Hewan Tikus: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Manfaatnya

Diposting pada

Hewan Tikus

Hewan tikus bukan menjadi binatang yang asing lagi bagi banyak orang. Tikus sendiri sebetulnya seringkali dihindari, karena banyak yang jijik ketika melihatnya. Terlebih lagi kehidupannya ada diberbagai tempat bahkan sampai ke tempat-tempat yang kotor semacam got di kali dan lain sebagainya.

Arti hewan yang satu ini pada dasarnya masuk dalam sub suku murinae dan berasal dari Asia. Persebarannya kini sudah meluas bahkan mungkin sampai ke berbagai belahan dunia. Walaupun bentuk dari tikus sudah dikenal banyak orang, akan tetapi belum diketahui pasti apakah mereka sudah tau persis terkait karakeristik dan informasinya lainnya dari tikus.

Hewan Tikus

Hewan tikus pada dasarnya berasal dari salah satu anggota family muridae. Binatang ini termasuk hewan yang handal dalam melakukan aktifitas mengerat dan masuk kategori ordo rodentia.

Walaupun hewan ini menjijikan, namun ternyata ada beberapa orang yang memelihara hewan satu ini. Kemungkinan hal ini terjadi karena jenis tikus yang banyak dan bisa dipilah-pilah mana yang paling cocok atau pas untuk dijadikan hewan peliharaan.

Jenis Tikus

Beberapa macam hewan tikus. Antara lain;

  1. Tikus mencit, Nama lain dari tikus ini adalah mus sp.
  2. Tikus rumah, Nama lain dari jenis tikus yang kedua adalah rattus rattus.
  3. Tikus got, Nama lain dari jenis tikus yang ketiga adalah ratus norvegicus.
  4. Tikus sawah, Nama lain dari tikus sawah adalah ratus argentiventer
  5. Tikus wirok, Nama lain dari tikus wirok yaitu bandicota sp.
  6. Tikut celurut, Nama lain dari tikus celurut adalah shrew.

Klasifikasi Hewan Tikus

Klasifikasi tikus antara lain;

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Rodentia
Familia Muridae
Super famili Muroidea
Genus Bandicota, Rattus, dan Mus

Ciri Morfologi Tikus

Ciri morfologi hewan tikus, yaitu;

  1. Badan

Perlu anda ketahui bahwa ukuran badan tikus berbeda-beda, ada yang besar maupun kecil. Namun jika secara umum ukurannya memang bisa dikatakan sebagai ukuran yang kecil. Biasanya tikus yang besar ukurannya bisa mencapai angka lebih dari 180 mm, sedangkan yang kecil panjang badannya kurang dari 180 mm.

Karakteristik badan pada hewan yang satu ini pastinya sudah banyak mengetahui. Secara umum warna arti tubuhnya cenderung kotor, gelap, dan terlalu enak untuk dilihat. Warna-warnanya yaitu bisa mulai dari cokelat sampai kehitam-hitaman.

  1. Mata

Seperti hewan kebanyakan, tikus memiliki dua buah mata yang saling bersandingan di kanan dan kiri. Ukuran matanya juga sangat kecil.

Sebagai informasi bahwa bagian mata ini adalah fungsi untuk indra penglihatan. Akan tetapi mata tikus cenderung sulit untuk melihat apabila terkena sinar cahaya. Maka dari itu bukan hal yang mengejutkan, jika tikus akan lebih handal dan cekatan dalam kondisi yang lebih gelap.

  1. Hidung

Bagian selanjutnya yang menjadi ciri khas dari tikus adalah hidungnya. Bentuk dari hidung tikus juga sangat kecil sama dengan bagian lainnya. Hal penting dan yang perlu anda ketahui dari hidung tikus ini yaitu difungsikan sebagai indra penciuman.

Hidung tikus memang bagian yang paling penting untuk hewan tersebut. Karena hidung yang dimiliki hewan ini sangat berfungsi dengan baik untuk melakukan penciuman dengan tajam sehingga mudah mengenali lingkungan, menghindai bahaya, mendeteksi tikus betina, dan mengenali jejak. Maka dari itu tidak heran jika tikus sangat pandai dalam mengambil maupun mencuri berbagai makanan walaupun sudah disembunyikan dalam sebaik-baiknya.

  1. Telinga

Karakteristik morfologi terakhir yang dimiliki tikus adalah bagian telinga. Telinga tikus juga memiliki ukuran yang kecil dan berada di samping kanan dan kiri kepalanya. Telinga difungsikan sebagai indra pendengaran bagi hewan tikus.

Telinga tikus ini mempunyai kelebihan yaitu tanggap akustik bimodal cochlear. Artinya ialah hewan tikus bisa dengan mudah mengenali, mendekteksi dua punvak akustik atau suara. Tingkat suara yang bisa di dengar tikus bisa sangat jelas, sehingga tidak heran mereka cenderung akan bersembunyi dengan cepat bila mendengar suara orang.

Manfaat Hewan Tikus

Manfaat tikus bisa diuraikan sebagai berikut;

  1. Sebagai sumber penghasilan

Manfaat pertama dari tikus yang bisa dijelaskan dalam artikel ini yaitu hewan tersebut bisa digunakan sebagai sumber penghasilan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Pada umumnya hewan yang satu ini tetap dicari banyak orang untuk dijadikan sebagai salah satu bahan kerajinan kulit pembuatan dompet.

Biasanya tikus akan digunakan kulitnya dan dipakai untuk proses pembuatan dompet kulit. Berdasarkan penjelasan diatas dapat kita simpulkan, walaupun tikus terkesan sebagai hewan yang kotor dan menjijikan, namun keberadaannya jutsru tetap dibutuhkan banyak orang, mengingat bagian tubuhnya seperti kulit bisa dipakai untuk pembuatan kerajinan.

Uniknya lagi dari hasil kerajinan tersebut seseorang bisa memberikan suatu karya dan bisa dijual kepada banyak orang sehingga secara tidak langsung dapat menampah pundi-pundi uang atau sumber penghasilan.

  1. Sebagai bahan eksperimen

Manfaat kedua dari hewan tikus yaitu bisa dipakai untuk uji eksperimen. Bagi anda yang sedang kuliah, atau sudah lulus dari fakultas kedokteran pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan tikus. Kemungkinan tikus sudah menjadi teman eksperimen bagian kalian.

Hal ini karena, hewan yang satu ini seringkali digunakan oleh orang – orang media sebagai binatang eksperimen pada saat dilakuakan pengujian obat. Tidak bisa dipungkiri dari hal tersebut justru banyak orang yang harusnya berterimakasih kepada hewan tikus.

Bayangkan saja, apabila tidak ada hewan tersebut, maka obat-obat yang akan disebar luaskan ke masyarakat tidak ada jaminan keamanannya. Maka dari itu walaupun tikus cukup dihindari banyak orang tapi dalam dunia kesehatan hewan ini sangat penting dan begitu diperlukan.

  1. Sebagai makanan

Mendengar manfaat yang ketiga ini, pasti anda cukup terkejut. Hewan tikus dijadikan sebagai makanan? Apakah mungkin? Memang secara logika sangat tidak wajar, terlebih lagi bagi masyarakat Indonesia yang notabennya tidak pernah memandang bahwa tikus adalah hewan yang layak konsumsi.

Namun perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa negara yang menjadikan tikus sebagai hewan konsumsi, negara-negara tersebut diantaranya adalah China dan Afrika. Hal ini bisa terjadi karena mungkin kebudayaan yang sudah mereka anut sejak lama.

Terlebih lagi ada yang mengatakan bahwa hewan ini dikonsumsi karena memiliki kandungan protein yang cukup baik. Akan tetapi perlu digaris bawahi dan perlu anda pahami, bahwa tidak semua jenis tikus bisa dikonsumsi, maka dari itu hanya beberapa macam tikus saja yang bisa dikonsumsi.

  1. Sebagai obat

Manfaat tikus yang terakhir adalah sebagai obat. Apakah anda juga merasa aneh mendengar manfaat yang satu ini? Mari kita bahas sekilas. Beberapa pendapat menyampaikan bahwa tikus memiliki kandungan antioxsidant dan tubuhnya.

Kandungan tersebut ternyata bisa dipakai untuk mengobati penyakit kanker. Namun manfaat ini belum ada bukti secara nyata dan tidak bisa dipercaya begitu saja.

Itulah tadi deskripsi yang bisa dibagikan pada pembaca sekalian berkenaan dengan hewan tikus, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, dan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *