Hewan Macan: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Manfaatnya

Diposting pada

Hewan Macan

Mendengar nama hewan macan, pastinya sudah tidak asing lagi, apalagi hewan ini sering dijadikan animasi kartun dan sering dilihat banyak orang. Selain itu terdapat berbagai macam yang semua itu bisa anda lihat pada saat berkunjung ke kebun binatang. Secara penampilan, arti hewan macan mirip dengan harimau dan hewan ini juga masuk dalam keluarga kucing.

Walaupun masuk dalam keluarga kucing, namun keduanya tetap mempunyai perbedaan dan ciri masing-masing. Tubuh macan pada umumnya jauh lebih besar dari pada kucing, kemdian secara fisiknya macan juga terlihat lebih galak dan menakutkan.

Hewan Macan

Hewan macan pada hakekatnya memiliki spesies yang sangat banyak. Kebisaan hidup macan biasanya adalah bersantai dengan berjalan mengitari kawanannya. Namun, jangan salah pada saat mereka mengincar mangsanya, maka hewan ini cenderung akan mengintai dengan hati-hati dan pada waktu yang sudah tepat akan berlari untuk menangkap hewan yang diincarnya.

Macan juga termasuk hewan yang bisa berlari dengan cepat, dan warna tubuhnya cukup beragam mulai dari cokelat muda, coklat tua, dan ada pula yang disertai dengan beberapa motif seperti loreng-loreng atau tutu.

Jenis Hewan Macan

Spesies hewan macan memang ada beberapa macam, antara lain;

  1. Panthera pardus pardus

Jenis macan yang pertama adalah panthera pardus-pardus. Macan ini merupakan hewan yang asalnya dari Afrika dan memiliki corak warna paling banyak pada tubuhnya. Beberapa warna pada tubuh hewan ini diantaranya adalah kuning pucat, kuning keemasan, sampai dengan kuning kecoklatan.

Jenis macan ini hanya bisa ditemukan pada wilayah Afrika, karena memang habitatnya disana, dan lebih tepatnya ada di sekitar sub Sahara.

  1. Panther pardus nimr

Jenis macan yang kedua bernama panther pardus nimr. Spesies macan ini berasal dari Arab dan hanya hidup di kawasan tersebut. Ciri khas dari macan ini yaitu ukuran badannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan spesies macan lainnya. Namun jumlah populasi dari panther pardus nimr hanya sedikit yang tidak sampai 200 ekor.

  1. Panther pardus saxicolor

Panther pardus saxicolor adalah jenis macan yang ketiga dan bisa ditemukan di sekitar kawasan Persia. Nama lain dari spesies macan ini yaitu panthera pardus ciscaucasica.

  1. Panther pardus melas

Jenis macan yang berikutnya adalah panther pardus melas. Macan yang satu ini dikenal dengan macan tutul jawa dan termasuk hewan endemic dari Indonesia lebih tepatnya mudah ditemukan pada Pulau Jawa.

Ciri khas dari spesies macan yang satu ini yaitu memiliki corak warna dan motif yang indah pada tubuhnya. Bisanya warna tubuhnya afah coklat keuningan dengan motif bentol-bentol atau titik-titik bulat yang cukup besar dengan warna hitam.

  1. Panther pardus kotiya

Panther pardus kotiya adalah jenis macan yang kelima. Perlu anda ketahui bahwa spesies macan yang satu ini memiliki sebutan lain yaitu macan tutul srilanka, hal ini dikarenaka habitat asli hewan ini berasal dari negara Srilanka. Sayangnya spesies macan ini kini populasinya semakin menurun dan tersisa sekitar 250 ekor.

  1. Panther pardus fusca

Jenis macan yang keenam adalah panther pardus fusca. Nama lain dari macan ini adalah macan tutul india. Seperti dengan namanya, hewan ini berasal dari negara India dan mempunyai keunikan pada matanya yang bewarna abu-abu.

Akan tetapi warna mata pada macan ini lama kelamaan jika diperhatikan terus menerus akan berubah warna menjadi kecoklatan.

  1. Panther pardus delacouri

Jenis hewan macan yang terakhir adalah panther pardus delacouri. Sebagai informasi sepsies macan yang satu ini berasal dari China dan  Asia Tenggra. Kini persebaran dari panther pardus delacouri yaitu meliputi negara Vietnam, Thailand, Kamboja, Laos, Malysia, dan lain sebaginya.

Klasifikasi Macan

Klasifikasi hewan macan, antara lain;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Familia Felidae
Genus Panthera
Spesies P. pardus

Ciri Morfologi Hewan Macan

Ciri morfologi hewan macan antara lain;

  1. Kepala

Umunya arti kepala macan ini mempunyai tengkorak yang luas dan besar. Maka dari itu bagian kepalanya terlihat sangat kuat dan terlihat lebih gagah.

Ukuran kepalanya yang besar tersebut ternyata juga memberikan kesan yang lebih unik lagi karena bagian telinganya tidak sama besar melainkan lebih kecil. Sehingga dengan hal tersebut macan mempunyai bentuk yang sangat khas.

  1. Tubuh

Bagian selanjutnya yang menjadi ciri khas dari hewan macan adalah arti tubuhnya. Seperti yang sudah anda lihat dan anda pahami bahwa macan umumnya mempunyai bentuk tubuh yang lebar, panjang, dan dagingnya sangat berisi.

Ada beberapa jenis macan yang tubuhnya dipenuhi dengan motif-motif lucu seperti loreng-loreng maupun bintik-bintik yang dinamakan macan tutul.

Selain itu warna tubuh dari hewan ini juga sangat beragam mulai dari coklat cerah hingga coklat gelap. Kemudian pada tubuhnya juga dilapisi dengan kulit yang teksturnya cukup halus. Maka dari itu tidak heran jika kulit macan seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan aksesoris mulai dari tas, dompet dan lain sebagainya karena keuniakan yang dimilikinya tersebut.

  1. Kaki

Ciri morfologi yang terakhir dari macan adalah kakinya. Perlu anda ketahui bahwa macan umumnya mempunyai kaki dengan jumlah 4 buah. Kaki tersebut terletak di bagian depan dan belakang, yang masing-masing terdiri dari 2 buah kaki. Kaki macan biasanya berukuran pendek dan terlihat sangat kokoh, terbukti mampu menopang tubuhnya yang berat.

Kaki pada hewan ini juga bisa digunakan untuk lari dengan cepat, apalagi pada saat mereka mengajar mangsa yang diincarnya. Kaki pendek macan juga berfungsi untuk memanjat pohon.

Manfaat Hewan Macan

Manfaat dari macan atau hewan buas ini, antara lain;

  1. Berkhasiat untuk menajamkan penglihatan

Manfaat yang bisa diperoleh dair hewan macan ini salah satunya adalah ampuh untuk ketajaman penglihatan. Perlu anda ketahui manfaat ini bisa anda rasakan apabila anda memakan emedu macan. Namun hal ini pastinya tidak mudah, karena macan termasuk hewan yang dilindungi agar populasinya tidak berkurang.

Maka dari itu untuk mendapatkan dagingnya juga tidak semudah mendapatkan daging ayam. Hanya saja sebagai informasi bahwa empedu pada hewan ini memang sangat baik untuk memperjelas penglihatan, sehingga mata akan lebih sehat.

  1. Menghindari kalajengking

Manfaat berikutnya dari hewan macan yaitu bisa menghindari kalajengking. Manfaat ini bisa dirasakan apabila anda membakar bulu macan disekitar rumah. Sehingga hal yang terjadi yaitu kalajengking akan menjauhi rumah anda, kemungkinan hal ini dikarenakan bau bulu macan yang sudah tersebar dan membuat kalajengking takut.

  1. Menghindari racun ular berbisa

Ular adalah hewan berbisa yang bisa mematikan manusia apabila racun yang masuk dalam tubuh orang tersebut sudah tersebar menyeluruh ke semua bagian.

Maka dari itu anda harus hati-hari, terlebih lagi bagia seseorang yang suka berpetualang dan menjelajah hutan, maka kemungkinan besar untuk bertemu dengan ular jauh lebih besar. Maka dari itu persiapan harus selalu dilakukan.

Sebagai informasi bahwa macan ini, ternyata bisa digunakan untuk menghindari racun ular yang berbisa. Namun caranya yaitu harus memakan daging macan yang sangat mustahil untuk dilakukan. Akan tetapi informasi ini perlu untuk diterima, agar wawasan kita semakin banyak.

  1. Bahan utama pembuatan produk aksesoris

Manfaat terakhir ini merupakan salah satu manfaat yang paling umum dan kemungkinan sudah diketahui banyak orang. Kulit macan yang Nampak indah dan unik, seringkali diburu banyak orang untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tas, domper dan lain sebagainya. Produk-produk tersebut pastinya memiliki nilai jual yang lebih mahal.

Itulah tadi deskripsi hewan macan, jenis, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan beragam manfaatnya yang bisa dirasakan.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *