induk yang menjadi poin penting dalam memperbanyak hewan itu memiliki kualitas yang baik. Apabila anda tidak bisa memilih kucing dengan kualitas yang baik maka akan berpengaruh pada hasil atau keturunan kucing yang lainnya.

Oleh karena itu pilih induk kucing yang sehat, aktif atau lincah, dan tidak cacat. Pada saat induk sudah didapatkan maka peliharalah dengan baik, hingga tahap pengawinan kucing bisa dilakukan.

  1. Siapkan Kandang

Hal lain yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan kandang. Karena dalam hal ini arti kandang merupakan tempat yang akan menjadi rumah kucing, maka harus dibuat sebaik mungkin dan memberikan kenyaman tersendiri untuk kucing.

  1. Proses Perkawinan

Pada saat kedua proses diatas sudah dilakukan maka anda bisa mengawinkan hewan kucing antara yang jantan dengan bertina. Selain itu disaat kucing sudah melahirkan anak-anaknya maka pastikan jika anda juga memberinya makan yang bernutrisi agar bisa mempercepat pertumbuhan dari kucing itu sendiri.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan deskripsi hewan kucing, jenis, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan cara berternaknya. Semoga bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *