Hewan Kuda: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya

Diposting pada

Hewan Kuda

Apakah anda sudah mengenal hewan kuda?. Tentusaja pastinya sudah, apalagi bagi pecinta kuda maka arti hewan kuda sudah bukan hal asing lagi bagi mereka. Pada dasarnya kuda mempunyai nama lain yaitu equus caballus atau equus ferus caballus. Binatang kuda berasal dari genus equus.

Selain itu hewan ini juga sangat terkenal sebagai binatang yang super mahal. Ribuan tahun sebelumnya kudu menjadi salah satu hewan yang sangat penting karena sering digunakan untuk pengangkutan orang dan barang dalam perjalanan jauh. Sebagai informasi bahwa dalam bahasa jawa kuda dinamakan jaran, sedangkan di daerah Makasar orang-orang menyebutnya dengan nama jarang.

Hewan Kuda

Kuda hakekatnya adalah golongan hewan dalam filum chordate. Hewan ini juga termasuk jenis binatang yang bertulang belakang dan dinamakan sebagai mamalia. Mamalia artinya yaitu hewan yang menyusui anaknya.

Di jaman sekarang, banyak sekali orang-orang yang kehidupannya serba kecukupan sehingga banyak yang memelihara kuda. Selain karena suka, hewan ini dipelihara karena dijadikan sebagai hewan tunggangan untuk olahraga di tanah lapang. Tetapi perlu anda ketahui, sebelum melakukan pemeliharaan kuda, pastikan anda sudah menyiapkan semua yang dibutuhkan terlebih dahulu, termasuk financial yang cukup banyak. Karena hewan yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan ternak yang mahal dalam perawatannya.

Jenis Kuda

Adapun untuk macam-macam binatang kuda, antara lain;

  1. Kuda Arab

Jenis kuda yang pertama dibahas adalah kuda arab. Jenis kuda yang satu ini merupakan salah satu ras kuda tertua. Dinaman kuda arab karena pada dasarnya binatang ini berasal dari Semenanjung Arab. Warna kuda arab sangat beragam mulai dari hitam, putih, cokelat, dan abu-abu.

Selain dinamakan sebagai kuda arab, binatang ini juga dinamakan dengan istilah “berdarah panas”. Hal ini dikarenakan  kuda jenis ini sangat cocok untuk dikembangbiakan karena memiliki kecepatan dan daya tahan yang kuat. Kelebihan dari hewan tersebutlah maka jenis kuda arab sering diikutsertakan dalam perlombaan.

  1. Thoroughbred

Jenis kuda yang bernama thoroughbred merupakan kuda yang mempunyai ciri morfologi kuat, gagah, dan berotot pada tubuhnya. Sehingga kuda ini sering dipeliharan dan dijadikan sebagai kuda pacu. Bahkan thoroughbred menjadi salah satu jenis kuda balap yang paling terkenal di wilayah Amerika Utara.

Jika dibandingkan dengan kuda arab, maka jenis kuda yang satu ini lebih unggul, begitupun dengan ukuran badannya. Kuda thoroughbred mempunyai tinggi sekitar 157 sampai dengan 173 cm. Warna pada kuda ini diantaranya ialah cokelat, hitam dan abu-abu. Biasanya, bagian kaki bawah kuda berwarna putih, seperti mengenakan sebuah kaos kaki.

  1. Morgan

Jenis kuda yang selanjutnya adalah kuda morgan. Kuda ini memunyai warna hitam dan membuatnya terlihat misterius serta terlihat elegan. Tubuh pada kuda morgan sangat padat dengan kaki yang kuat dan mata yang begitu ekspresif.

Bahkan kuda yang satu ini juga dikenal sebagai hewan yang berotot. Tinggi kuda Morgan bisa mencapai ukuran antara 145 sampai dengan 157 cm dengan berat 408 hingga 453 kg.

  1. Kuda kuartal

Jenis kuda kuartal merupakan binatang yang dikenal sebagai pelari sprint yang hebat. Ketenaran ini diperoleh karena kuda kuartal bisa berlari dengan kecepatan 55 mil/jam atau 88,5 km/jam. Sehingga tidak heran jika kuda ini sering digunakan untuk kuda pacu, rodeo maupun untuk bekerja.

Sebagai informasi jenis kuda kuartal berasal dari negara Amerika dan memiliki ketinggian sekitar 142 – 162 cm. Kuda juga mempunyai ukuran berat antara 430 sampai 544 kg. Warna tubuhnya sangat beragam ada yang merah kecokelatan, abu-abu, putih, hitam dan cokelat.

  1. Appaloosa

Jenis kuda yang kelima yaitu bernama kuda appaloosa. Kuda ini mempunyai ciri khusus pada tubuhnya yaitu terdapat bintik-bintik kecil seperti anjing dalmatian. Ciri khas ini membuat penampilan kuda lebih menarik dan bisa mencuri perhatian banyak orang. Selain itu kuda ini juga begitu dikenal sebagai hewan yang penuh dengan keramaha dan kelembutan.

Kuda appaloosa mempunyai tinggi sekitar 142 sampai dengan 152 cm dengan berat 430 hingga 544 kg. jenis kuda yang satu ini lebih sring dipakai untuk alat transportasi, berburu binatang dan bertempur pada jaman dahulu kala.

  1. Clydesdale

Ciri khas kuda clydesdale merupakan jenis kuda yang memiliki juntaian rambut putih di bagian pergelangan kaki. Karena keunikan ini maka kuda Clydesdale sering ditampilkan di acara-acara besar seperti festival atau parade. Tinggi kuda ini yaitu 162 sampai 182 cm dengan berat 725 hingga 1.088 kg.

Klasifikasi Hewan Kuda

Klasifikasi dari hewan kuda, antara lain;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Perissodactyla
Familia Equidae
Genus Equus
Spesies E. caballus

Ciri Morfologi Hewan Kuda

Dibawah ini adalah penjelasan karakteristik morfologi kuda yang dideskripsikan;

  1. Tubuh

Kuda memiliki ciri morfologi di bagian arti tubuhnya, yaitu ukurannya proporsional karena antara bagian tubuh yang satu dengan lainnya sama-sama seimbang dan cocok. Warna tubuh pada hewan ini juga sangat beragam mulai dari warna hitam, putih, abu-abu, dan juga coklat. Kuda juga dikenal sebagai hewan yang tubuhnya kuat, kekar, berotot, serta padat.

  1. Kepala

Ciri morfologi kedua dari kuda yaitu bagian kepala. Perlu anda tahu bahwa bagian arti kepala hewan ini memiliki rambut poni seperti jambul dan terkadang panjangnya bisa sampai punggung.

  1. Ekor

Kuda juga memiliki ciri lain pada bagian ekornya. Ekor kuda menjadi salah satu bagian yang mudah untuk dilirik, karena mempunyai ukuran yang cukup panjang dan terdiri dari rambut yang banyak.

Cara Berternak Hewan Kuda

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah untuk beternak hewan kuda;

  1. Bibit Kuda Yang Berkualitas

Sebelum melakukan budidaya hewan kuda, maka pastikan bahwa anda sudah memilih jenis kuda yang akan dibudidayakan dan pilih yang memiliki kualitas paling baik. Hal ini nantinya sangat mempengaruhi anakan dari kuda itu sendiri. Jika kuda dibuahi dari induk yang baik dan sehat maka hasilnya juga kan seperti itu.

  1. Pakan Kuda Dan Pakan Tambahannya

Cara kedua untuk beternak kuda ialah memperhatikan pakan kuda itu sendiri. Hal ini penting karena kuda merupakan jenis hewan yang pemeiharaannya harus selalu dilakukan dengan baik, mengingat hewan yang satu ini memiliki harga yang begitu fantastik.

Salah satu cara yang perlu disiapkan agar saat anda beternak kuda ialah persiapan pakan utama dan pakan tambahannya. Hal ini wajib disiapkan agar anda tidak perlu bingung dan kerpotan. Selain pakan kuda juga perlu diberi vitamin-vitamin yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan dari kuda tersebut.

  1. Perawatan Kuda

Ketika kuda sudah berhasil melahirkan anak, maka cara selanjutnya yang dilakukan ialah melakukan perawatan pada kuda. Perawatan kuda bertujaun agar hewan ini bisa segera tumbuh dengan cepat dan memiliki berat tubuh yang ideal. Salah satu perawatan dari hewan kuda yaitu memberinya pakan secara rutin yaitu sebanyak 3 kali sehari diwaktu pagi, siang, dan sor hari.

Beberapa perwatan lainnya juga harus dilakukan seperti :

  1. Pemberian Jamu, Digunakan agar kuda kesehatannya terjaga dan bisa tumbuh dengan lebih kuat.
  2. Kebersihan Kandang, Anda perlu untuk membersihkan kebersihan kandang kuda. Tujuannya agar tenpat tinggal kuda tidak dipenuhi dengan bakteri yang nantinya bisa membuat sakit kuda, selain itu hewan ini juga memerlukan tempat tinggal yang nyaman, sehingga sangat kebersihan kandang sangat penting. Maka dari itu, anda bisa membersihkan kandang kuda setiap hari, yaitu di waktu pagi dan sore saja.
  3. Memandikan Kuda, Memandikan hewan kuda juga harus dilakukan secara rutin. Agar kuda selalu bersih dan sehat. Kuda yang akan dimandaikan sebaiknya dkeluarkan dari kandang dan pehatikan pula waktu-waktu yang cocok untuk memandikan hewan tersebut.

Itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada kalian tentang adanya deksirpsi hewan kuda, macam, klasifikasi, ciri morfologi, dan cara berternaknya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *