Hewan Lutung: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Manfaatnya

Diposting pada

Hewan Lutung

Apakah anda pernah mendengar nama hewan lutung? Pastinya pernah, karena banyak orang yang berpendapat bahwa binatang ini mirip dengan arti hewan kera, namun ukuran tubuhnya jauh lebih besar. Pada dasarnya kera dan lutung memang sama-sama mempunyai kesamaan hidup seperti suka bergelantungan, penyuka berbagai jenis tanaman buah pisang, dan lain sebaginya.

Hewan lutung umumnya bisa ditemukan pada berbagai belahan dunia termasuk di Asia Tenggara seperti negara Indonesia. Anda juga harus tau, bahwa lutung memiliki beberapa spesies yang karakteristiknya juga berbeda-beda. Simaklah artikel dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut terkait hewan lutung ini.

Hewan Lutung

Lutung biasanya hidup dalam kelompok kecil yaitu sekitar 6 sampai dengan 23 ekor. Setiap kelompok, memiliki ketuanya atau pemimpin dan biasanya diberikan pada lutung jantan. Hal ini dikarenakan lutung jantan dianggap lebih mampu untuk melindungi kawan-kawannya.

Bagi sebagian orang yang melihat wajah hewan ini, mungkin akan merasa geli dan takut. Hal ini dikarenakan lutung memiliki bulu – bulu yang sangat banyak pada seluruh anggota badannya termasuk bagian wajah. Kemudian tatapan matanya juga sangat tajam, sehingga membuat orang-orang yang melihatnya merasa takut.

Jenis Lutung

Adapun untuk macam-macam hewan lutung yang diuraikan sebagai berikut;

  1. Lutung budeg

Jenis lutung yang pertama bernama lutung budeg. Perlu anda ketahui, umumnya nama lain dari hewan ini ialah trachypithecus auratus. Lutung budeg mempunyai anakan dengan ciri khas pada warna tubuhya yaitu terlihat keemasan.

Maka dari itu tidak heran jenis hewan ini seringkali diperjual belikan secara online maupun langsung karena keunikan dari warna tubuhnya. Walaupun pada dasarnya kegiatan semacam ini sangat disayangkan, karena lutung termasuk jenis hewan yang harusnya mendapatkan perlindungan dan perawatan khusus, serta tidak semua orang bisa memeliharanya. Namun kegiatan jual beli lutung ini masih berjalan terus menerus.

Sebagai informasi umumnya spesies lutung budeg ini ternyata terbagi lagi menjadi dua subspecies yaitu lutung budeg timur dan lutung budeg barat. Biasanya lutung budeg timur warna rambut emasnya akan bertahan hingga dewasa, sedangkan lutung budeg barat warna emas rambutnya akan berubah menjadi hitam pekat saat usianya sudah menginjak dewasa. Kemudian lutung budeg juga terbiasa hidup di sekitar pepohonan yang lebat dan makan sehari-harinya meliputi buah-buahan, daun, dan larva serangga.

Pada dasarnya jenis lutung yang satu ini memang sudah dilindungi dan masuk dalam kategori satwa yang rentan untuk diburu. Maka dari itu sangat disayangkan jika masih banyak orang-orang yang dengan tega memburunya hanya untuk diambil daging maupun memperjual belikannya lagi kepada orang lain. Seharusnya kita bisa lebih menjaga satwa ini agar populasinya terus bertambah dan tidak punah.  

  1. Lutung jawa

Jenis lutung yang kedua bernama lutung jawa. Spesies lutung yang satu ini berasal dari ordo primate dan family cercopithecidae. Ukuran tubuh lutung jawa yaitu sedang-sedang saja dengan panjang tubuh sekitar 55 cm. uniknya justru ekor jenis lutung jawa ini jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan panjang tubuhnya, ekornya bisa mencapai panjang dengan angka 87 cm.

Kemudian bagian tubuhnya juga tertutupi dengan berbagai bulu atau rambut halus yang warnanya beragam mulai dari kuning sampai hitam pekat. Jenis lutung jawa pada umumnya tidak memiliki sifat yang agresif. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari antara lain yaitu arti bunga, buah-buahan, dedaunan, dan larva serangga.

Selanjutnya untuk ukuran berat badan dari lutung jawa ini berkisar rata-rata 70 gram saja dan ukuran tubuh lutung jantan jauh lebih berat dibandingkan yang betina. Informasi lainnya yaitu lutung jawa terkenal sebagai hewan endemik Jawa dan bisa hidup pada ketinggian hingga 1200 mdpl, namun persebarannya juga sudah meluas ke berbagai daerah di Indonesia.

Klasifikasi Lutung

Klasifikasi hewan lutung tersebut diuraikan sebagai berikut;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Primates
Familia Cercopithecidae
Sub famili Colobinae
Infra ordo Simiiformes
Genus Trachypithecus

Ciri Morfologi Hewan Lutung

Ciri morfologi lutung antara lain;

  1. Tubuh

Ciri morfologi pada lutung yang pertama kali akan dibahasa adalah bagian tubuhnya. Perlu anda ketahui bahwa arti tubuh utung memiliki ukuran yang tidak terlalu besar yaitu hanya sekitar 59,7 cm saja sapabila diukur dari ujung kepala hingga bagian punggungnya. Bagian ekornya sendiri memiliki panjang rata-rata 74,2 cm.

Sebagai informasi, tubuh hewan lutung ini juga memiliki warna yang beragam ada yang warnanya keperak – perakan dan kelabu pucat. Namun hewan ini cenderung mempunyai warna yang lebih gelap seperti hitam pekat. Selain itu warna-warna tersebut biasanya akan mengalmi perubahan setiap perkembangan dari hewan lutung. Warna tubuh lutung yang memasuki usia sekitar 6 bulan akan berubah menjadi cokelat, abu-abu, maupun hitam.

Anda juga harus tau, bahwa lutung jantan dan betina bisa anda bedakan dari warna tubuhnya. Umumnya warna tubuh lutung jantan cenderung lebih cerah. Sedangkan yang betina lebih pucat, yaitu putih kekuningan.

  1. Rambut/Bulu

Karakteristik morfologi yang berikutnya adalah bagian bulu atau rambutnya. Perlu anda ketahui bahwa lutung mempunyai bulu yang sangat banyak, bahkan menutupi seluruh bagian tubuhnya. Uniknya lagi tekstur dari rambut lutung ini cukup halus dan tidak kasar sama sekali.

Selain itu rambut-rambut tersebut cenderung mempunyai warna yang gelap, seperti hitam pekat. Banyak orang yang merasa takut dan geli untuk memegang lutung karena rambut yang dimilikinya tersebut.

Manfaatnya Hewan Lutung

Manfaat dari hewan lutung yang dijelaskan sebagai berikut;

  1. Hewan primata

Manfaat pertama dari hewan lutung yaitu sebagai hewan primata yang mempunyai ciri khas dan keunikan masing – masing sekaligus fauna yang sangat penting untuk dijaga agar bisa memberikan keanekaragam dari berbagai satwa yang ada di Indonesia lebih khususnya.

  1. Penebar benih

Manfaat berikutnya yang bisa anda peroleh dari hewan lutung yaitu sebagai penebar benih. Penjelannya begini, binatang ini sangat suka hidup di sekitar pepohonan yang rimbun. Pepohon tersebut pastinya dipenuhi dengan dedaunan dan buah-buahan yang beraneka ragam.

Berdasarkan hal tersebut binatang ini akan memakan bagian – bagian dari pohon baik mulai dari buah, daun, hingga pucuk daun itu sendiri. Apakah anda tahu, dengan perbuatan semacam itu lutung justru bisa menabarkan benih ke berbagai tempat yang lainnya yaitu dengan cara menjatuhkan biji buah ke tanah.

Terlebih lagi hewan ini sangat aktif bergelantungan dan berpindah-pindah dari pohon satu ke pohon lainnya. Sehingga memungkinkan benih yang disebar jauh lebih banyak serta bisa meregenerasi hutan.

  1. Memperkenalkan jenis binatang

Manfaat lutung yang lainnya yaitu memberikan pendidikan atau pengenalan kepada banyak orang atau khususnya anak-anak yang sedang belajar untuk mempelajari jenis-jenis binatang. Pada umumnya binatang ini akan diletakkan di kebun binatang dan bisa dilihat banyak orang, sehingga hal ini membuatnya mudah dikenalakan kepada banyak orang.

Selain itu lutung juga bisa memberikan kesempatan pada banyak orang, terutama anak-anak agar bisa menjaga kelestarian fauna. Kemudian dengan adanya pengenalan hewan-hewan semacam ini membuat mereka agar bisa mencintai satwa dan saat tumbuh dewasa nanti bisa menjaga keanekaragam dari berbagai binatang, termasuk lutung itu sendiri.

Itulah tadi deskripsi hewan lutung, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan manfaat atas keberadaannya yang bisa dirsakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *